7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat!

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat!

7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat!

7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat!

Banyak orang beranggapan bahwa marketing hanya berfokus pada penjualan produk agar bisa memperoleh omzet fantastis. Anggapan tersebut memang benar. Namun, seluk beluk marketing tentu bukan sekadar soal penjualan saja. Banyak komponen dan formula yang mesti dipelajari agar dapat mencapai peningkatan omzet yang diinginkan.

Konsep marketing yang diketahui para pebisnis pada umumnya berfokus pada 4P, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Kini, konsep tersebut semakin berkembang dan dikenal dengan prinsip marketing mix. Ada tujuh elemen yang harus diperhatikan pebisnis berdasarkan prinsip tersebut. Ketujuh elemen yang dimaksud adalah:

Produk (Product)

Apa pun bisnis yang sedang Anda tekuni, Anda wajib menyiapkan barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Mulailah berorientasi pada pelanggan agar bisa menyuguhkan barang atau jasa yang berkualitas.

Di samping itu, barang atau jasa pada bisnis Anda juga harus memiliki keunikan tersendiri. Agar produk tersebut memiliki nilai tambah dibandingkan produk kompetitor lainnya. Ini akan menjadi salah satu keunggulan bagi para pebisnis dan marketeers.

Harga (Price)

Harga produk yang terlalu mahal akan membuat para pelanggan mencari produk lainnya. Kemungkinan besar Anda akan ditinggalkan pelanggan kalau harga produk Anda terlalu mahal atau mahal tapi fitur yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Jadi, tetapkanlah harga yang sesuai dengan standar pasar.

Kalaupun terjadi kenaikan harga bahan baku atau perubahan harga lainnya, cobalah untuk menyesuaikan produk terlebih dahulu. Misalnya, sedikit mengurangi ukuran produk tanpa menaikkan harganya. Pelanggan Anda pun biasanya akan memahami perubahan tersebut asalkan tidak dibebani dengan kenaikan harga.

Tempat (Place)

Jangan lupa bahwa tempat atau lokasi bisnis juga menentukan potensi keberhasilan Anda. Walaupun saat ini bisnis online semakin marak, bukan berarti Anda boleh mengabaikan lokasi toko fisik Anda.

Pilihlah tempat yang strategis dan mudah dilihat banyak orang. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa lokasi pilihan Anda ditempati oleh target pasar yang tepat. Dengan demikian, peluang peningkatan omzet bisnis pun akan semakin besar.

Namun jika Anda menjual produk digital yang tidak memerlukan toko fisik, seperti menjadi seorang Accurate Digital Partner. Anda harus bersedia melakukan demo produk ke konsumen. Karena konsumen sangat suka jika Anda temui secara langsung. Ini bisa menjadi salah satu pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen.

Promosi (Promotion)

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis. Selain promosi konvensional berupa banner dan brosur, media sosial pun harus dimanfaatkan secara maksimal. Buatlah akun bisnis pada beberapa media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Promosi di media sosial juga merupakan bagian dari personal branding yang penting untuk membangun citra bisnis Anda dan juga semakin banyak yang melihat bisnis Anda.

Proses (Process)

Pelanggan modern tentu menginginkan kemudahan transaksi ketika berurusan dengan suatu bisnis. Itulah sebabnya Anda juga wajib memastikan bahwa proses bisnis Anda berlangsung cepat dan praktis.

Misalnya, Anda menyiapkan berbagai cara pembayaran yang dapat disesuaikan dengan minat pelanggan. Anda juga bisa menyiapkan layanan delivery atau kemudahan lainnya yang akan menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda.

Orang (People)

Jangan lupa bahwa staff-staff bisnis Anda juga memeran peranan penting dalam kesuksesan bisnis. Anda patut mempekerjakan staff yang profesional dan memiliki visi misi sejalan dengan bisnis Anda.

Staff yang puas selama bekerja dengan Anda pasti akan menunjukkan produktivitasnya yang terbaik. Hal tersebut pasti akan berpengaruh pada pengembangan bisnis Anda di masa kini dan masa mendatang.

Bukti Fisik (Physical Evidence)

Elemen yang satu ini berkaitan dengan keberadaan toko fisik atau peralatan yang mendukung bisnis Anda. Misalnya, pelanggan akan merasa lebih puas dan percaya jika bisnis online Anda didukung oleh toko fisik yang besar.

Di samping itu, peralatan canggih yang mendukung proses produksi juga akan mempengaruhi keputusan pelanggan. Karena pelanggan Anda pasti menginginkan produk atau jasa yang dibuat secara profesional.

Kalau Anda memperhatikan ketujuh elemen penting dalam prinsip marketing mix tersebut, niscaya bisnis Anda tak akan mengalami hambatan besar. Siapkanlah rencana terbaik Anda untuk mengungguli persaingan yang ketat di dunia bisnis modern. Selamat berbisnis!

YUKS COBA GRATIS 30 HARI ACCURATE ONLINE, HANYA DENGAN KLIK GAMBAR DIATAS ! TANPA KOMITMEN APAPUN LOH !!

By |2019-02-08T04:42:41+00:00February 8th, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment