“Pembukuan Akan Mencerminkan Posisi Keuangan Suatu Usaha”

/, BERITA TERBARU, SOFTWARE ACCOUNTING/“Pembukuan Akan Mencerminkan Posisi Keuangan Suatu Usaha”

“Pembukuan Akan Mencerminkan Posisi Keuangan Suatu Usaha”

Pembukuan akan mencerminkan posisi keuangan suatu usaha untuk melihat perkembangan usaha dari waktu ke waktu. Sebuah usaha akan berkembang dengan maju, jika keuangannya dikelola secara baik, dalam hal pembukuannya. Banyak orang yang mendirikan bisnis dan meremehkan pentingnya pembukuan dan catatan akuntansi. Padahal kenyataannya, pembukuan dan catatan itu penting untuk membantu pebisnis membuat keputusan terbaik.

Baca Juga :

Pembukuan dan catatan akuntansi itu ada baiknya diperbarui agar semuanya tersusun jelas dan terperinci. Mengenai harga dan produk bisnis jangan asal tebak. Bisnis bukanlah permainan tebak-tebakan, semuanya harus jelas. Sebaliknya, setiap bisnis besar dan kecil harus secara teratur memperbarui pembukuan dan  catatan akuntansi sehingga pemimpin bisnis dapat membuat keputusan yang tepat berdasarkan dengan data. Jika pembukuan suatu perusahaan sudah tercatat dengan baik, maka arus kas masuk dan keluar akan terkontrol yang mencerminkan ada tidaknya keuntungan pada suatu usaha.

Berikut 4 manfaat Perbarui Pembukuan Bisnis Anda :

1. Secara strategis tingkatkan pendapatan Anda

Menurut Eric Rosenberg, seorang penulis khusus tentang Entrepreneur, tujuan bagi sebagian pebisnis adalah menemukan klien terbaik yang menawarkan bayaran yang seimbang dengan apa yang sudah pebisnis investasikan.

Meskipun freelancing adalah bisnis yang sulit untuk diukur, saya suka melakukan sesuatu yang saya sebut ‘menjembatani’ klien saya, untuk mendapati klien berkualitas tinggi dan perlahan-lahan mulai melepaskan klien dengan kualitas yang rendah,” kata Rosenberg.

Proses ini hebat dalam teori, dan sebagian besar pemilik bisnis memahami konsep tersebut. Tapi mengapa mereka terus  berjuang dengan klien berkualitas rendah? Karena mereka tidak melihat angka dan secara objektif mencari cara untuk mendatangkan klien yang lebih baik dan menyingkirkan yang buruk. Tanpa metrik, Anda mungkin bahkan tidak tahu klien mana yang menguras sumber daya Anda dan yang mengarah pada profitabilitas terbaik dalam bisnis Anda.

2. Potong produk dan layanan yang berkinerja buruk

Fokus percakapan saya dengan klien pelatihan berfokus pada mengubah layanannya menjadi produk yang dapat dijualnya dengan tarif langganan bulanan tetap. Tetapi tanpa catatan akuntansi mendetail di luar  laporan yang dia dapatkan dari prosesor pembayarannya, dia tidak memiliki catatan nyata untuk menunjukkan penghasilannya oleh pelanggan atau produk. Tidak masalah jika Anda seorang freelancer solo atau bisnis dengan ribuan karyawan, Anda benar-benar membutuhkan informasi ini,” kata Rosenberg.

Dengan detail yang tepat di tangan, Anda dapat memilih satu produk yang terlalu banyak menyita waktu Anda dan dengan uang hasil yang sedikit. Anda dapat mengidentifikasi tugas berulang yang mahal yang mungkin dapat Anda alihkan atau hilangkan. Seperti yang Anda lihat dari contoh di atas, kadang-kadang memotong produk atau layanan yang berkinerja buruk dapat menyebabkan pertumbuhan yang signifikan.

Sukses di bidang bisnis Anda ini turun untuk fokus. Tetapi tanpa catatan pembukuan yang diperbarui dengan benar, Anda tidak tahu di mana harus fokus. Anda mungkin membuang-buang waktu dan tidak tahu karena Anda tidak memiliki data. Akhiri kesalahan besar itu segera. Dapatkan buku-buku akuntansi itu bersama-sama dan buat mereka diperbarui, setidaknya setiap bulan, sehingga Anda dapat membuat keputusan manajemen terbaik.

3. Hemat waktu dan uang pada waktu pajak

Jika peningkatan pendapatan dan pemotongan biaya tidak cukup menjadi motivasi untuk menjaga pembukuan Anda diperbarui, di sini ada satu pilihan terakhir: pajak Anda. Anda harus melakukan pajak jika Anda memiliki bisnis. Itu tidak opsional. Apa yang opsional adalah menjadikannya periode yang menegangkan dengan mengabaikan akuntansi Anda sepanjang tahun dan bergegas untuk menyelesaikan semuanya sebelum batas waktu.

Alih-alih metode ini, rencanakan dan perbarui buku Anda setidaknya sekali setiap bulan. Apa pun yang Anda lakukan, triwulanan harus menjadi standar minimum untuk pembukuan pembaruan untuk keperluan pajak.

Sementara sebagian besar individu harus mengajukan dan membayar pajak setiap tahun, sebagian besar pemilik bisnis dan banyak pihak harus membayar pajak estimasi kuartalan. Meskipun Anda dapat mengajukan dan membayar berdasarkan tarif pajak tahun lalu, menjaga pembukuan Anda dapat membantu mendapatkan perkiraan yang lebih baik jika Anda perlu membayar lebih banyak setiap tiga bulan.

4. Jangan mengabaikan kebutuhan pembukuan dan akuntansi yang diperbarui

Jika Anda menemukan ide akuntansi dan pembukuan mengintimidasi, Anda selalu dapat mempekerjakan seorang ahli guna menanganinya untuk Anda.

Namun, Anda memutuskan untuk melakukan pembukuan sangat bagus selama Anda mematuhinya Jika tidak, Anda akan cepat menemukan diri Anda dan dengan laporan keuangan yang tidak berguna. Dengan fokus yang tepat pada buku-buku Anda, Anda memiliki informasi yang tepat untuk menempatkan bisnis Anda untuk berkembang selama bertahun-tahun yang akan datang.

Salah satu cara agar UMKM bisa berkembang dan naik kelas harus memiliki pembukuan yang akurat dan rapi.Karena dengan adanya pembukuan, setiap pelaku usaha dapat mengetahui sehat atau tidaknya usaha mereka.

Software Accurate hadir untuk membantu para pelaku UMKM untuk merapikan pembukuan. Software Accurate hadir dengan fitur-fitur yang lengkap dan tentunya user friendly sehingga setiap orang bisa menggunakannya. Setiap laporan keuangan yang disajikan terintegrasi satu dengan lainnya alias REAL TIME!!. Sehingga pemilik atau pelaku usaha dapat  mengetahui posisi keuangannya dengan cepat dan up to date, dan bisa membantu dalam hal mengambil keputusan financial dengan cepat demi kemajuan usahanya.

YUKS COBA GRATIS 30 HARI SOFTWARE ACCURATE

DENGAN MENCOBA SOFTWARE ACCURATE, ANDA MENDAPATKAN VALUE SENILAI 200 RIBU

TANPA KOMITMEN APAPUN LOH !!

By |2019-03-07T03:30:10+00:00March 7th, 2019|ARTIKEL, BERITA TERBARU, SOFTWARE ACCOUNTING|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment