BAGAIMANA INPUT RETUR PENJUALAN BARANG JASA DI SOFTWARE ACCURATE??

/, ACCURATE ONLINE ( AOL ), BERITA TERBARU/BAGAIMANA INPUT RETUR PENJUALAN BARANG JASA DI SOFTWARE ACCURATE??

BAGAIMANA INPUT RETUR PENJUALAN BARANG JASA DI SOFTWARE ACCURATE??

Retur Penjualan untuk Jenis Barang Jasa

Jika anda ada melakukan pencatatan penjualan jasa dengan Jenis Barang ‘Jasa’ dan terjadi retur atas penjualan jasa tersebut, bagaimana menginputnya di Software Accurate ? Pada dasarnya retur penjualan tidak bisa dilakukan untuk Jenis Barang ‘Jasa’. Namun anda bisa melakukan alternatif berikut ini untuk melakukan pencatatan retur penjualan atas jenis barang ‘Jasa’.

Baca Juga :

 

Penjualan dengan jenis barang Jasa

Langkah-langkah melakukan retur penjualan untuk jenis barang Jasa :

  1. Buat Barang baru dengan Jenis Barang ‘Non Persediaan’ kemudian pada tab Akun isikan dengan akun yang sama dengan Jasa yang akan diretur tersebut (terutama untuk akun Retur Penjualannya). Nama barang bisa diisikan dengan nama jasa yang sama atau bisa seperti illustrasi.

Membuat Barang baru dengan jenis Barang ‘Non Persediaan’

Mengatur Akun atas barang Non Persediaan

  1. Masuk ke Formulir Retur Penjualan yaitu melalui modul Penjualan, kemudian pada pilihan ‘Retur dari’ pilih ‘Tanpa Faktur’dan pilih barang Non Persediaan yang dibuat pada poin 1. Lalu isikan nilai jasa yang akan diretur dan klik simpan (Accurate akan otomatis membuatkan faktur penjualan dengan nomor dan tanggal transaksi yang sama dengan transaksi Retur Penjualan tersebut).

Melakukan Retur Penjualan ‘Tanpa Faktur’ dengan Barang Non Persediaan

Jurnal Retur Penjualan

  1. Selanjutnya ke Penerimaan Penjualan untuk menginput proses pengembalian uang / pemotongan nilai piutang pelanggan.
  2. Pada Penerimaan Penjualan, pilih nama pelanggan dan Bank yang digunakan untuk melakukan pengembalian uang jasa, lalu pilih Nomor Faktur Penjualan atas Retur Penjualan tersebut (nilai terhutang akan tampil minus) dan simpan transaksi.

Membuat Penerimaan Penjualan untuk Mengembalikan Nilai Retur

Jurnal Pengembalian Nilai yang diretur

NOTES : jika transaksi penjualan jasa tersebut sebelumnya belum dilakukan pelunasan oleh pelanggan. Maka untuk memotong nilai piutang-nya lakukan dari Penerimaan Penjualan seperti langkah di poin 4, namun anda juga perlu memilih nomor faktur penjualan atas jasa-nya. Sehingga Nilai Pembayaran pada Penerimaan Penjualan akan nol, yaitu pemotongan dari nilai faktur penjualan atas retur yang minus dan nilai faktur penjualan atas penjualan jasa-nya tidak minus.

Available for accurate online

YUKS COBA GRATIS 30 HARI SOFTWARE ACCURATE 

DENGAN MENCOBA, ANDA SUDAH MENDAPATKAN VALUE SENILAI 200 RIBU !!

TANPA KOMITMEN APAPUN JUGA !!

About the Author:

Leave A Comment