Apa Manfaat & Fungsi Credit Note Dalam Sistem Akuntansi

/, ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU/Apa Manfaat & Fungsi Credit Note Dalam Sistem Akuntansi

Apa Manfaat & Fungsi Credit Note Dalam Sistem Akuntansi

Membuat invoice merupakan pekerjaan rutin yang harus dikerjakan setiap hari dan pada prakteknya tidak dapat dipungkiri bahwa pada proses pembuatan invoicenya kadang terjadi kesalahan dalam memasukkan data harga jual atau harga beli dari tiket, voucher, letter of guarantee atau dokumen lainnya yang dijual.

Untuk memperbaiki kesalahan invoice tersebut, cara yang tercepat adalah dengan melakukan proses void invoice, tetapi jika tidak memungkinkan untuk diproses void invoice maka solusi perbaikannya adalah dengan melakukan prosedur akuntansi travel agent yang berlaku, yaitu dengan membuat credit note untuk setiap dokumen yang salah harga jual atau harga belinya.

Jadi Apa itu Credit Note?
Credit Note adalah suatu dokumen yang berisi pemberitahuan bahwa hutang terhadap pelanggan anda menjadi bertambah sebesar jumlah tertentu karena alasan tertentu. Credit Note ini bisa juga untuk mengurangi piutang perusahaan ke vendor/supplier.

Selain istilah Credit Note, juga terdapat istilah Debit Note dalam Akuntansi.

Jadi Apa itu Debit Note?
Debit Note adalah suatu dokumen yang berisi pemberitahuan bahwa piutang terhadap pelanggan anda menjadi bertambah sebesar jumlah tertentu karena alasan tertentu. Debit Note ini bisa juga untuk mengurangi hutang perusahaan ke vendor/supplier.

Bagaimana ketentuan pajak (khususnya PPN) terhadap Debit dan Credit Note ini?

Aturan mengenai PPN (khusunya dalam hal faktur Pajak), Wajib Pajak tidak diperkenankan membuat credit note maupun debit note apabila terjadi perubahan harga. Hal yang harus dilakukan adalah membuat Faktur Pajak Pengganti.

Bisnis atau perusahaan yang memanfaatkan Nota Kredit bisa dipastikan mempunyai sistem perdagangan dan akuntansi yang baik. Dengan dibantu Software Akuntansi, sistem pencatatan dan pelaporan transaksi bisnis Anda akan semakin optimal. Anda bisa mencoba menggunakan SOFTWARE ACCURATE, pencatatan faktur-faktur termasuk Nota Kredit untuk Retur Penjualan Anda bisa diproses dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu, seluruh proses transaksi diproses secara realtime. Sehingga data transaksi bisnis Anda terolah dengan baik, cepat, dan aman. 

Berikut langkah-langkah untuk membuat Credit Note di Software Accurate

yaitu memotong nilai Piutang Penjualan tanpa ada barang yang dikembalikan :

  1. Buat barang baru dengan jenis barang “Non Persediaan”, isikan namanya dengan “Credit Note”, kemudian pada tab Akununtuk akun Penjualan, & Retur Penjualan isikan dengan akun yang akan menampung nilai dari Credit Note tersebut. Dalam illustrasi ini misalnya akun penampung credit note tersebut adalah Penjualan handphone.

Membuat Barang Non Persediaan

Mengatur Akun pada Barang Non Persediaan

  1. Buat Retur Penjualan, pada pilihan ‘Retur Dari’ pilih “Tanpa Faktur” kemudian pilih barang Credit Note ( yang dibuat pada poin 1), lalu isikan nilai credit note-nya pada harga barang setelah itu simpan.

Membuat Retur Penjualan

Jurnal Retur Penjualan dengan Credit Note

  1. Selanjutnya melakukan pemotongan nilai piutang pelanggan dengan credit note tersebut, yaitu melalui Formulir Penerimaan Penjualan.
  2. Pada Formulir Penerimaan Penjualan, pilih nama Pelanggan yang bersangkutan, kemudian pilih Nomor Faktur Penjualan Credit Note (yang otomatis dibuat saat membuat Retur Tanpa Faktur) dan pilih nomor Faktur Penjualan yang akan dipotong nilai piutang-nya (perhatikan gambar).

Memotong Nilai Piutang dengan Credit Note

Jurnal Penerimaan Penjualan dari Pemotongan Nilai Piutang

Available for Accurate Online

Manfaat credit note (nota kredit), yaitu:
-bukti penerimaan barang
-sebagai jaminan bagi kedua belah pihak agar tidak ada yg dirugikan.
-menguraikan secara rinci semua proses transaksi yg terjadi.

Jadi sudah jelas yah guyss pengertian dari Credit Note dan Debit Note. Supaya tidak penasaran, yuks langsung Coba Gratis 30 hari Software Accurate. Dengan trial Software Accurate, Anda sudah mendapatkan value senilai 200 Ribu !! dan Tanpa Komitmen Apapun Loh !! Kereeeen Banget Khaaaan…Tunggu apalagi langsung klik aja gambar dibawah ini :

 

About the Author:

Leave A Comment