UMKM Memiliki Peluang Besar Memasuki Revolusi Industri 4.0, Jika Melek Digital

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/UMKM Memiliki Peluang Besar Memasuki Revolusi Industri 4.0, Jika Melek Digital

UMKM Memiliki Peluang Besar Memasuki Revolusi Industri 4.0, Jika Melek Digital

Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peluang besar memasuki era industri 4.0.  Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengharapkan para pelaku UMKM mampu menerapkan digitalisasi untuk mampu berkompetisi secara efisien dan efektif.

“Dengan digitalisasi para pelaku UMKM bisa beroperasi secara efektif dan efisien, serta produknya berkualitas baik dan bernilai harga bersaing”

“Dengan mengetahui masing-masing tahapan akan menjadi tahu apa yang boleh dan tidak dikerjakan sehingga produksi makin efisien dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas”, Kata Soetrisno Bachrir Ketua KEIN. Digitalisasi itu tidak hanya di sektor pertanian, namun juga untuk seluruh sektor usaha lainnya diharapkan sudah terdigitalisasi. Hanya saja, ia mengingatkan kepada pelaku usaha yang berbasis industri agar jangan sampai berdalih menjadi pedagang.

Dimana usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) telah memberikan kontribusi lebih dari 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional dalam lima tahun terakhir. UMKM merupakan motor penggerak serta telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Pemberdayaan sektor UMKM amatlah penting, tidak hanya bagi pemerintah namun juga pihak lain seperti institusi di bidang terkait sampai akademis. Menurut Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan, 50 persen UMKM ditargetkan sudah terdigitalisasi pada 2024. “Sekarang sedang dibahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020-2024 dimana 50 persen adalah pelaku UMKM ditargetkan sudah go digital. Tapi ingat tidak semua UMKM itu cocok untuk go digital, ada yang lebih pas cara konvensional. Jadi Digitalisasi UMKM ini tak akan pernah mencapai 100 persen.

Era UMKM 4.0 adalah bisnis yang sudah mengintegrasikan teknologi digital seperti sosial media, sampai yang lebih maju lagi seperti pemanfaatan internet og things (IOT).

Berikut Manfaat Digitalisasi bagi UMKM :

  1. Tidak terkendala ruang dan waktu
  2. Hemat biaya
  3. Memberi kemudahan
  4. Dapat menjangkau secara global
  5. Memperlancar komunikasi
  6. Meningkatan keakuratan data
  7. Teratur dan sistematis
  8. Meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk

Jadi sudahkah Anda menerapkan digitalisasi pada bisnis ??

Baca Juga :

Accurate Online Aplikasi Pembukuan Ringan Untuk UMKM

Accurate online hadir sebagai aplikasi pembukuan, yang dapat membantu para pelaku bisnis khususnya UMKM. Karena Accurate Online adalah aplikasi keuangan sederhana yang bisa digunakan oleh usaha kecil yang bisa dengan mudah digunakan oleh pemilik usaha, meskipun tidak memiliki pengetahuan luas tentang akuntansi. Dengan beberapa fitur sederhana pada Accurate Online, akan memudahkan Anda dalam mencatat pembukuan usaha. Bahkan Anda bisa langsung mencetak faktur dengan printer kasir yang terhubung dengan bluetooth dari smartphone Anda.

Kehadiran Accurate Online membantu pelaku UMKM di Indonesia untuk pencatatan usaha dan membuat laporan transaksi harian mereka hanya dengan smartphone. Apa lagi Accurate Online benar-benar di desain sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dengan fitur-fitur yang benar-benar diperlukan oleh pelaku UMKM di Indonesia.

Dengan hadirnya Accurate Onlinepelaku UMKM bisa lebih rapih dalam mengelola pembukuan usaha, membuat laporan keuangan serta lebih disiplin dalam melakukan pencatatan usaha. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus untuk menjalankan usaha tanpa pusing lagi dalam melakukan pencatatan keuangan. Terlebih jika harus melakukan pencatatan setiap transaksi yang menggunakan rumus, pasti itu meribetkan dan membuang-buang waktu yang kamu miliki. 

Jadi mulailah melakukan digitalisasi bagi bisnis Anda, dimulai dari pencatatan pembukuan perusahaan.  Jika ada yang otomatis, kenapa harus manual khan…

sumber artikel :

Hitekno.com

Indopos.co.id

Shiftindonesia.com

By |2019-05-02T03:38:17+00:00May 2nd, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment