Laporan Keuangan Apa Saja Yang Wajib Disiapkan Pengusaha UKM, Menjelang Akhir Tahun ?

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Laporan Keuangan Apa Saja Yang Wajib Disiapkan Pengusaha UKM, Menjelang Akhir Tahun ?

Laporan Keuangan Apa Saja Yang Wajib Disiapkan Pengusaha UKM, Menjelang Akhir Tahun ?

Akhir tahun sudah didepan mata, tak terasa sudah memasuki pertengahan tahun. Biasanya perusahaan akan memasuki masa-masa sibuk untuk menyiapkan laporan keuangan. Apalagi habis libur panjang lebaran kemarin, banyak perusahaan yang mengejar ketinggalannya dalam menyiapkan laporan keuangannya.

Baca Juga :

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Untuk UKM 

Mau Tahu Aplikasi Pembukuan Yang Mumpuni Untuk Menghasilkan Laporan Keuangan?

Nah bagi perusahaan yang skalanya sudah besar, mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Karena mereka memiliki SDM yang kompeten dalam mengelola dan menyajikan setiap laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan. Lalu bagaimana dengan pengusaha UKM yang bisnisnya masih skala kecil ? Yang belum tentu memiliki SDM yang memadai atau bahkan yang sama sekali buta terhadap pembukuan akuntansi perusahaan.

Ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pengusaha UKM. Mereka pun kadang bingung apa saja yang harus mereka siapkan untuk akhir tahun. SolusiUKM sebagai rumah digital para UKM akan memberikan inside kepada para pengusaha UKM apa saja yang harus disiapkan menjelang akhir tahun.

Laporan Akhir Tahun yang wajib Disiapkan

Laporan Neraca

Sumber gambar : www.akuntanonline.com

Laporan pertama yang harus kamu siapkan sebagai pengusaha menjelang akhir tahun adalah laporan neraca. Neraca merupakan laporan yang berisi harta bisnis (asset), utang atau kewajiban-kewajiban pada pihak lain (liebilities), dan modal yang dimiliki dari bisnis.

Pada laporan neraca akan tampak jumlah aset yang kamu miliki, kewajiban yang harus kamu selesaikan serta modal yang kamu miliki. Semua harus tampil pada laporan neraca akhir tahun, dengan seluruh kondisi keuangan yang ada selama satu tahun penuh.

Laporan Laba Rugi

Sumber gambar : www.akuntansilengkap.com

Dari namanya saja, mungkin kamu tidak asing dengan istilah laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah laporan yang digunakan untuk melihat keberhasilan jalannya operasional bisnis yang kamu kelola. Dalam laporan laba rugi akan wajib menampilkan jenis-jenis pendapatan serta apa saja beban perusahaan.

Dengan menampilkan jenis-jenis pendapatan, kamu akan mengetahui apakah bisnis yang kamu jalankan selama ini mendapatkan rugi ataupun untung. Para akuntan menganggap bahwa menyusun laporan laba rugi hanya mengutip saldo yang ada di akun pendapatan dan beban pada kolom laba rugi di neraca lajur, sehingga mudah dilakukan.

Adapun unsur-unsur yang terdapat di laporan laba rugi, yakni:

  • Pendapatan yang diperoleh dalam satu periode
  • Jumlah uang dari setiap pendapatan
  • Biaya dalam satu periode
  • Jumlah uang pada setiap biaya
  • Jumlah uang yang dikeluarkan
  • Jumlah uang yang di dapat

Semua unsur tersebut wajib ada di laporan laba rugi akhir tahun. Karena akhir tahun dapat dikatakan sebagai ajang tutup periode akuntansi selama satu tahun. Sehingga kamu bisa menghasilkan laporan akuntansi yang bisa digunakan untuk menghadapi tahun berikutnya.

Laporan Perubahan Modal

Sumber gambar : www.manajemenkeuangan.net

Bagi pengusaha UKM terkadang laporan perubahan modal dianggap tidak penting. Padahal laporan ini menjadi salah satu laporan penting yang harus disiapkan sebagai laporan akhir tahun yang harus ada. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel tentang laporan modal. Laporan modal adalah ringkasan mengenai perubahan modal pada perusahaan akibat dari berbagai kegiatan yang ada.

Dalam laporan perubahan modal untuk laporan akhir tahun ada beberapa hal yang harus ada di dalamnya. Yakni jumlah modal yang ada, laba netto usaha, jumlah modal yang berubah, penyebab modal berubah dan jumlah uang setelah modal berubah.

Laporan perubahan modal ini berfungsi sebagai alat informasi yang menjelaskan mengenai perubahan modal pada usaha serta laporan perubahan modal ini berfungsi untuk mengetahui aktiva pembayaran, investasi, dan dana yang dihasilkan selama satu periode akuntansi.

Laporan perubahan modal ini dibuat setelah kamu menyelesaikan laporan laba rugi. Jika laba rugi kamu belum selesai, maka laporan perubahan modal tidak bisa dibuat. Sebab pembuatan laporan laba rugi berpatokan dari laporan laba rugi usaha yang ada.

Laporan Arus Kas

Sumber gambar : www.akuntansilengkap.com

Pasti kamu sudah mengetahui apa itu laporan arus kas? Yaps laporan arus kas merupakan laporan yang mencatat segala hal mengenai pengeluaran dan pendapatan dari bisnis. Jika kamu memiliki pencatatan dari awal tahun hingga akhir tahun, maka kamu tidak akan merasa kesulitan dalam menyusun laporan arus kas ini.

Jika kamu tidak memilikinya, ini akan merepotkan bagi kamu. Karena kamu tidak pernah melakukan pencatatan dari awal, kamu akan sulit dalam menyusun laporan arus kas yang berasal dari catatan pengeluaran dan pendapatan harian.

Adapun untuk cara menyusun laporan arus kas untuk laporan keuangan akhir tahun, mulai dari:

  1. Menghitung kenaikan dan penurunan pada kas
  2. Menghitung laporan kas kotor yang dipakai untuk operasional
  3. Menghitung arus kas netto dari aktivitas operasional serta modal dari saldo awal kas

Dengan membuat laporan arus kas, kamu sebagai pemilik bisnis akan dapat memperkirakan arus kas yang akan diperoleh di tahun selanjutnya. Sehingga kamu akan melihat kemampuan usaha dalam memenuhi kewajiban serta sebagai alat evaluasi bisnis kamu.

Keempat laporan tersebut wajib kamu buat di akhir tahun ini. Jika kamu sudah memiliki catatan pembukuan yang rapi. Namun jika kamu belum memilikinya, kamu bisa menjadikan pembukuan sebagai resolusi di tahun depan.

Anda tak perlu takut lagi, karena kamu bisa menggunakan platform pembukuan Accurate Online untuk resolusi pembukuan bisnis kamu. Accurate Online merupakan platform pembukuan yang bisa digunakan oleh berbagai jenis usaha baik itu retail dan jasa.

Baca Juga :

Accurate Online Aplikasi Pembukuan Ringan Untuk UMKM

By |2019-07-05T04:16:19+00:00July 5th, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment