Ini Loh 7 Tips Untuk Membeli Properti, Sebelum Membuka Usaha Atau Bisnis

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Ini Loh 7 Tips Untuk Membeli Properti, Sebelum Membuka Usaha Atau Bisnis

Ini Loh 7 Tips Untuk Membeli Properti, Sebelum Membuka Usaha Atau Bisnis

Sebelum membuka suatu usaha atau bisnis banyak hal yang harus dipertimbangkan selain modal usaha tentunya. Semuanya harus diperhitungkan supaya kedepannya bisnis yang baru dibangun dapat berjalan dan berkembang.

Nah salah satu yang menentukan adalah properti untuk tempat usaha atau bisnis. Karena properti bisnis memiliki faktor yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan suatu usaha yang baru dibangun.

Mau beli properti untuk bisnis, dapat berupa rumah toko atau lebih familiar dengan istilah ruko. Nah untuk membeli atau menyewa sebuah ruko untuk bisnis bukanlah suatu perkara yang mudah. Karena kita harus memikirkan apakah lokasinya sudah strategis atau belum, dan memiliki pangsa pasar yang besar terhadap produk yang Anda jual. Banyak pengusaha yang kadang salah dalam membangun atau salah membeli sebuah tempat usaha, hanya karena ditawarkan dengan harga yang murah.

Baca Juga :

Berikut Tips & Trik Tingkatkan Pendapatan Perusahaan

Bangun Usaha Agribisnis Dengan 5 Tips Mujarab Berikut ini

Lalu bagaimana tipsnya agar tidak salah dalam membeli properti untuk bisnis?

Berikut SolusiUKM  akan menyarankan Anda untuk bisa memilih lokasi yang tepat untuk bisnis Anda

Lokasi

Produk apa yang Anda jual akan menentukan lokasi seperti apa yang ingin Anda buat. Misal Anda ingin membangun sebuah café atau restoran. Tentunya Anda harus menyiapkan lokasi yang luas, agar pelanggan Anda bisa memarkir kendaraannya dengan mudah.

Lokasi menjadi salah satu pertimbangan yang amat sangat penting bagi para pengusaha yang ingin membuka bisnis dengan membeli properti untuk bisnis yang baru. Lokasi yang tepat akan mendapatkan konsumen yang tepat juga. Jika lokasi Anda tidak sesuai maka Anda akan gagal berwirausaha.

Coba saja perhatikan, banyak ruko-ruko yang di bangun meskipun di tengah jalan besar, namun ruko-ruko tersebut tidak ada penghuninya. Berarti lokasi tersebut tidak cocok untuk dijadikan sebuah tempat usaha. Berbeda jika Anda hanya sekedar menjadikannya sebuah gudang saja.

Harga

Ketika lokasi sudah ditemukan dan Anda merasa cocok dengan lokasi tersebut, saatnya Anda menentukan budget yang Anda miliki untuk membeli atau mengontrak tempat usaha tersebut. Menentukan harga memang cukup sulit, Anda harus melakukan negosiasi yang baik untuk mendapatkan harga yang tepat.

Terkadang beberapa properti untuk bisnis, seperti ruko yang berada di lokasi strategis harganya cukup mahal. Sehingga Anda harus pastikan lagi, jika keuangan usaha Anda bisa menutup semua kebutuhan di ruko. Dan pastikan ruko tersebut bisa menarik konsumen lebih banyak.

Untuk properti yang berada di tengah kota biasanya lebih mahal dibandingkan yang berada di pinggiran. Tetapi jika pinggiran namun di depan jalan raya yang cukup ramai, itu masih bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan tempat usaha.

Memperhatikan Lingkungan

Ketika Anda ingin membuka usaha, Anda harus memperhatikan lingkungan sekitar. Ada tiga poin penting dalam menentukan lingkungan Anda sebagai tempat usaha yang tepat atau tidak. Lingkungan akan mempengaruhi produk yang akan dijual, serta harga yang sesuai dengan konsumen sekitar lokasi properti bisnis.

Lokasi properti yang ingin Anda beli atau sewa untuk bisnis, Anda harus mengetahui daya beli masyarakat sekitar. Karena Anda tidak mungkin menjual produk untuk masyarakat dengan daya beli tinggi di lokasi yang masyarakatnya memiliki daya beli rendah, begitupun sebaliknya.

Area Parkir

Seperti disinggung sedikit di poin pertama, ketika Anda akan membeli properti untuk usaha. Anda juga harus memperhatikan lokasi parkir kendaraan. Jika lokasi parkir tidak tersedia, artinya konsumen harus parkir dipinggir jalan, akan banyak konsumen enggan untuk berbelanja di tempat Anda. Anda harus perhatikan ini dengan baik.

Keamanan

Selain parkir, Anda harus mempertimbangkan terkait dengan keamanan lokasi properti yang akan Anda beli untuk dijadikan lokasi bisnis. Jangan hiraukan hal ini, jika lokasi properti tidak aman. Maka tidak akan ada yang mau berkunjung ke lokasi Anda. Karena mereka takut akan keamanan dari kendaraan yang mereka bawa ke lokasi usaha Anda.

Pengembangan Sekitar Lokasi Properti

Anda harus mengetahui kondisi di sekitar properti Anda. Apakah akan ada pembangunan infrastruktur baru, seperti jalan tol, jalan raya, stasiun.  Atau pengembangan lain yang bisa membantu bisnis Anda berkembang. Alasan ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membeli properti bisnis di lokasi tertentu.

Surat-Surat

Ketika Anda ingin membeli sebuah properti baik untuk tempat tinggal apa lagi untuk bisnis. Anda juga harus memperhatikan mengenai surat-surat. Baik itu mengenai izin bangunan, bentuk surat (SHM atau AJB). Jangan sampai Anda salah beli. Jika Anda salah, maka Anda akan kesulitan mengurusnya kembali belum lagi harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Membuat Anggaran

Baca Juga :

Pusing Hitung Biaya Operasional Usaha?? Accurate Online Solusinya

Accurate Online Software Ringan Untuk Pembukuan Toko

Ketika Anda membeli properti atau menyewa properti untuk bisnis. Anda tidak boleh lupa untuk membuat anggaran untuk bisnis. Anggaran ini terdiri dari beberapa hal, mulai dari anggaran sewa, anggaran uang iuran, dan anggaran keuangan bisnis Anda.

Untuk mencatat anggaran agar tidak sulit dan tetap akurat, Anda sebaiknya menggunakan Accurate Online. Platform pembukuan yang cocok untuk segala jenis bisnis, apa lagi jika usaha Anda sudah menggunakan Moka Pos, Anda bisa mengintegrasikan dengan Accurate Online. Sehingga membuat Anda semakin mudah dalam mengelola keuangan bisnis loh. Nah tunggu apa lagi, sekarang waktunya pakai Accurate Online.

By |2019-07-25T06:13:03+00:00July 25th, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment