Berikut Manfaat Penggunaan Instagram Bagi Bisnis UKM

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Berikut Manfaat Penggunaan Instagram Bagi Bisnis UKM

Berikut Manfaat Penggunaan Instagram Bagi Bisnis UKM

Ayoo…disini siapa yang tidak kenal dengan salah satu media sosial yang paling populer saat ini, yaitu instagram?? terutama generasi mileniall nih, pasti sering menggunakan medsos ini. Mungkin hanya sekedar iseng, atau banyak juga yang menggunakan instagram hanya untuk sekedar sharing mengenai pengalamannya ketika sedang berjalan-jalan, tutorial memasak, dan sebagainya. Bahkan sering digunakan dalam bisnis untuk mengenalkan suatu produk agar dapat lebih dikenal oleh calon pelanggan.

 

 

 

 

 

Nah buat pengusaha yang berada di era digital dapat memanfaatkan instagram, sebetulnya tidak hanya instagram saja. Para pengusaha dapat memanfaatkan media sosial lainnya yang memiliki fitur yang sejenis. Memang yang paling diminati adalah fitur yang ada di instagram, karena banyak brand terkenal memanfaatkan fitur ini.

Instagram menjadi salah satu media sosial paling populer setelah facebook. Saat ini banyak pengguna facebook yang sudah beralih ke Instagram. Menjadikan Instagram salah satu ladang customer yang bisa Anda dapatkan. Apa lagi bagi bisnis UKM. Ada banyak manfaat penggunaan Instagram pada bisnis.

Baca Juga :

Memanfaatkan Instastory Instagram Untuk Mendukung Kesuksesan Bisnis

5 Mitos Yang Membuat Pebisnis Enggan Beralih ke Digital Marketing

Apa saja manfaat Instagram untuk Bisnis?

Meningkatkan Brand Awareness

Instagram adalah media sosial yang paling mudah untuk mendapatkan brand awareness. Sebab banyak pengguna Instagram yang sangat suka dalam mencari produk yang mereka inginkan melalui Instagram dibandingkan website. Tetapi Anda sebagai pemilik bisnis harus benar-benar memiliki strategi yang tepat untuk mendaptakan customer yang sesuai dengan produk Anda.

Bagaimana meningkatkan brand awareness pada Instagram?

Ini hal penting yang harus diketahui semua pebisnis dalam memanfaatkan Instagram sebagai ladang bisnis Anda. Ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemanfaatan Instagram sebagai ladang bisnis Anda. Salah satunya untuk meningkatkan brand awareness dari brand milik Anda.

Sempurnakan Profil

Pengakuan menjadi elemen penting dalam membangun brand awareness. Manfaatkan Instagram Anda untuk mendapatkan konsumen yang sesuai dengan produk yang Anda miliki. Salah satu cara untuk mendapatkan awareness yang bagus agar bisnis Anda dikenali.

Dengan menyempurnakan profil akun bisnis Anda, konsumen akan lebih mudah mengenali produk yang Anda jual dan kredibiltas bisnis Anda. Setidaknya Anda harus bisa membuat orang-orang yang berkunjung ke profil dapat mengenali produk yang Anda jual hanya dalam beberapa detik.

Postingan Kreatif

Cara lain bahwa Anda bisa mudah untuk dikenali calon target pasar adalah strategi pos konten pada postingan yang Anda miliki. Deretan konten yang sesuai dengan produk akan membuat calon-calon customer lebih mudah mengenali produk yang Anda miliki.

Memiliki Basis Pengguna Melimpah

Instagram memiliki basis pengguna yang melimpah. Saat ini pengguna Instagram dari seluruh dunia mencapai satu milliar pengguna. Lalu kira-kira berapa penggunanya di Indonesia?

Dikutip dari cnbcindonesia.com, pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 62 juta orang. Tentunya itu bukan pengguna pasif loh. Melainkan 62 juta orang adalah pengguna aktif Instagram. Data ini bisa menjadi rujukan, kenapa Anda sebagai pebisnis harus memanfaatkan Instagram untuk bisnis.

Anda bisa mendapatkan pelanggan potensial yang bisa menjadi market Anda. Masih dari CNBC Indonesia, Indonesia menjadi negara dengan pengguna terbesar di Asia Pasifik dan sebagian besar penggunanya menggunakan akun bisnis.

Data mengatakan sekitar 76 persen pengguna membeli produk dari Instagram. Meskipun produk yang mereka beli bukanlah produk yang memiliki website. Dapat dibayangkan begitu aktifnya pengguna Instagram untuk berbelanja. Cara ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pelanggan baru dari bisnis Anda.

Keterlibatan yang Tinggi

Mengapa para pebisnis harus menggunakan Instagram untuk bisnis? Karena pengguna Instagram adalah pengguna yang aktif. Di tahun 2016 saja, pengguna Instagram menyukai lebih dari 4,2 miliar posting dalam satu hari.

Posting dengan menyisipkan hashtag memiliki keterlibatan yang lebih banyak dibandingkan yang tidak memiliki hashtag. Ini menandakan bahwa para pebisnis harus bisa memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan konsumen lebih banyak lagi.

Tidak Memandang Bisnis Apapun

Instagram cukup unik. Hampir semua bisnis yang mencoba mencari konsumen melalui platform media sosial yang satu ini, pasti mereka bisa mendapatkan hasil maksimal. Baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, tidak ada batasan.

Setidaknya agar bisnis Anda cepat berkembang dan bisa menghasilkan penjualan yang signifikan, Instagram bisa menjadi ladang efektif untuk menjaring banyak konsumen. Banyak UKM-UKM yang berkembang setelah mereka memakai Instagram untuk pemasaran.

Menyasar Target Iklan Spesifik

Meskipun tidak ada iklan yang gratis, namun Instagram memberikan kesan yang lebih baik dalam beriklan. Para pebisnis bisa menyasar iklan kepada target market yang sesuai dengan jenis produk. Sehingga kesuksesan beriklan bisa terukur dengan tepat dibandingkan dengan platform lainnya dalam beriklan.

Saat ini sudah cukup banyak para pebisnis yang memanfaatkan iklan Instagram untuk menyasar pelanggan potensial mereka. Anda pun selalu terkena target sasaran bukan? Baik brand besar hingga brand kecil sudah memanfaatkan fitur iklan untuk membuat bisnis mereka berkembang. Sekarang giliran bisnis Anda.

Monitor Kompetitor

Inilah yang penting bagi para pebisnis yang memanfaatkan Instagram untuk bisnis, mereka bisa memantau aktivitas kompetitor. Memantau bukan berarti mencontek atau menyalin apa yang mereka lakukan. Namun Anda bisa melihat aktivitas mereka, dan Anda bisa mencoba untuk mengupgrade cara yang mereka lakukan untuk Anda terapkan pada bisnis milik Anda. Ini cara yang cukup sering dilakukan para pebisnis di Instagram.

Bisnis Tampak Lebih Kreatif

Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video. Namun bukan sekedar foto dan video yang biasa saja yang bisa Anda posting. Anda bisa mencoba untuk melatih kreativitas untuk menghasilkan konten-konten kreatif yang bisa menarik konsumen.

Tentunya Anda juga harus menunjukan bahwa merek Anda memiliki ciri khas dari konten-konten yang Anda buat tersebut. Sehingga bisa menjadi konten-konten yang bisa memikat customer dan calon customer bisa mudah mengenali konten-konten Anda sebagai identitas brand.

Alasan-alasan di atas menjadi salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis di era digital melalui instagram. Media sosial menjadi ladang uang yang cukup kompetitif saat ini. Jika saat ini bisnis Anda belum memiliki Instagram, maka saatnya sekarang Anda menggunakan Instagram.

Sedangkan untuk urusan pembukuannya serahkan saja kepada ,Accurate Online aplikasi pembukuan zaman now yang cukup friendly meskipun kamu tidak mengerti akuntansi. Kamu bisa input transaksi, cek laporan penjualan, laporan stok langsung kapanpun dan dimana pun, dan semua laporannya REAL TIME. Accurate Online adalah aplikasi pembukuan yang ringan bagi UMKM. Begitu pun harganya, sangat terjangkau untuk bisnis UMKM tidak sampai 2 juta loh!! Apalagi sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Kalau dibagi perhari hitungannya kamu hanya membayar Rp. 6000 saja, lebih mahal dari harga semangkuk bakso bukan…

Yuks buruan berlangganan Accurate Online, hanya disini kamu bisa dapat diskon yang cukup wow kan. Nah untuk pemesanan atau berlangganan Accurate Online cukup dengan KLIK DISINI

By |2019-08-02T08:03:20+00:00August 2nd, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment