Alasan Mengapa UMKM Harus Menggunakan Software Akuntansi

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Alasan Mengapa UMKM Harus Menggunakan Software Akuntansi

Alasan Mengapa UMKM Harus Menggunakan Software Akuntansi

Memiliki sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di era teknologi, menuntut pelaku UMKM harus mampu mengikuti perkembangan teknologi. Kehadiran teknologi, akan membuat sebuah bisnis dapat berjalan dengan lebih baik. Salah satu teknologi yang harus diterapkan adalah sistem keuangan dengan mengunakan software akuntansi. Ada beberapa alasan mengapa UMKM harus menggunakan software akuntansi. Alasan tersebut, tentunya membantu berjalannya bisnis yang Anda miliki.

Baca Juga :

Software Akuntansi Online Bantu Kelola Keuangan UMKM Gak Pakai Ribet

Indonesia memiliki jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sekitar 60 juta. Angka tersebut cukup besar. UMKM selalu dianggap sebagai penggerak perekonomian negara, kehadiran UMKM yang tidak hanya ada di kota-kota besar, membuat UMKM menjadi satu cara pengentas kemiskinan, dan mengurangi pengangguran.

Disiplin dalam pembukuan usaha belum banyak yang diterapkan oleh pemilik usaha di Indonesia, banyak pemilik UKM enggan belajar mengenai pembukuan, mereka menganggap pembukuan bukanlah hal penting bagi usaha yang mereka jalankan. Pembukuan sebenarnya sangat penting bagi jalannya usaha, tanpa adanya pembukuan maka sangat sulit melihat total biaya yang digunakan. Baik itu biaya harian, bulanan maupun biaya tahunan.

Baca Juga :

Pembukuan Usaha Akan Mencerminkan Posisi Keuangan Suatu Usaha

Dahulu, sebelum hadirnya komputer mungkin para pebisnis selalu menggunakan teknik manual dalam menyusun hal-hal yang berbau dengan keuangan, baik itu dalam menyusun neraca, jurnal, hingga laporan keuangan. Dengan kehadiran komputer, pebisnis terbantu dengan adanya software pengelola angka seperti Microsoft Excel dalam penyusunan data keuangan yang dimiliki. Namun Excel tidak bisa menjadi acuan pasti untuk membuat laporan, karena cukup sulit disebabkan adanya rumus-rumus tersendiri yang tidak semua orang mudah mengingat dan mengerti rumus tersebut.

Alasan mengapa UMKM harus menggunakan software akuntansi pun menjadi pertanyaan banyak pihak, terutama bagi mereka yang berkecimpung pada dunia UMKM atau para pelaku UMKM itu sendiri. Mereka merasa, tidak ada alasan yang tepat bahwa UMKM harus memakai software akuntansi untuk merapikan sistem keuangan mereka yang masih menggunakan teknik manual.

Tentunya kehadiran teknologi keuangan berbasis software akuntansi akan membantu Anda sebagai pemilik UMKM dalam menghemat keuangan dan waktu, serta akan membantu dalam merampingkan keuangan bisnis Anda.

Alasan Mengapa UMKM Harus Menggunakan Software Akuntansi

Baca Juga :

4 Mitos Sesat Tentang Software Akuntansi Yang Salah Kaprah

Begini Cara Tepat Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis Anda

Banyak sekali alasan yang mengharuskan UMKM di Indonesia menggunakan software akuntansi. Saat ini beragam software akuntansi sudah hadir di Indonesia sejak 20 tahun yang lalu. Salah satu pemain besar dalam bidang software akuntansi adalah Accurate Software. Tak bisa ditampikan, Accurate sudah menjadi pilihan banyak bisnis besar dan kecil untuk membantu keuangan usaha mereka. Ada beberapa alasan mengapa Anda sebagai pelaku UMKM harus memakai software akuntansi.

Hanya Perlu Input data

Menggunakan software akuntansi, tidak memerlukan rumus untuk menghitung secara keseluruhan laba dan rugi yang ditanggung usaha Anda. Berapa biaya operasional bulanan yang Anda keluarkan, berapa omzet yang Anda dapatkan, dan berapa modal yang Anda keluarkan. Semua itu, hanya cukup Anda input saja. Anda tidak perlu menghitung secara manual.

Termasuk ketika Anda menghitung berapa pendapatan yang Anda peroleh selama satu bulan. Anda hanya cukup menginput, berapa cost masuk dan keluar saja. Tanpa menghitung semuanya dengan manual maupun dengan rumus-rumus lagi.

Dapat Melakukan Review Setiap Saat

Anda bisa melakukan review setiap saat ketika Anda membutuhkan data keuangan bisnis Anda. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa sebagai pelaku UMKM wajib menggunakan software akuntansi untuk merampingkan data keuangan usaha milik Anda.

Dengan melakukan review setiap saat, akan sangat membantu dalam memantau kondisi keuangan usaha. Inilah yang menjadi alasan mengapa UMKM harus menggunakan software akuntansi untuk merampingkan keuangan usaha mereka.

Mempercepat Pembuatan Laporan Keuangan

Salah satu alasan mengapa UMKM harus menggunakan software akuntansi untun merampingkan keuangan yang mereka miliki, untuk mempercepat keuangan usaha. Saat ini, untuk membuat sebuah laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi, maka Anda hanya perlu menunggu waktu dalam beberapa menit atau jam saja.

Berbeda dengan sistem manual, mungkin untuk menghasilkan laporan keuangan untuk periode satu bulan diperlukan waktu minimal satu minggu. Hal ini sangat membuang waktu Anda dan tenaga. Terlebih jika Anda harus membayar seorang akuntan hanya untuk menghasilkan laporan keuangan tersebut.

Memudahkan Membuat Laporan Pajak

Ketika usaha Anda sudah berjalan, dan memiliki omzet yang cukup lumayan maka Anda memiliki kewajiban untuk membayar pajak dari usaha milik Anda tersebut. Agar laporan pajak Anda bisa segera selesai, maka Anda membutuhkan software akuntansi. Software akuntansi, akan memudahkan Anda untuk menyusun laporan pajak tahunan milik Anda. Pilihlah software akuntansi yang sudah terintegrasi dengan pajak. Sehingga Anda tidak perlu lagi membuat laporan pajak menggunakan software akuntansi lain. Alasan inilah mengapa UMKM harus menggunakan software akuntansi.

Memilih Software Akuntansi

Setelah Anda mengetahui mengapa harus menggunakan software akuntansi dalam keuangan bisnis milik Anda. Anda pun harus memilih software akuntansi seperti apa yang dibutuhkan untuk bisnis Anda.

Saat ini cukup banyak vendor software akuntansi di Indonesia, baik yang bersifat lokal maupun vendor dari luar negeri. Bahkan kini sudah ada, software akuntansi online. Yang dikenal dengan sebutan software akuntansi online. Ketika Anda memiliki software akuntansi online, tentunya data keuangan UMKM milik Anda akan tersimpan di awan atau dikenal dengan sebutan penyimpanan cloud.

Sistem akuntansi online, di Indonesia mungkin baru beberapa tahun kebelakang ini digunakan. Namun di luar negeri, software akuntansi online sudah digunakan sejak tahun 2002. Namun baru benar-benar berkembang di tahun 2008 saat vendor software akuntansi internasional, Xero hadir di Inggris.

Dengan penyimpanan data penyimpanan menggunakan cloud, Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan storage khusus menyimpan data keuangan. Anda juga tidak akan takut lagi apabila komputer yang Anda gunakan untuk menyimpan data keuangan rusak atau terserang virus. Karena data keuangan Anda sudah tersimpan di Cloud, Anda hanya perlu koneksi internet untuk menerima data tersebut. Inilah Alasan mengapa UMKM harus menggunakan software akuntansi online.

Sehingga Anda bisa mengakses data keuangan kapan saja dan dimana saja. Terlebih dengan adanya software akuntansi online akan membantu Anda dalam mengerjakan dan memantau keuangan UMKM kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga :

Accurate Online Hadir Membantu Pengusaha UKM Merapihkan Pembukuan

Accurate Online Software Ringan Untuk Pembukuan Toko

Salah satunya adalah Software akuntansi Accurate Online (AOL) yang sudah cukup banyak digunakan oleh UMKM di Indonesia. Accurate Online sangat user friendly serta sangat mudah disesuaikan pada kebutuhan usaha UMKM yang ada di Indonesia. AOL pun memiliki fitur perpajakan yang sesuai di Indonesia dan pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar pemerintah Indonesia.

By |2019-08-23T07:47:56+00:00August 23rd, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment