Berikut Cara Mudah Manajeman Keuangan Pada Bisnis Online

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Berikut Cara Mudah Manajeman Keuangan Pada Bisnis Online

Berikut Cara Mudah Manajeman Keuangan Pada Bisnis Online

Manajemen keuangan adalah salah satu disiplin ilmu yang wajib dimiliki oleh pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia, termasuk para pebisnis online. Manajemen keuangan ini digunakan untuk menjaga kestabilan keuangan usaha. Banyak sekali UKM yang belum melakukan manajemen keuangan dengan benar. Terutama pebisnis online, gimana manajemen keuangan pada bisnis online agar keuangan bisnis terencana dan dikendalikan dengan baik?

Baca Juga :

Tips Berhasil Mengelola Keuangan Usaha

Dalam manajemen keuangan terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis. Bukan hanya berlaku bagi pemilik bisnis online yang usahanya sudah stabil. Tapi hal ini juga berlaku bagi para pelaku UKM. Termasuk bagi pelaku bisnis online yang sangat jarang melakukan pembukuan. Manajemen keuangan merupakan cara mengelola keuangan usaha. Banyak pengusaha yang belum bisa mengelola keuangan usahanya dengan baik. Terkadang, mereka masih mencampur adukkan uang usaha dengan uang untuk keperluan pribadi. Padahal hal itu bisa membahayakan kondisi usaha.

Bagaimana melakukan manajemen keuangan pada bisnis online? Bisakah keuangan bisnis online dilakukan dengan memiliki pembukuan yang rapih? Tentunya hal itu bisa dilakukan, asal kita sebagai pelaku UKM mau melakukannya dengan benar dan konsisten.

Pengertian Manajemen Keuangan :

Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan. 

Tujuan Manajemen Keuangan :

Tujuan utama Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Fungsi Manajemen Keuangan :

Fungsi utama Manajemen Keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Planning atau Perencanaan Keuangan, meliputi Perencanaan Arus Kas dan Rugi Laba.
  2. Budgeting atau Anggaran, perencanaan penerimaan dan pengalokasian anggaran biaya secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.
  3. Controlling atau Pengendalian Keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan.
  4. Auditing atau Pemeriksaan Keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.
  5. Reporting atau Pelaporan Keuangan, menyediakan laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan. 

Manajemen Keuangan pada Bisnis Online

Rancang Keuangan

Baca Juga :

Cara Gampang Atur Keuanganan Bagi Pelaku UKM

Merancang keuangan usaha adalah hal yang harus dilakukan pertama kali oleh para pebisnis online. Mereka harus merancang keuangan bisnis yang mereka jalanakn. Jika Anda baru pertama kali menjalankan usaha, hal ini bisa dengan mudah dilakukan.

Pertama, Anda harus pisahkan uang operasional untuk usaha yang akan Anda jalankan. Berapa biaya yang akan Anda keluarkan, baik untuk modal awal, untuk membeli peralatan usaha, dan membeli bahan baku atau produk dari supplier.

Setelah hal itu dilakukan, saatnya Anda merancang manajemen keuangan lebih baik lagi dengan menentukan berapa persentase keuntungan yang ingin di dapatkan dalam satu bulan, triwulan, per semester maupun pertahun. Anda harus mengetahui hal ini dengan baik dan benar.

Kumpulkan Semua Bukti Transaksi

Baca Juga :

5 Bukti Transaksi Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Pengusaha UKM

Ini yang sering sekali diabaikan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Mereka selalu menaruh asal atau tak peduli bukti transaksi. Baik itu invoice, kwitansi, dan bukti transaksi lainnya. Padahal dalam manajemen keuangan pada bisnis online, bukti transaksi adalah hal wajib yang harus disimpan.

Kenapa bukti transaksi penting? Bukti transaksi seperti invoice, faktur, dan kwitansi adalah alat bukti bahwa sebuah transaksi sudah dinyatakan secara sah. Tanpa ada semua itu, maka transaksi tidak bisa dikatakan sudah sah. Simpanlah semua bukti transaksi. Seperti invoice dari supplier, dan juga resi pengiriman yang biasanya wajib dimiliki oleh pebisnis online di Indonesia.

Negosiasi Penawaran

Ketika Anda berdagang online, pastinya Anda akan mencari supplier yang akan menyediakan barang untuk Anda. Tentunya akan banyak supplier yang menawarkan produk untuk Anda. Mungkin juga Anda yang mencari supplier.

Baca Juga :

Ganti Tahun Jangan Cuma Ganti Supplier Tapi Ganti Juga Aplikasi Pembukuan

Ketika Anda mencari supplier, Anda pun harus pintar dalam bernegosiasi dengan supplier maupun dengan customer. Dengan bernegosiasi, Anda akan bisa mengetahui berapa pengeluaran yang akan Anda keluarkan. Harga barang yang Anda beli dan jual, sangat mempengaruhi terhadap manajemen keuangan Anda. Negosiasi adalah hal penting dalam manajemen keuangan pada bisnis online agar bisa mengatur keuangan usaha dengan benar dan baik.

Bayar Seluruh Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan terkadang sesuatu yang berat buat para pebisnis. Meskipun itu merupakan kewajiban seorang pebisnis. Beberapa tagihan seperti listrik, air, telepon, dan juga internet. Bayarlah semua tagihan dengan baik dan benar. Jangan sampai Anda telat membayar, hal itu akan menyebabkan Anda harus membayar denda yang bisa mempengaruhi keuangan usaha. Sebaiknya, bayarlah semua tagihan tepat waktu.

Kelola Arus Kas

Ketika Anda berbisnis, jangan hanya fokus pada keuntungan. Anda harus mencoba untuk mengelola seluruh hal yang berkaitan dengan keuangan usaha. Layaknya hutang, piutang, dan persediaan barang pun harus dikelola dengan baik. Manajemen keuangan pada bisnis online harus memperhatikan arus kas. Hal ini dilakukan agar para pengusaha bisa mengetahui mengelola arus kas. Dan keputusan apa yang harus diambil untuk perkembangan dan keberhasilan usaha.

Jangan Lupa Pembukuan Usaha

Baca Juga :

Pembukuan Akan Mencerminkan Posisi Keuangan Suatu Usaha

Bagaimanakah Membuat Pembukuan Usaha Yang Sesuai Dengan Standar Akuntansi Keuangan

Di era teknologi ini, para pengusaha di tuntut harus bergerak dengan cepat, tidak hanya dalam hal pengembangan produk tetapi dalam hal pembukuan keuangan. Dimana dengan memiliki pembukuan yang rapih merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Dengan memiliki pembukuan keuangan, para pemilik usaha dapat melihat dan mengambil keputusan yang cepat dan tepat mengenai kelangsungan hidup perusahaannya. Namun kendala yang sering ditemukan yakni ketidakpahaman dan ketidaktahuan pelaku usaha terhadap pembukuan itu sendiri, terutama para pengusaha UKM. Mungkin, jika perusahaan besar masalah keuangan sudah ia serahkan kepada para akuntan yang mereka pekerjakan di perusahaan. Berbeda dengan UKM dimana pengusaha belum memiliki kemampuan mengenai akuntansi serta tidak memiliki orang khusus untuk mengurusi pembukuan.

Pelaku UMKM sering merasa tidak mampu dalam menyediakan SDM yang bisa mengurusi keuangan usaha mereka. Sebab, sebagian besar pelaku UMKM mengelola keuangan usaha secara mandiri, tanpa meminta bantuan orang lain untuk mengurusi pembukuan keuangan usaha mereka. Dan hal ini yang merupakan kendala utama yang sering dihadapi oleh para pengusaha, selain masalah permodalan. Mungkin para pemilik perusahaan sering merasakan jualan laris. Tetapi mengapa seperti tidak ada keuntungannya.

Anda harus bisa mencatat semua transaksi keuangan, bisnis. Adanya pembukuan pun bisa menjadi alat evaluasi Anda terhadap bisnis yang dijalankan. Manajemen keuangan pada bisnis online dengan pembukuan usaha adalah hal yang wajib dilakukan oleh pengusaha online yang ada di Indonesia. Memang hal ini cukup sulit buat para pengusaha online yang tidak memiliki kemampuan akuntansi. Padahal akuntansi sangat penting dilakukan, meskipun usaha Anda masih dalam skala yang kecil. Namun perkembangan zaman tentunya memudahkan para pengusaha online di Indonesia untuk bisa mengelola manajemen keuangan pada bisnis online miliknya dengan sebaik mungkin.

Salah satu caranya adalah dengan aplikasi akuntansi Accurate Online. Agar pembukuan usaha Anda bisa lebih rapih dan manajemen keuangan pada bisnis online Anda bisa dilakukan lebih baik. Sebaiknya Anda menggunakan aplikasi akuntansi Accurate Online.

Dengan data yang tersimpan dengan aman, sebab Accurate Online merupakan aplikasi berbasis cloud. Selain itu, Anda juga bisa meng-import faktur penjualan di akun marketplace (Shopee, dan Tokopedia). Sehingga Anda tidak perlu lagi meinput transaksi yang terjadi di Marketplace ke pencatatan akuntansi usaha Anda. Dapatkan Accurate Online langsung disini dengan harga yang sesuai dengan pebisnis online.

Sumber artikel :

https://www.kembar.pro/2015/03/pengertian-fungsi-dan-tujuan-manajemen-keuangan.html

http://solusiukm.com/6-cara-mudah-manajemen-keuangan-pada-bisnis-online/

By |2019-09-06T08:19:45+00:00September 6th, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment