Jangan Panik! Bila Bisnis Anda Sedang Sepi, Berikut Tips Untuk Mengatasinya

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Jangan Panik! Bila Bisnis Anda Sedang Sepi, Berikut Tips Untuk Mengatasinya

Jangan Panik! Bila Bisnis Anda Sedang Sepi, Berikut Tips Untuk Mengatasinya

Urusan bisnis yang Anda jalankan tentu tak selalu berlangsung mulus. Ada saja masalah yang bisa terjadi saat berbisnis. Salah satunya adalah bisnis sepi. Masalah bisnis sepi yang lumrah tetap harus ditangani secara serius. Agar tidak menyebabkan penurunan omset secara berkepanjangan. Jadi, jangan panik bila bisnis Anda sedang sepi.

Beberapa solusi berikut bisa segera Anda lakukan untuk mengatasinya:

Mengurangi Kapasitas Produksi

Kapasitas produksi sebaiknya selalu disesuaikan dengan kondisi bisnis. Saat bisnis sedang sepi, Anda bisa memutuskan untuk mengurangi kapasitas produksi. Sehingga persediaan produk tidak menumpuk. Terutama jika produk Anda tidak dapat disimpan dalam waktu lama. Alangkah lebih baik jika Anda menghemat bahan baku agar bisa digunakan ketika bisnis sedang ramai.

Menghemat Biaya Produksi untuk Sementara Waktu

Bisnis yang sedang sepi pasti akan menyebabkan omset jadi menurun. Oleh sebab itu, Anda harus teliti melakukan penghematan biaya produksi. Agar biaya yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan pendapatan. Proses pengontrolan biaya produksi akan berlangsung lebih mudah kalau Anda menggunakan software Accurate Online. Karena software pembukuan yang satu ini bisa dikelola secara praktis dan memiliki metode penyimpanan berbasis cloud. Jadi Anda bisa mudah mengelola keuangan dengan menggunakan jaringan internet. Proses evaluasi biaya produksi akan semakin mudah jika data-data laporan keuangannya tersimpan dan tercatat rapi sejak awal.

Bahkan, Anda juga bisa memeriksa urusan keuangan lainnya berupa aset, utang piutang, dan persediaan barang melalui Accurate Online. Urusan laporan keuangan akan semakin sistematis dan mudah dikelola sejak Anda menggunakan Accurate Online untuk bisnis Anda. Saat ini Accurate Online juga sangat cocok bagi pengusaha online. Kenapa? Karena Accurate Online memiliki fitur smartlink e-commerce yang sudah terintegrasi dengan tiga marketplace besar di Indonesia yakni Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee.

Ketika Anda memproduksi produk dan menjualnya di tiga marketplace tersebut, Anda dengan mudah bisa mengimport transaksi penjualan yang sudah selesai menjadi faktur penjualan pada AOL. Sehingga Anda tidak perlu dua kali kerja untuk membuat catatan faktur penjualan.

Oh iya sekalian saja mimin info, selama bulan Oktober ini. Accurate Online Sale Party dalam rangka ulang tahun Accurate yang ke 20 tahun. Diskonnya Berupa FREE 6 USER tambahan dan POTONGAN HARGA HINGGA 2 JUTA. WOW banget khan. Nah informasi mengenai promonya apa saja dan cara pemesanannya bagaimana. Langsung aja klik gambar dibawah ini yah gaess…

Jangan Malas Berinovasi

Persaingan bisnis yang ketat akan membuat bisnis Anda mudah sepi jika Anda malas berinovasi. Jadi, sebaiknya Anda melakukan inovasi secara teratur. Mulailah mengikuti tren pasar untuk mencari tahu selera terbaru yang sedang digandrungi masyarakat. Dengan demikian, Anda bisa membuat modifikasi produk sesuai tren. Inovasi yang istimewa pasti akan membuat pelanggan senantiasa tertarik dengan bisnis Anda.

Lebih Gencar Berpromosi

Baca Juga :

Ini Penyebabnya Dulu Bisnis Laku Tapi Sekarang Tidak

Keberhasilan bisnis tentu tak lepas dari upaya promosi. Bisnis sebesar apa pun tetap membutuhkan promosi untuk mempertahankan eksistensi sekaligus memenangkan persaingan pasar. Kini, Anda bisa mencoba berbagai cara promosi yang kreatif. Selain promosi konvensional dengan memberikan diskon atau penawaran menarik lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial.

Banyak bisnis modern yang menggunakan media sosial untuk membangun personal branding sekaligus melakukan promosi secara intensif. Konten yang menarik dan kekinian merupakan salah satu cara efektif untuk menarik perhatian para pengguna internet. Melalui media sosial, Anda juga bisa memberikan giveaway untuk para followers. Biasanya giveaway merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan popularitas bisnis di media sosial.

Melakukan Evaluasi Bisnis

Kadang kala, bisnis yang sepi tak hanya disebabkan oleh daya beli masyarakat yang menurun. Kualitas produk dan pelayanan yang menurun juga bisa menjadi penyebab bisnis sepi. Ketika bisnis Anda mulai sepi, sebaiknya Anda segera melakukan evaluasi bisnis secara menyeluruh. Anda wajib memastikan bahwa kualitas produk dan pelayanan bisnis Anda senantiasa prima.

Tak ada salahnya untuk meminta pendapat dari para staf yang bekerja dengan Anda. Terutama para staf yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Pendapat, kritik, dan saran dari para staf bisa menjadi masukan bermanfaat bagi Anda. Sehingga Anda tak kesulitan memperbaiki bisnis sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Proses evaluasi secara teratur akan meningkatkan kualitas bisnis Anda secara berkesinambungan.

Pikirkan Strategi Lain

Baca Juga :

Ini Dia Cara Ampuh Untuk Promosi Bisnis Di Era Digital

Memanfaatkan Instastory Instagram Untuk Mendukung Kesuksesan Bisnis

Tidak ada salahnya ketika bisnis Anda sepi pembeli, omzet turun, dan membuat bisnis sulit. Sehingga membuat bisnis Anda tidak berkembang dalam beberapa tahun ini. Mengganti strategi akan memudahkan Anda dalam menemukan cara lain untuk mengembangkan bisnis lebih pesat lagi.

Mungkin Anda harus melakukan pengembangan-pengembangan bisnis. Seperti adanya perubahan pola belanja masyarakat saat ini. Yang tadinya mereka belanja datang ke toko, mungkin sekarang Anda harus melakukan inovasi baru seperti berjualan via marketplace dan berjualan secara online akan lebih menarik.

Fokus Pada Tren Market

Baca Juga :

Alasan Pelaku Bisnis Harus Megikuti Tren Generasi Z

Bisnis sepi bisa jadi dikarenakan Anda tidak fokus pada tren market yang sedang berkembang saat ini. Tren market cukup penting, untuk mengetahui jenis produk apa yang sedang tren dan yang sudah tidak disukai oleh masyarakat saat ini. Cara ceknya bisa melihat dari hashtag di Instagram atau menggunakan Google tren yang paling umum di coba oleh pemilik bisnis.

Mungkin produk yang Anda jual saat ini sudah tidak begitu disukai pasar. Bisa juga cara pemasaran Anda sudah ketinggalan zaman dan tidak langsung berdampak pada calon-calon customer. Mungkin Anda harus melakukan cara terbaru untuk mengikuti tren market.

Jangan Lupakan Kualitas Produk

Ketika bisnis sepi dan Anda merasa tidak semangat, cobalah untuk jangan pernah melupakan kualitas produk dari bisnis Anda. Coba Anda bandingkan bisnis Anda dengan kompetitor. Bagaimana kompetitor menjalankan bisnisnya. Meskipun Anda menjual produk dengan harga lebih murah, Anda juga harus berpikir bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas produk. Terkadang konsumen tidak hanya fokus pada harga murah saja, namun mereka juga akan memperhatikan kualitas harga.

Meningkatkan Pelayanan

Salah satu yang mungkin terjadi tetapi jarang di sadari oleh pemilik bisnis adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Konsumen sangat senang jika pelayanan dari satu produk atau jasa lebih baik dibandingkan dengan produk atau jasa sejenis lainnya, meskipun harganya akan lebih mahal dari pada yang lain.

Meskipun konsumen yang ingin menggunakan produk atau jasa kita merupakan orang yang tidak kita sukai. Seperti konsumen yang bawel, suka marah. Namun kesemua itu, harus kita hargai sikap mereka dan tetap berikan pelayanan terbaik. Mungkin dengan cara seperti itu, hatinya akan luluh dan ia bisa membantu meningkatkan omzet pada bisnis Anda.

Berpikir Positif Dan Berdoa

Ketika bisnis sepi, kita akan merasa kehilangan kepercayaan diri dan tidak semangat untuk melakukan apapun. Cara terbaik untuk bisa kembali semangat adalah dengan berpikir positif dan juga terus berdoa kepada Tuhan. Yakinlah semua ini merupakan pemberian Tuhan.

Mungkin saja sepinya bisnis, dikarenakan diri kita yang sudah jauh dari Tuhan dan tidak bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Lakukan lah peningkatan ibadah. Meskipun usaha sudah ramai, teruslah beribadah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis Anda.

Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi cara terbaik untuk menghadapi masa-masa sepi dan masa-masa sulit dalam berbisnis. Semua bisa terlewati dengan baik, jika Anda yakin bahwa ini hanya sementara. Asal Anda terus berubah dan keluarlah dari zona nyaman.

Pernah punya pengalaman tak menyenangkan dengan bisnis yang sepi?

Jadikan pengalaman berharga tersebut sebagai bahan pembelajaran. Agar Anda tak mengalaminya lagi di masa mendatang. Selamat berbisnis!

By |2019-10-03T05:52:12+00:00October 3rd, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment