Mudahnya Pengelolaan Pengaturan Pemasok Pada Accurate Online

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Mudahnya Pengelolaan Pengaturan Pemasok Pada Accurate Online

Mudahnya Pengelolaan Pengaturan Pemasok Pada Accurate Online

Dalam suatu bisnis tidak lepas dari dua hal yaitu Pemasok (supplier) dan customer. Semuanya pasti ada ketergantungan satu sama lainnya. Terutama bagi kamu yang bisnisnya dalam hal pengadaan, seperti jadi agen sembako, distributor makanan dan pakaian. Maka peran pemasok berperan penting disini terutama dalam ketersediaan produk yang akan dijual. Nah untuk menemukan pemasok dalam bisnis itu tidak mudah alias cocok-cocokkan.

Pengelolaan dan pengaturan pemasok akan berhubungan dengan stok dan Anda akan membutuhkan sistem yang dapat mengelola hal itu secara bersamaan dengan benar.

Jika Anda menggunakan Accurate Online, Anda bisa memasukan data pemasok baru kedalam database. Baik melalui  impor data pemasok pada saat Anda melakukan setup awal bisa juga melalui menu pembelian.

Tidak hanya menambahkan data pemasok, dengan Accurate Online, Anda bisa mengatur kategori pemasok untuk mengatur pengelompokan pemasok menjadi kategori dan sub kategori tertentu. Contoh Anda memiliki pemasok kategori lokal, lalu memiliki subkategori Jawa, Bali, Sumatera, dan sebagainya.

Baca Juga :

Berikut Beberapa Tips Dalam Mencari Supplier Dalam Bisnis

Dengan adanya fitur kategori pemasok akan memudahkan Anda ketika ingin menerapkan suatu kebijakan atau keputusan. Contoh Anda ingin membuat kebijakan pembelian terhadap pemasok yang lokasinya dekat dengan gudang perusahaan, maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan data dan informasinya dengan cara melihat laporan daftar pemasok yang difilter menggunakan kategori pemasok.

Selain itu pada Accurate Online Anda juga bisa mengatur dan membuat harga pemasok. Harga Pemasok merupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk memasukan daftar harga barang dan jasa dari pemasok. Tujuannya untuk memudahkan bagian pembelian dalam memasukkan harga beli pemasok dan meminimalisir kemungkinan terjadinya kecurangan.

Dibawah ini adalah cara untuk menggunakan fitur-fitur tentang pengaturan pemasok pada Accurate Online.

Menambah Pemasok dan Membuat Kategori Pemasok

Membuat Kategori Pemasok

1. Klik menu Pembelian pilih opsi Kategori Pemasok

fitur accurate 5

Baca Juga :

Accurate Online Solusi Terbaik Pembukuan Toko Bangunan Anda

2. Pertama buatlah Induk dari Subkategori Pemasok yang akan Anda buat, dalam kasus ini kita buat berdasarkan kota besar di pulau Jawa, jadi kita buat terlebih dahulu induk kategori misalnya Jawa, lalu klik Simpan

kategori pemasok 2

3. Selanjutnya membuat Subkategori Pemasok, dengan nama Jakarta, lalu centang pada bagian Sub Kategori, kemudian pada field di sebelahnya pilih Jawa sebagai Induk Kategori, lalu klik Simpan. Lakukan langkah ini untuk subkategori yang lain, misal Semarang, Solo, Surabaya, dan seterusnya

kategori pemasok 3

4. Hasil dari Kategori dan Subkategori tadi seperti pada gambar di bawah ini

kategori pemasok 4

Menambahkan Pemasok

1. Klik menu Pembelian, lalu pilih opsi Pemasok

fitur accurate 3

2. Lengkapi kolom-kolom pada Data Pemasok Baru. Anda juga bisa melengkapi informasi lain pada tab kontak, pembelian, pajak, saldo dan lain-lain. Klik Simpan jika telah selesai

tambah pemasok 2

Penyesuaian Harga Pemasok

1. Klik menu Pembelian pilh opsi Harga Pemasok

harga pemasok 1

2. Lengkapi field Nama Pemasok, Mulai Berlaku dan Mata Uang. Kemudian pada bagian Cari/Pilih, masukan nama barang yang akan dimasukan daftar harganya.

harga pemasok 2

3. Setelah memilih barang, tentukan harga barunya spt pada gambar di bawah ini, lalu klik Simpan. Lakukan langkah nomor 2 dan langkah ini untuk memasukan barang & jasa selanjutnya

fitur accurate

4. Untuk melihat daftar Harga Pemasok yang telah Anda buat, klik tombol yang diberi tanda lingkaran

fitur accurate 2

Kesimpulan

Dengan adanya fitur pengaturan pemasok dan penyesuaian harga pemasok pada Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pemantauan terhadap tiap pemasok dan juga harga yang diberikan pada usaha Anda. Hal ini akan membuat usaha Anda bisa lebih terpercaya di mata pemasok dan akan menimbulkan kesalingtergantunga yang baik usaha Anda.

Dengan Accurate Online pengelolaan usaha Anda akan menjadi lebih baik, tidak hanya untuk pembukuan bisnis, namun juga untuk pemantauan stok dan juga hubungan Anda dengan pihak eksternal, termasuk pada pemasok Anda.

Bagi Anda yang belum menggunakan Accurata Online, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

https://aboutaccurate.com/accurate-online-overview/

 

By |2019-10-30T04:33:50+00:00October 30th, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment