Pentingnya Memiliki Laporan Laba Rugi Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Bisnis

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Pentingnya Memiliki Laporan Laba Rugi Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Bisnis

Pentingnya Memiliki Laporan Laba Rugi Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Bisnis

Setelah memahami neraca keuangan dan mampu membuat saldo awal, maka selanjutnya kita perlu membuat laporan laba rugi, yang merupakan bagian dari laporan keuangan. Akhir tahun sudah didepan mata, tak terasa sudah memasuki akhir tahun. Biasanya perusahaan akan memasuki masa-masa sibuk untuk menyiapkan laporan keuangan

Baca Juga :

Laporan Keuangan Apa Saja Yang Wajib Disiapkan Pengusaha UKM Menjelang Akhir Tahun

Mau Tahu Cara Mudah Memahami Neraca Bagi Pebisnis UKM

Laporan laba rugi adalah suatu laporan keuangan yang di dalamnya menjelaskan tentang kinerja keuangan suatu entitas bisnis dalam satu periode akuntansi. Laporan laba rugi (income statement) suatu entitas bisnis sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan perusahan, apakah memperoleh laba selama menjalankan usaha atau justru merugi.

Fungsi dan Tujuan Laporan Laba Rugi

Penyusunan laporan laba rugi tentunya memiliki tujuan karena akan dibutuhkan oleh berbagai divisi di suatu perusahaan. Adapun beberapa fungsi dan tujuan dibuatnya laporan laba rugi adalah sebagai berikut :

  • Untuk memberikan informasi mengenai jumlah total pajak yang harus dibayarkan oleh suatu entitas bisnis.
  • Untuk memberikan informasi mengenai kondisi suatu perusahaan, apakah memperoleh laba atau merugi pada setiap periode akuntansi.
  • Menjadi bahan referensi untuk evaluasi pihak manajemen perusahaan untuk menentukan berbagai langkah yang harus diambil di periode berikutnya.
  • Menjadi sumber informasi mengenai tingkat keberhasilan perusahaan dalam menentukan besaran biaya perusahaan.
  • Membantu proses analisis usaha sehingga dapat mengukur perkembangan suatu entitas bisnis.
  • Menjadi acuan perusahaan dalam upaya pengembangan bisnis bila ingin meningkatkan perolehan laba.
  • Membantu proses analisis strategi perusahaan untuk mengetahui tingkat keberhasilan strategi bisnis yang telah diterapkan sebelumnya dalam mencapai goal perusahaan.
  • Menjadi cerminan profil suatu entitas bisnis bagi calon investor maupun kreditur yang akan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan tersebut.

Elemen Dalam Laporan Laba Rugi

Dalam penyusunan income statement terdapat 4 elemen penting. Adapaun elemen-elemen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pendapatan (revenue), yaitu pemasukan atau penambahan aktiva lainnya dari suatu entitas bisnis.
  2. Kewajiban (expense), yaitu pengeluaran atau penggunaan aktiva dari suatu perusahaan.
  3. Keuntungan (profit), yaitu penambahan ekuitas karena terjadinya transaksi periferal perusahaan, atau investasi dari pemilik usaha.
  4. Kerugian (loss), yaitu penurunan ekuitas karena terjadinya transaksi periferal perusahaan.

Contoh Laporan Laba- Rugi :

Kenapa Harus Ada Laporan Laba Rugi ?

Laporan laba rugi adalah laporan yang digunakan untuk melihat keberhasilan jalannya operasional bisnis yang kamu kelola. Dalam laporan laba rugi akan wajib menampilkan jenis-jenis pendapatan serta apa saja beban perusahaan.

Dengan menampilkan jenis-jenis pendapatan, kamu akan mengetahui apakah bisnis yang kamu jalankan selama ini mendapatkan rugi ataupun untung.

Para akuntan menganggap bahwa menyusun laporan laba rugi hanya mengutip saldo yang ada di akun pendapatan dan beban pada kolom laba rugi di neraca lajur, sehingga mudah dilakukan.

Jika tidak ada laporan laba rugi, Anda tentunya akan sulit untuk memandang satu persatu transaksi dari awal hingga akhir periode akuntansi. Dengan laporan laba rugi tentunya semua catatan keuangan bisa diringkas dengan mudah dan dipahami oleh Anda.

Kamu tak perlu takut lagi, karena kamu bisa menggunakan platform pembukuan Accurate Online untuk resolusi pembukuan bisnis kamu. Accurate Online merupakan platform pembukuan yang bisa digunakan oleh berbagai jenis bidang usaha, baik itu retail maupun jasa. Yang dapat membantu kamu dalam membuat dan merapihkan semua laporan keuangan perusahaan secara cepat, tepat dan realtime.

Jadi jika ada yang mudah, kenapa harus dipersulit? Yuks coba Accurate Online sekarang, gratis selama 30 hari loh! Langsung saja klik disini.

By |2019-11-05T08:05:32+00:00November 5th, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment