Berikut Tips Untuk Membangun Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Berikut Tips Untuk Membangun Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula

Berikut Tips Untuk Membangun Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula

Bisnis kedai kopi atau coffee shop mulai menjamur belakangan ini. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah masyarakat penyuka kumpul-kumpul dan menikmati kopi bersama teman. Maka dari itu, kedai kopi bisa menjadi tempat mereka bercengkrama bersama teman atau keluarga. Karena kopi adalah salah satu minuman yang menjadi ciri khas dari Indonesia, yang disukai oleh semua kalangan.

Bagi pemilik usaha sendiri, ini bisa menjadi arena mendulang rupiah yang lumayan menguntungkan. Apalagi jika kedai yang dikelola memiliki fasilitas lengkap. Bukan tidak mungkin, puluhan juta bisa didapatkan hanya dalam waktu sehari saja. Atas dasar itulah, pada artikel berikut ini akan dijelaskan alasan mengapa kedai kopi menguntungkan. Sedangkan di akhir nanti, akan diurai cara memulai bisnisnya.

Baca Juga :

Janan Panik Bila Bisnis Sedang Sepi Berikut Tips Mengatasinya

Alasan Kenapa Bisnis Kedai Kopi Menguntungkan

Tentu ada alasan mengapa menjamurnya kedai kopi belakangan ini.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa membangun kedai kopi menjadi plilihan bisnis yang menguntungkan.

1. Kopi Adalah Teman Terbaik Untuk Ngobrol

Alasan yang pertama ialah, karena kopi adalah teman terbaik untuk ngobrol. Maka dari itu, membuka usaha di bidang ini, bakal menarik minat pengunjung yang memang hanya ingin ngobrol di tempat tersebut.

Karena penyuka kopi saat berbincang cukup banyak, tentu pengunjung kedai kopi juga relatif berlipat ganda dibandingkan usaha jenis yang lain. Nah, dari sanalah keuntungan bisa didapatkan pebisnis.

2. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Alasan bisnis ini menguntungkan selanjutnya ialah modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sehingga profit yang didapatkan jauh lebih banyak. Modal tertinggi, paling untuk menyediakan tempat. Karena pebisnis harus menyewa tanah serta mengeluarkan biaya untuk mendirikan bangunan.

Sedangkan untuk menu sendiri, modal yang dibutuhkan tidak sebesar restoran penyedia makanan berat. Karena yang perlu dipersiapkan hanya camilan dan berbagai jenis minuman saja. Sedangkan menu berbagai variasi kopi juga tidak membutuhkan biaya besar.

3. Pelanggan Menjangkau Semua Kalangan

Baca Juga :

Ini Loh Trik Mencegah Pelanggan Lari Ke Toko Sebelah

Restoran penyedia makanan berat, terkadang hanya menjangkau kalangan tertentu saja. Apalagi jika menu yang dihadirkan berharga mahal. Sebaliknya, bisnis kedai kopi menguntungkan karena pelanggannya lintas kalangan. Jangankan orang tua, para pemuda dan pemudi juga menyukainya.

Karena hal inilah, peluang mendapatkan profit tinggi sangat besar. Apalagi jika desain ruang dan fasilitasnya memang digemari oleh semua pelanggan seperti wifi, taman bunga dan sebagainya.

4. Harga Menu Murah Meriah

Bisnis ini menguntungkan karena harga menu murah meriah. Sehingga permintaan pelanggan sangat banyak yang membuat menu laris manis. Di dalam teori ekonomi, semakin banyak permintaan, produk juga berlimpah, tentu keuntungan akan diterima pebisnis.

Karena hal inilah, sekalipun harga murah, tetapi menu laris, keuntungan bagi pemilik kedai tentu juga berlipat ganda. Maka dari itu, ini juga menjadi alasan mengapa bisnis jualan kopi sangat menguntungkan.

Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi Sederhana

Setelah Anda tahu keuntungan membuka kedai kopi, tentu keinginan untuk berbisnis di bidang tersebut sangat besar. Maka dari itu, di bawah ini kami jelaskan cara untuk memulainya. Berikut cara yang dimaksud:

1. Persiapkan Modal Awal

Cara berbisnis kedai kopi yang pertama ialah silakan persiapkan modal awal. Yang perlu dimasukkan adalah pembiayaan pembangunan gedung, fasilitas serta menu untuk beberapa bulan.

Untuk mendapatkan nominal yang tepat, silakan lakukan survei terlebih dahulu kepada pebisnis yang lebih dulu sukses. Jangan malu untuk bertanya besaran modal yang mereka gunakan di awal usaha.

Jika semua modal sudah ditemukan, baru masuk ke tahap selanjutnya, yaitu mencari lokasi strategis untuk membangun usaha.

2. Mencari Lokasi Kedai yang Tepat

Lokasi yang dimaksud tidak hanya di pinggir jalan utama. Tetapi paling tidak, pilih yang minim persaingan, berada di lokasi yang indah dan sejuk serta berdekatan dengan pemukiman.

Jika lokasi semacam ini sudah ditemukan, langsung bangun kedai sesuai dengan modal yang sudah dipersiapkan. Silakan lengkapi fasilitas wifi, bangun taman bunga di sekitar kedai serta kolam kecil yang membuat suasana lebih nyaman.

3. Ajak Tenaga Kerja yang sudah Berkompeten dan Berpengalaman

Untuk pengusaha pemula bisnis kedai kopi sederhana, mungkin bisa mengajak anggota keluarga. Tetapi jika sudah berkembang, maka pebisnis perlu mencari tenaga kerja dari luar yang memang profesional dan memiliki pengalaman membuat racikan kopi terbaik

Percayakan pada mereka tugas untuk memasak, peracikan kopi atau barista, melayani pelanggan, menjadi tenaga kebersihan dan lain lain.

Baca Juga :

Aplikasi Pembukuan Untuk Mengelola Stok Barang & Keuangan Bisnis Online Shop Kamu

4. Lakukan Pencatatan Pengeluaran dan Pemasukan secara Terperinci

Setiap bisnis yang baik bermula dari laporan pemasukan dan pengeluaran yang teratur. Catat semua pengeluaran dan pemasukan yang terjadi pada bisnis kedai kopi Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk membuat laporan keuangan dan membuat Anda bisa membuat menu baru dan mengganti menu yang kurang laku berdasarkan laporan keuangan tersebut.

Jika transaksi di toko Anda sudah cukup banyak dan kompleks, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk pembukuan yang lebih efisien.

Gunakanlah Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi dengan fitur terlengkap dan harga terjangkau yang cocok untuk setiap bisnis di Indonesia.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini. 

By |2019-11-28T06:09:48+00:00November 28th, 2019|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment