Accurate Online ada Fitur Pengunduran Diri pada Formulir Karyawan

Accurate Online ada Fitur Pengunduran Diri pada Formulir Karyawan

Dalam dunia kerja, keluar masuk karyawan di sebuah perusahaan menjadi pemandangan lumrah. Ada yang resign atau mengundurkan diri, kemudian ada yang menggantikan. Perkembangannya begitu cepat, terutama karyawan yang resign.

Baca Juga :

Berikut Beberapa Alasan Karyawan Resign Dari Perusahaan, Kamu Yang Mana ?

Mudahnya Menghitung Gaji & Tunjangan Karyawan Lewat Fitur Karyawan Accurate Online

Karyawan yang hendak resign untuk alasan berpindah pekerjaan wajib mengikuti 3 tahapan ini. Apa saja?

Jika berdasar pada Pasal 162 ayat 3 UU No. 13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan yang secara khusus mengatur pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan alasan pengunduran diri atas kemauan sendiri, maka karyawan yang resign wajib melewati setidaknya 3 tahapan.

  • Pertama, karyawan wajib mengajukan surat pengunduran diri ke perusahaan lama 30 hari sebelumnya.
  • Kedua, karyawan yang hendak resign atas keinginan sendiri maka wajib menuntaskan segala jenis tugas dan tanggung jawab di perusahaan lama dan yakin betul bahwa sudah tak terikat ikatan dinas.
  • Ketiga, karyawan yang hendak resign wajib melaksanakan tugas sebagai karyawan di perusahaan lama sampai tanggal efektif pengunduran diri.Jika Anda sudah setidaknya melewati 3 tahapan di atas, maka sepantasnya Anda bisa resign atau mengundurkan diri dari perusahaan dan memulai karir di perusahaan terbaru.

Pada formulir Karyawan pada tab Pajak Penghasilan ada informasi fitur Pengunduran Diri’. Fitur ini berfungsi untuk menghitung nilai PPh 21 yang akan dikembalikan ke karyawan yang mengundurkan diri di tengah tahun pajak (jika ada), yaitu jika PPh 21 yang dipotong oleh perusahaan lebih besar dari PPh 21 yang terhutang.

Berikut ini langkah-langkah pencatatan serta perhitungannya di Accurate Online :

  1. Masuk ke menu Perusahaan | Karyawan
  2. Pilih nama Karyawan yang bersangkutan, kemudian ke tab Pajak Penghasilan
  3. Centang pada informasi “Pengunduran Diri” dan isikan dengan periode bulan terakhir dimana karyawan tersebut menerima gaji dari perusahaan anda. Misalnya karyawan efektif tidak bekerja di perusahaan anda pada bulan Mei 2017 dan terakhir menerima gaji adalah di bulan April 2017, maka isikan periode-nya dengan bulan April 2017.

Pengaturan Periode Pengunduran Diri dari Karyawan

Pengaturan Periode Pengunduran Diri dari Karyawan

  1. Dan saat pencatatan gaji atas karyawan yang mengundurkan diri tersebut di bulan April 2017, jika ada PPh 21 yang dikembalikan, maka akan ada informasi Kelebihan Pajak’ atas karyawan tersebut.

Perhitungan Nilai Kelebihan Pajak PPh 21 yang akan dikembalikan ke karyawan

Perhitungan Nilai Kelebihan Pajak PPh 21 yang akan dikembalikan ke karyawan

  • Nilai Kelebihan Pajak tersebut dihitung dengan perhitungan berikut ini :

Perhitungan Kelebihan Pajak PPh 21

Perhitungan Kelebihan Pajak PPh 21

Available for Accurate Online

Untuk menghindari adanya kesalahan dalam perhitungan PPh 21, ada baiknya perusahaan menggunakan software akuntansi yang akan membantu memastikan pelaporan pajak berjalan dengan lancar.

Baca Juga :

Pencatatan PPh 21 Metode Gross Up Pada Accurate Online

Salah satunya adalah dengan menggunakan Accurate Online. Sebagai software pembukuan terbaik di Indonesia, Accurate Online selalu mengahdirkan fitur yang berguna untuk setiap pengguna. Dengan fitur karyawan ini, Anda bisa mengatur semua informasi bisnis  dalam satu tools secara mudah dan praktis.

Lakukan pengembangan bisnis lebih mudah dan cepat dengan Accurate Online bersama 300.000 pengguna Accurate Online lainnya.  Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara Gratis selama 30 hari melalui link ini. 

About the Author:

Rika

Leave A Comment