Sebagian dari Anda pasti pernah melihat atau mendengar tentang istilah rekening koran yang berkaitan dengan perbankan. Rekening koran bisa saja diminta oleh perusahaan tempat Anda bekerja atau untuk syarat mendapatkan visa ke luar negeri.

Baca Juga :

Mudahnya Proses Rekonsiliasi Bank Dengan Fitur Smartlink E-Banking Accurate Online

Berikut Tips Mudah Membuat Laporan Keuangan Yang Benar 

Pengertian rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening, dapat berupa rekening milik individu maupun rekening milik badan usaha. Data yang terlampir pada sebuah rekening koran yang tercetak adalah rincian mengenai alur debit dan kredit, termasuk dari dana hasil transfer masuk atau keluar.

Sebelum perkembangan teknologi seperti saat ini, nasabah dulunya hanya dapat mengecek seluruh rincian data transaksi rekeningnya dari rekening koran. Adapun ketentuan atau sistem tentang percetakan atau pemberitahuan mengenai rekening koran di setiap bank bisa berbeda-beda.

Tapi sekarang ini, nasabah sudah dapat mengakses transaksi keuangan dengan sistem online. Nasabah bisa melihat keseluruhan daftar transaksi hingga mutasi rekening melalui mobile applicationwebsite bank, atau melalui mesin ATM. Nah sekarang tidak perlu repot lagi, karena di Accurate Online sudah ada fitur untuk Rekening koran. Rekeneing Koran adalah menu untuk menampilkan transaksi mutasi akun Bank yang telah didaftarkan internet banking-nya di Accurate Online.

Melihat Rekening Koran

Cara membuka & mengimport Rekening Koran di Accurate Online :

1. Masuk ke menu Kas & Bank, kemudian pilih rekening koran

11

2. Pada tampilan menu Rekening Koran, pilih nama Bank yang telah didaftarkan pada Internet Banking di AOL.

12

3. Informasi Mutasi Transaksi atas Bank tersebut akan tampil sesuai dengan filter tanggal yang anda pilih.

13
(Available for Aol Version)

Kegunaan dari Rekening Koran

1. Mengajukan Visa

Jika Anda ingin liburan atau dinas ke luar negeri, ada negara-negara yang mewajibkan Anda memiliki visa. Pada saat ini lah rekening koran mempunyai peranan. Ketika ingin mengajukan permohonan visa, Anda harus dapat membuktikan bahwa Anda mempunyai cukup dana sehingga tidak ngegembel di negara tujuan.

2. Mengetahui Ringkasan Transaksi

Fungsi rekening koran pada dasarnya sama seperti buku tabungan, yaitu menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu (umumnya 3 bulan). Informasi yang terdapat di rekening koran mengenai jumlah saldo awal-akhir bulan, arus debit-kredit, bunga bank, dan biaya administrasi. Rekening koran memiliki kelebihan, yakni bukan hanya mencantumkan tanggal, waktu seperti di buku tabungan, tapi juga pesan yang dicantumkan ketika transaksi dilakukan dan hal detail lainnya.

Baca Juga :

Fitur Transaksi Berulang Accurate Online Memberikan Kemudahan Dalam Bisnis

3. Menjadi Bukti Hukum

Benar, rekening koran bisa menjadi bukti hukum yang sah apabila suatu saat Anda terlibat perselisihan dengan pihak lain yang terkait dengan mutasi rekening. Contohnya saja ketika Anda yakin telah mengirimkan sejumlah uang untuk membayar pesanan pada sebuah toko online, namun pihak penjual belum ada uang terkirim atas nama rekening Anda, sehingga order Anda tidak dapat diproses. Maka rekening koran dapat membuktikannya.

Baca Juga :

Kamu Seorang Pengusaha UKM Berikut 5 Bukti Transaksi Yang Wajib Dimiliki

4. Mengajukan Pinjaman

Jika Anda sedang membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), pasti bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan. Contohnya fotokopi lembar rekening koran yang dikeluarkan bank.

5. Ikut Lelang

Bagi Anda yang tertarik ikut lelang, Anda juga akan diminta rekening koran Anda. Terutama lelang proyek milik swasta atau pemerintah. Peserta lelang wajib memberi bukti kepemilikan dana dengan menunjukkan jumlah saldo yang ada pada rekeningnya. Jangan lupa lampirkan rekening koran dalam dokumen persyaratan lelang.

6. Audit Keuangan Perusahaan

Sebagai perusahaan, rekening koran sangat penting. Fungsi rekening koran perusahaan ini adalah untuk melakukan rekap daftar keuangan, baik transaksi arus masuk dan keluar. Jadi apabila ada suatu hal yang tidak wajar pada transaksi rekening perusahaan, hal ini dapat segera diproses.

Baca Juga :

Accurate Promo Kabisat Cashback 100% Untuk Pembelian Accurate Online 1 Tahun

Jika Anda baru memulai bisnis, Anda bisa melakukan pembukuan secara manual, namun saat perputaran biaya dan transaksi semakin kompleks apalagi bingung dengan masalah pembukuan dan perpajakan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi cloud yang mempunyai fitur terlengkap dan dengan harga terjangkau. Hanya 200 ribu perbulan, Anda bisa menikmati pembukuan yang lebih mudah dan lebih baik.

Tunggu apa lagi? Yuk coba Accurate Online sekarang, gratis 30 hari!