Pencatatan Pengaturan PPh 22 Impor di Accurate Online

Pencatatan Pengaturan PPh 22 Impor di Accurate Online

PPh 22 Impor. Pengertian PPh 22 Impor adalah pajak penghasilan yang dibebankan kepada badan usaha tertentu, baik milik pemerintah (BUMN) ataupun pihak swasta, yang melakukan kegiatan perdagangan terkait ekspor, impor ataupun reimpor.

Baca Juga :

Bagaimana Pencatatan PPH Pasal 15 di Accurate Online

Pencatatan PPH 21 Metode Gross Up Pada Accurate Online

Peraturan mengenai PPh 22 impor dijelaskan dalam  Undang-undang no.36 tahun 2008. Undang-undang tersebut menyebutkan objek pajak PPh 22 impor adalah barang-barang yang dianggap menguntungkan. Baik penjual maupun pembeli sama-sama bisa mengambil keuntungan dari transaksi perdagangan tersebut.

Secara spesifik subjek pajak PPh pasal 22 adalah : 

  • Badan usaha yang bergerak dalam bidang industri semen, kertas, baja, otomotif dan farmasi 
  • Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM)
  • Produsen/ Importir Bahan Bakar Minyak
  • Badan Usaha yang bergerak dalam bidang usaha industri baja
  • Pedagang pengumpul (hasil hutan, pertanian dan perkebunan)

Tarif PPh 22 bervariasi tergantung dari pemungut serta objek dan jenis transaksinya. Untuk Perhitungan tarif khusus PPh22 impor adalah : 

  • Jika menggunakan Angka Pengenal Importir (API) = 2,5% x nilai impor 
  • Tarif PPh 22 Non API = 7,5% x nilai impor 
  • Tarif PPh 22 untuk impor yang tidak dikuasai = 7,5% x harga lelang 

Impor yang tidak dikuasai adalah barang import yang tidak bertuan/ tidak diketahui siapa pemiliknya. Hal ini bisa disebabkan pemilik sebenarnya/ importir tidak mengakui barang tersebut karena menganggap ada permasalahan dokumen, barang yang diimpor merupakan barang ilegal, atau sebab-sebab lain.

Baca Juga :

Berikut 3 Sistem Pemungutan Pajak di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Lapor SPT Pajak

Importir yang memiliki API adalah importir yang kegiatannya rutin dan sering melakukan perdagangan impor, sedangkan impor yang tidak memiliki API adalah importir yang tidak rutin melakukan impor. 

Lalu bagaimana pencatatannya didalam Accurate Online ?

Berikut ini langkah – langkah untuk mengatur pengenaan PPh 22 pada transaksi pembelian barang impor di Accurate Online :

  1. Mengatur akun PPh 22 pada menu Perusahaan | Pajak, cari PPh 22 kemudian isikan dengan akun yang sesuai (pastikan akun yang dibuat adalah dengan tipe akun Aset lancar lainnya) untuk akun pajak pembelian.
  2. Pada transaksi pembelian barang impor yaitu di Formulir Faktur Pembelian, pada tab Biaya Lainnya (simbol Rp), pilih akun PPh 22 Impor yang telah anda atur sebelumnya di menu Perusahaan | Pajak dan akan tampil informasi terkait PPh 22 Impor. Dalam 1 (satu) database, hanya bisa membuat 1 (satu) tipe pajak PPh 22 Impor.

Memilih Akun PPh 22 Impor pada transaksi Pembelian di Formulir Faktur Pembelian

Memilih Akun PPh 22 Impor pada transaksi Pembelian di Formulir Faktur Pembelian

  1. Isikan nilai PPh 22 Impor yang dikenakan pada bagian JUMLAH dan lengkapi informasi terkait PPh 22 Impor. Nilai PPh 22 Impor yang dikenakan perlu anda hitung sendiri, hal ini dikarenakan adanya perbedaan tarif antara pengusaha yang merupakan anggota API dengan yang bukan. Kemudian klik Lanjut.

Isikan nilai serta lengkapi informasi terkait PPh 22 Impor

Isikan nilai serta lengkapi informasi terkait PPh 22 Impor

  • Nilai PPh 22 Impor akan tampil serta di jurnal pada Formulir Faktur Pembelian . Nilai PPh 22 Impor yang diinput melalui formulir Faktur Pembelian akan masuk dalam perhitungan SPT Badan 1771 pada database yang bersangkutan.

Transaksi Pembelian dengan PPh 22 Impor

Transaksi Pembelian dengan PPh 22 Impor

Available for Accurate Online

Kesimpulan PPh 22 Impor 

PPh 22 impor merupakan pajak yang dikenakan pada perusahan pemerintah/ perusahaan swasta yang melakukan kegiatan impor. Tarif PPh 22 beragam, tergantung pada Angka Pengenal Importir (API)  mulai dari 2,5% hingga 7,5% yang dilihat dari nilai impor maupun dari harga lelang.

Accurate Online sendiri juga sudah sesuai dengan standard akuntansi keungan yang berlaku di Indonesia dan memiliki fitur penghitungan pajak yang terbaik jika dibandingkan dengan accounting software buatan Indonesia lainnya.

Jadi kini Anda bisa merasakan kemudahan dalam menjalani bisnis Anda dengan Accurate Online. Coba Accurate Online secara GRATIS selama 30 hari melalui link ini.

 

About the Author:

Rika

Leave A Comment