Input Pembayaran Pembelian Menggunakan Kartu Kredit di Accurate Online

Input Pembayaran Pembelian Menggunakan Kartu Kredit di Accurate Online

Kartu kredit bukan lagi menjadi sebuah hal yang baru dan asing bagi sebagian orang, terutama mereka yang aktif bekerja di kantor dan selalu menginginkan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Bahkan bagi sebagian besar penggunanya, kartu kredit telah seperti sebuah gaya hidup yang senantiasa dibutuhkan dan menjadi hal “wajib” di dalam kehidupan mereka.

Dizaman sekarang banyak pembayaran pembelian menggunakan kartu kredit, karena dianggap lebih efisien dan lebih nyaman ketimbang harus membawa uang tunai.

Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai, di mana alat tersebut dapat digunakan oleh konsumen untuk ditukarkan dengan berbagai barang dan jasa yang dibelinya di tempat-tempat yang bisa menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant).

Baca Juga :

Bagaimana Input Aset Tetap Melalui Faktur Pembelian di Accurate Online

Pengertian Potongan Pembelian dan Potongan Penjualan Dalam Akuntansi

Disini akan membahas bagaimana cara input pembayaran pembelian nmenggunakan kartu kredit di Accurate Online.

Sebelum melakukan pencatatan atas Pembayaran Pembelian yang dilunasi menggunakan kartu kredit, maka terlebih dahulu membuat akun penampung atas hutang kartu kredit tersebut.

Untuk membuat akun baru dilakukan melalui menu Buku Besar | Akun Perkiraan, pilih Tipe Akun-nya dengan Kewajiban Jangka Pendek kemudian isikan nama akun dengan Hutang Kartu Kredit (atau penamaan akun lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan/kebijakan perusahaan) lalu Simpan.

Membuat Akun Penampung Hutang Kartu Kredit

Selanjutnya tambahkan akun tersebut melalui menu Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan yaitu pada bagian Penerimaan/Pembayaran di kolom Akun Diskon lalu Simpan pengaturannya.

Menambahkan Akun Penampung ke Akun Perkiraan Diskon Pembayaran

Dan untuk melakukan pencatatan Pembayaran Pembelian dengan Kartu Kredit, misal terdapat transaksi Faktur Pembelian dengan rincian dan jurnal seperti terlampir digambar.

Contoh Transaksi Faktur Pembelian yang akan dibayarkan dengan Kartu Kredit

Jurnal Faktur Pembelian

Maka pencatatan Pembayaran Pembelian dengan Kartu Kredit bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut ini :

  1. Masuk ke menu Pembelian |  Pembayaran Pembelian, lengkapi formulir Pembayaran Pembelian seperti biasa, seperti memilih nama Pemasok, akun Bank yang digunakan, dsbnya.
  2. Pilih nomor Faktur Pembelian yang akan dibayarkan kemudian ke tab Informasi Diskon, isikan Akun Diskon dengan akun penampung yaitu Hutang Kartu Kredit dan isikan kolom Diskon dengan nilai yang akan dibayarkan, klik Lanjut.

Memasukan Nilai Hutang Kartu Kredit pada Informasi Diskon Pembayaran

Pembayaran Pembelian dengan Kartu Kredit

  1. Simpan transaksi dan jurnal yang terbentuk adalah sebagai berikut.

Jurnal Pembayaran Pembelian dengan Kartu Kredit

Note :

  • Untuk melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan kartu kredit tersebut, dilakukan melalui menu Kas & Bank | Pembayaran, pilih akun Bank yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran, kemudian pilih akun Hutang Kartu Kredit tersebut dan akun beban bunga (jika dikenakan bunga) beserta nilai-nya.

Pembayaran Hutang Kartu Kredit serta Bunganya

Jurnal Pembayaran Hutang Kartu Kredit

  • Akun penampung hutang kartu kredit akan nol (habis) jika hutang kartu kredit sudah dilunasi keseluruhannya. Anda bisa melakukan pengecekan melalui Laporan Rincian Buku besar atas akun penampung tersebut.

Laporan Buku Besar akun Penampung Hutang Kartu Kredit

Available for Accurate Online

Untuk kemudahan ini, Anda bisa menggunakan Accounting software terbaik dan memiliki fitur terlengkap. Gunakan Accurate Online, Accounting software terbaik di Indonesia dengan fitur terlengkap untuk semua jenis bisnis. Accurate Online telah dipakai oleh dari 300 ribu entitas bisnis di Indonesia dan memenangkan penghargaan Top Brand Awards selama 5 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2016 hingga sekarang.

Baca Juga :

Hanya Accurate Online Kasih Gratis Sebulan Tanpa Komitmen Apapun Loh

Jadi kini Anda bisa merasakan kemudahan dalam menjalani bisnis Anda dengan Accurate Online. Coba Accurate Online secara GRATIS selama 30 hari melalui link ini.

About the Author:

Rika

Leave A Comment