Pencatatan Stok Barang Yang Hilang/Rusak di Accurate Online

/, ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU/Pencatatan Stok Barang Yang Hilang/Rusak di Accurate Online

Pencatatan Stok Barang Yang Hilang/Rusak di Accurate Online

Pada Transaksi Pemindahan Barang (kirim dan terima barang), apabila barang yang dikirim tidak diterima seluruhnya, dikarenakan hilang atau mengalami kerusakan di tengah perjalanan, anda bisa mengurangi stok barang yang hilang/rusak saat proses pengiriman tersebut melalui transaksi Penyesuaian Persediaan (pengurangan).

Baca Juga :

Pentingnya Stock Opname Bagi Industri dan Usaha Ritel

Menampilkan Laporan Barang Paling Laku di Accurate Online

Mengeluarkan Stok Barang Yang Hilang/Rusak Saat Pengiriman Dari Transaksi Pindah Barang

Ilustrasi : Pengiriman barang dari Gudang Jogja ke Gudang Solo sebanyak 100 pcs barang. Ditengah perjalanan ada sebanyak 10 pcs barang yang rusak, sehingga bagian gudang Solo hanya menerima dan menginput di transaksi Pindah Barang (terima Barang) sebanyak 90 pcs. Dan 10 pcs nya akan dikeluarkan oleh perusahaan dari pencatatan stok di Accurate.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengeluaran stok atas barang hilang/rusak saat proses pengiriman dari transaksi Pindah Barang :

  1. Masuk ke menu Persediaan | Penyesuaian Persediaan.

Akses Desain Cetakan

  1. Pada formulir Penyesuaian Persediaan, klik Ambil dan pilih Pemindahan Barang lalu Pilih nomor transaksi pemindahan barang yang dimaksud kemudian klik ‘Lanjut’ dan akan tampil sisa kuantitas yang belum diterima dikarenakan hilang/rusak.

Mengambil Transaksi Pemindahan Barang

Pengurangan Penyesuaian Persediaan dari Transaksi Pindah Barang

  1. Simpan transaksi Penyesuaian Persediaan

Simpan Transaksi Penyesuaian Persediaan

  1. Jika dilihat di Daftar Transaksi Pemindahan Barang, status pengiriman akan berganti menjadi Diterima Seluruhnya’ dan jika diklik 2x pada transaksi Terima Barang (Kirim Barang) tersebut akan tampil pada Kolom Kts Tidak Diterima sebanyak 10 Pcs.

Status Transaksi Pemindahan Barang setelah disesuaikan

Informasi Kts Tidak Diterima di Formulir Transaksi Pindah Barang (kirim) Setelah Penyesuaian

Note : Pengurangan Stok atas barang yang rusak/hilang melalui Penyesuaian Persediaan dilakukan setelah proses Transaksi Pemindahan Barang selesai dilakukan yaitu sudah membuat Transaksi Pemindahan Barang (Terima) atas semua barang yang tidak rusak/hilang di Accurate.

Available for Accurate Online

Baca Juga :

Mudahnya  Menghitung Pajakn Barang Impor di Software Accurate

Cara Input Transaksi Return PenjualanUntuk Barang di Software Accurate

Dengan adanya laporan barang rusak/hilang dalam pengiriman, kamu sebagai pemilik bisnis akan dapat dan mengontrol keluar masuk stock barang, sehingga tidak terjadi kekurangan barang. Dan Kamu akan mendapatkan laporan mengenai history barang secara tepat dan akurat, antara stock barang di aplikasi maupun di gudang.

Sehingga kamu akan melihat kemampuan usaha dalam memenuhi permintaan akan ketersediaan produk serta sebagai alat evaluasi bisnis kamu.

Anda tak perlu takut lagi, karena kamu bisa menggunakan platform pembukuan Accurate Online untuk resolusi pembukuan bisnis kamu. Accurate Online merupakan platform pembukuan yang bisa digunakan oleh berbagai jenis usaha baik itu retail dan jasa.

About the Author:

Leave A Comment