Mulai WFH? Berikut Tips Agar Tidak Bosan dan Produktif Selama Bekerja dari Rumah

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/Mulai WFH? Berikut Tips Agar Tidak Bosan dan Produktif Selama Bekerja dari Rumah

Mulai WFH? Berikut Tips Agar Tidak Bosan dan Produktif Selama Bekerja dari Rumah

Work From Home atau WFH adalah singkatan bekerja dari rumah atau bekerja di rumah. Singkatan ini sering digunakan jika perkerja melakukan pekerjaan jarak jauh dan komunikasi digital untuk memberi tahu kolega bahwa seseorang bekerja dari rumah pada hari tertentu atau untuk periode sementara guna meminimalisir risiko pada kesehatan dan keselamatan individu terkait.

Baca Juga :

8 Tips Melakukan Work From Home Secara Efektif

Per Sabtu (28/3/2020), kasus positif virus Corona melewati angka 500 ribu dengan jumlah kematian lebih dari 23 ribu. Sementara di Indonesia per Sabtu (27/3/2020) penduduk yang positif terkena virus corona mencapai 1.155 orang dengan angka kematian102 orang.

Tingginya angka tersebut membuat pemerintah menggalakkan kampanye untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Kampanye tersebut bertujuan mengurangi aktivitas di luar rumah guna mengurangi penyebaran virus tersebut. Namun, sebagian besar dari Anda mungkin sudah mulai bosan dan jenuh berada di rumah saja.

Apalagi bagi sebagian orang yang biasanya menghabiskan lebih banyak waktu diluar seperti pergi bekerja, bagi anak muda yang suka nongkrong entah ke kafe, mall atau bioskop. Perlu tips-tips khusus agar Anda yang melakukan WFH tak merasakan bosan atau kesepian dan tentunya tetap produktif juga donk untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh pekerja untuk mengusir rasa bosan, jenuh dan kesepian ketika melakukan WFH selama pandemi Corona. Berikut Mimin berikan tipsnya yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Dengarkan Lagu Favorit

Mengusir bosan saat WFH bisa dilakukan dengan memutar lagu favorit. Jika di kantor perlu menggunakan headset agar tak mengganggu teman sebelah, ketika di rumah atau kos anda tak butuh itu.

Sembari mendengarkan lagu pun Anda bisa bernyanyi sesuka hati. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan, apalagi sampai menganggu tetangga.

2. Menonton Film

Bekerja dari rumah dapat memunculkan rasa bosan dengan cepat. Anda bisa menonton flim di Youtube atau layanan film streaming.

Anda bisa menonton flim dengan durasi pendek saat jam kerja dan durasi panjang saat kerjaan sudah selesai. Ingat jangan sebaliknya.

3. Main Games

Bermain gim bisa menjadi kegiatan yang pas ketika Anda mulai bosan menjalani WFH. Anda bisa menyelesaikan gim-gim dengan durasi permainan pendek.

Namun, anda perlu mengontrol durasi bermain gim saat jam kerja. Sering kali, para gamers terlena dan meninggalkan pekerjaan yang harus diselesaikan.

4. Buat Ruangan Kerja Yang Nyaman

Selama WFH, para pekerja mungkin bisa menyelesaikan tugas dengan lebih fleksibel atau santai. Tapi tetap disarankan untuk bekerja di ruang atau sudut khusus dengan kursi dan meja dari pada di tempat tidur atau sofa. Pakar menyebutkan jika WFH di kasur bisa membuat kerja kurang produktif dan fokus, sakit punggung, hingga mengganggu waktu tidur.

Lalu pastikan juga perangkat lunaknya. Pastikan Anda memiliki aplikasi yang tepat. Banyak pekerja jarak jauh bersandar pada SlackMicrosoft TeamSkypeZoom, atau GoToMeeting. Selesaikan apa yang direncanakan tim Anda dengan bantuan semua software tersebut.

Baca Juga :

Monitor Bisnis di Tiap Cabang Tanpa Berlalu Lalang Dengan Accurate Online

Sistem Akuntansi Berbasis Cloud Mempermudah Pengusaha Dalam Memantau Kegiatan Bisnisnya

Bagi Anda pemilik usaha atau akuntan yang melakukan pembukuan secara manual, Anda juga bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online untuk memudahkan proses pembukuan dan pencatatan transaksi yang terjadi pada bisnis secara keseluruhan, dimana saja dan kapan saja.

5. Tetap Olahraga

Jika bisa tetaplah berolahraga meski sedang WFH. Apalagi jika Anda lama duduk di tempat yang kurang nyaman karena bisa mengganggu sirkulasi darah dan oksigen ke otak. Anda yang tak ingin keluar rumah karena virus Corona, bisa melakukan latihan di dalam rumah dengan panduan tutorial olahraga.

6. Tetapkan Batasan

Ketika WFH, hari bisa terasa lebih cepat apalagi jika Anda sambil melakukan hal lain di rumah misalnya berberes atau mengurus anak. Karena itu, pekerjaan bisa terbengkalai ketika Anda lalai dalam menetapkan batasan. Jika bisa, selama WFH tetapkan aturan dan batasan untuk mengatur waktu kerja. Dengan begitu, Anda tetap bisa produktif meski bekerja dari rumah.

Social distancing tidak berarti Anda harus tetap terjebak di rumah Anda. … Rekomendasi saat ini adalah untuk menghindari pertemuan yang tidak penting. Ini berarti Anda harus menghindari pertemuan yang dihadiri lebih dari 50 orang, tetapi secara konservatif pertemuan apa pun lebih dari 10 orang akan sangat berisiko. Namun, jika Anda tidak  termasuk dalam kelompok berisiko tinggi, Anda masih dapat saling mengunjungi. “

Kesimpulan

Pada saat keadaan yang tidak terduga, profesionalitas dan kewajiban Anda sebagai seorang pekerja sangat diuji. Melakukan WFH atau work from home adalah salah satu solusi yang membuat Anda tetap berkontribusi bagi perusahaan Anda dan juga meningkatkan daya tahan Anda terhadap tekanan yang tak terduga.

Pastikan Anda melakukan semua tips diatas untuk melakukan WFH atau Work From Home yang efektif dan membuat bisnis Anda berkembang secara positif.

Untuk teman-teman yang masih harus keluar rumah untuk bekerja, tetap jaga jarak, tetap jaga kesehatan dan tetap jaga kebersihan yah. Dan buat yang lain, yang masih bandel suka keluyuran tolong tetap dirumah. Jika memang tidak ada hal penting yang mengharuskan keluar rumah.

Baca Juga :

Hanya Accurate Online Kasih Gratis Sebulan Tanpa Komitmen Apapun

Mari kita bantu perangi virus corona dengan memutus mata rantai penyebarannya. Mulai dari kesadaran diri sendiri dan harus dimulai sekarang juga!!.

By |2020-03-30T07:50:17+00:00March 30th, 2020|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment