5 Tips Jitu Meminimalkan Kerugian Restoran Anda Di masa Pandemi Corona

/, ARTIKEL, BERITA TERBARU/5 Tips Jitu Meminimalkan Kerugian Restoran Anda Di masa Pandemi Corona

5 Tips Jitu Meminimalkan Kerugian Restoran Anda Di masa Pandemi Corona

Karena corona virus (COVID-19). Tidak hanya orang-orang yang terpengaruh secara mendalam, tetapi bisnis juga merasakan dampaknya. Salah satunya adalah bisnis restoran, cara agar bisnis tetap bertahan adalah dengan meminimalkan kerugian dimasa pandemi.

Industri hospitality telah menjadi salah satu sektor yang paling terpukul, dan bisnis restoran menghadapi kehilangan pendapatan dan tantangan dengan arus kas karena persyaratan pemerintah mengharuskan mereka tutup.

Baca Juga :

Software Pembukuan Yang User Friendly dan Cocok Bagi Bisnis Restoran Anda

Tapi itu tidak berarti bisnis restoran Anda harus berhenti berdagang bukan? Jika Anda mempekerjakan karyawan, ada banyak kehidupan yang bergantung pada bisnis Anda.

Sangat penting sekarang bagi Anda pemilik restoran untuk menerapkan langkah-langkah untuk meminimalkan kerugian dimasa pandemi. Coba lima tips ini sebagai bagian dari rencana bisnis restoran Anda :

1. Terus memberi dukungan pada tim Anda

Mendukung tim Anda tidak hanya akan membantu karyawan Anda merasa lebih baik di masa-masa sulit ini, tetapi juga akan memberikan Anda ;kekuatan dan niat baik untuk membantu mempertahankan karyawan disaat masa kritis. Beberapa manajemen restoran membayar gaji karyawan mereka, bahkan kadang-kadang dari upah mereka sendiri. Contohnya yang terjadi pada usaha Kopi Kenangan.

Jika Anda pindah ke operasi pengiriman dan / atau takeaway yang akan kami jelaskan dibawah, Anda mungkin menemukan bahwa pola shift mungkin harus digunakan. Ini adalah tantangan, terlebih jika karyawan Anda belum pernah melakukannya.

Bersikap transparan tentang bagaimana ini akan bekerja sehingga tim Anda tahu di mana dan kapan mereka akan diminta untuk bekerja. Hal yang sama berlaku untuk setiap keputusan seputar biaya staf.

Dan Anda mungkin menemukan bahwa beberapa karyawan memiliki kekhawatiran tentang bekerja saat ini – dengarkan keprihatinan mereka, lakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka. Ini akan menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda peduli dengan kesejahteraan mereka.

Jika tim Anda merasa didukung, mereka akan lebih cenderung membantu Anda membuat restoran Anda terus bergerak – artinya Anda dapat terus melayani pelanggan Anda, meskipun menggunakan metode alternatif.

Baca juga : 

Sudah Mulai WFH? Berikut Tips Agar Tidak Bosan dan Produktif Selama Bekerja

2. Mulai atau tambah opsi takeaway atau pengiriman

Dengan keharusan menutup atau meminimalisir kegiatan di restoran, ada baiknya Anda mencoba layanan takeaway dan pengiriman untuk pelanggan Anda. Ini juga dapat membantu Anda menarik pelanggan baru yang sebelumnya mungkin belum Anda jangkau.

Beberapa restoran bekerja dengan sistem pengiriman pihak ketiga seperti Gojek atau Grab. Mungkin masih banyak restoran yang belum pernah menggunakan pengiriman pihak ketiga karena takut mengurangi margin keuntungan mereka yang sudah ketat selama masa pandemi karena kebutuhan untuk membayar biaya pengiriman pihak ketiga yang berpotensi sangat besar

Namun, beberapa layanan pengiriman pihak ketiga menunda atau bahkan menghapuskan biaya komisi untuk restoran independen yang terkena dampak coronavirus, jadi ini bisa menjadi saat yang tepat untuk mencobanya, contohnya adalah Paxel.

Pilihan lain adalah mempekerjakan kembali karyawan Anda sebagai pengemudi pengiriman in-house (dengan mengikuti pedoman menjaga jarak). Ini mungkin memiliki manfaat tambahan untuk membantu mempertahankan anggota tim Anda sebanyak mungkin.

Mempertahankan tim pengiriman Anda sendiri bisa lebih murah daripada menggunakan pihak ketiga, karena Anda akan menyimpan semua pendapatan dan dapat lebih mengontrol pengalaman pelanggan sambil mempertahankan kualitas Anda.

Tetapi menyiapkan pengiriman Anda sendiri bisa memakan waktu dan ada pertimbangan faktor, seperti berpotensi mempekerjakan karyawan baru yang tepat, mendapatkan asuransi tambahan dan membeli kemasan khusus.

Meskipun mungkin sulit untuk mengimplementasikan pengiriman langsung, Anda bisa mulai dengan menggunakan layanan pengiriman pihak ketiga, kemudian beralih ke opsi in-house di kemudian hari jika itu berfungsi untuk restoran Anda.

Mungkin perlu melihat lebih dari satu layanan pengiriman untuk mengevaluasi mana yang terbaik untuk Anda, dan mencoba untuk menghindari menandatangani kontrak eksklusif yang membatasi kemampuan Anda untuk bermitra dengan layanan lain. Ingatlah tujuan utama Anda, meminimalkan kerugian dimasa pandemi!

Baca juga : 

Monitor Bisnis di Tiap Cabang tanpa Berlalu-lalang dengan Accurate Online

3. Adaptasi menu Anda

Terlepas dari cara pengiriman mana yang Anda gunakan, penting untuk melacak produk mana yang paling populer serta keuntungan untuk setiap produk, karena ini mungkin sangat berbeda dengan produk di restoran Anda.

Restoran yang mencapai profitabilitas tinggi adalah mereka yang telah dengan hati-hati merancang menu mereka untuk menyingkirkan produk yang menghabiskan banyak modal dan berkinerja rendah. Selain itu, yang terbaik adalah fokus pada item menu yang membutuhkan paling sedikit tenaga kerja dan menghasilkan margin keuntungan tertinggi.

Portabilitas makanan merupakan pertimbangan penting serta menggunakan barang-barang dengan variabilitas biaya makanan yang rendah (seperti alpukat).

Fungsi lain  merampingkan penawaran adalah sehingga Anda fokus pada makanan yang membutuhkan lebih sedikit karyawan untuk menyiapkan, dan membatasi bahan-bahan yang mereka dapat kerjakan di seluruh penawaran restoran yang lain Mengoptimalkan item takeaway dan pengiriman Anda dapat sangat membantu dalam upaya melindungi keuntungan dan bahkan dapat membuka peluang pendapatan baru.

Baca juga : 

Pantau Keuangan Bisnis saat #dirumahaja dengan Accurate Online

4. Tawarkan insentif kepada pelanggan Anda

Beberapa restoran telah menawarkan hadiah gratis kepada pelanggan mereka ketika mereka membeli paket menu, seperti voucher yang dapat digunakan ketika mereka kembali memesan di restoran tersebut, dan ini adalah sesuatu yang dapat Anda coba.

Bagaimanapun juga, menjual voucher dapat bermanfaat bagi restoran, karena banyak pelanggan cenderung menghabiskan lebih dari nilainya saat menggunakannya. Ini adalah cara sederhana untuk meningkatkan pendapatan Anda dan memberi pelanggan Anda sesuatu yang berguna.

5. Jadilah kreatif untuk memikat pelanggan lama dan baru

Gagasan lain yang dicoba oleh restoran cerdas saat ini adalah menjadi kreatif dengan penawaran mereka. Beberapa restoran menemukan kesuksesan dengan sepenuhnya mengubah menu mereka.

Yang lain sedang menguji konsep-konsep baru seperti makanan dalam sebuah kotak untuk seluruh keluarga, memasukkan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang sulit ditemukan di sekitar tema-tema tertentu seperti piknik atau vegetarian.

Lalu ada restoran yang mengemas  dengan unik produk yang dipesan dan mengirimkannya ke pelanggan sehingga mereka bisa memotret makanan yang telahd dipesan dan mengunggahnya di Instagram.

Pikirkan tentang bagaimana Anda bisa berkreasi dengan apa yang ditawarkan restoran Anda dan menjangkau pelanggan Anda sehingga mereka dapat menjadi bagian dari proses pengembangan restoran Anda juga.

Baca juga : 

Accurate Online Makin Manjakan Wajib Pajak dengan Fitur Pelaporan Pajak e-Filing

Kesimpulan

Meskipun ini adalah waktu yang menantang untuk bisnis restoran Anda, dan industri perhotelan secara keseluruhan, ada peluang yang dapat membantu Anda meminimalkan kerugian finansial Anda dimasa pandemi seperti saat ini.

Jadilah cerdas dengan pengeluaran Anda, terus dukung tim Anda, dan terus menjangkau pelanggan Anda. Kami percaya, semua akan kembali normal dan restoran Anda akan kembali membuat pelanggan mengantri untuk memesan makanan lagi secepatnya.

Biarkan Accurate Online membantu Anda menjalankan bisnis. Dengan bantuan tools yang tepat, Anda bisa mendapat gambaran pasti akan kondisi usaha dan bisa menyusun strategi lebih tepat!

Baca Juga :

Tetap Semangat! Sale 45% Accurate Online dan Free Training 

Dan semoga kita semua sehat selalu ditengah pandemi COVID-19 ini. Untuk teman-teman yang masih harus keluar rumah untuk bekerja, tetap jaga jarak, tetap jaga kesehatan dan tetap jaga kebersihan diri yah.

Baca Juga :

Peluang Bisnis Yang Bisa Datangkan Cuan Selama WFH

 

By |2020-05-14T03:25:51+00:00May 14th, 2020|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment