Kemampuan Komunikasi Digital Di Era Teknologi

Kemampuan Komunikasi Digital Di Era Teknologi

By |2020-06-24T07:06:11+00:00Juni 17th, 2020|ACCURATE ONLINE ( AOL ), ARTIKEL, BERITA TERBARU|0 Comments

Kemampuan komunikasi digital adalah salah satu aspek kecerdasan digital yang wajib diketahui, agar Anda mampu menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan baik. Bahkan kemampuan komunikasi semacam ini bisa menentukan apakah Anda akan mampu bertahan di dalam bisnis yang Anda geluti atau tidak.

Baca Juga :

Software Akuntansi Bantu Pebisnis Bersaing di Era Digital

Kita tahu bahwa di era ekonomi digital seperti sekarang ini persaingan sudah sangat kompetitif, sehingga kompetensi semacam ini dinilai sangat krusial.

Berikut ini 5 hal mengenai kemampuan komunikasi digital yang harus Anda pahami dan juga kuasai. Bagi Anda yang tetap ingin bertahan dan berkembang untuk membesarkan bisnis, point-point berikut ini wajib Anda terapkan.

Baca Juga :

Skill Yang Harus Dimiliki Pengusaha di Era Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnis

1. Manfaatkan beragam teknologi komunikasi sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan

Era modern saat ini telah tersedia banyak sekali ragam teknologi komunikasi. Anda dapat mengirim pesan tidak hanya melalui teks SMS, WA, messenger dan lain sebagainya, tetapi juga mampu mengirim pesan via suara, bahkan via video sudah begitu populer. Anda juga bisa mengkolaborasikan beberapa jenis pesan tersebut. Semakin ke sini, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi digital dengan cara membuat konten komunikasi yang menarik dengan basis visual dan video.

Cobalah untuk menggunakan aplikasi canggih misalnya Canva, Snapseed, Google Doc, BaseCamp dan lain sebagainya. Intinya, pastikan Anda tidak gagap teknologi (gaptek), selalu terbuka, memiliki keinginan untuk mencoba dan belajar hal baru demi kesuksesan bisnis Anda.

2. Menulislah dengan bahasa dan struktur yang baik

Menulis sangat dibutuhkan dalam bisnis, terutama pada saat Anda ingin memasarkan produk yang Anda miliki. Baik di media sosial, blog, ataupun email, Anda perlu menulis dengan bahasa dan struktur yang baik.

Tulislah dengan cara yang sesuai dengan target market Anda. Misalkan Anda adalah pelaku usaha UMKM dan ingin menulis di email, maka bahasa yang Anda gunakan haruslah bahasa seorang yang professional dengan bahasa baku sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

3. Memiliki kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi seluruh lintas budaya dengan baik

Dunia digital tidak memiliki sekat. Artinya Anda akan dapat terhubung dengan dunia luar tanpa batas. Untuk itulah Anda dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi digital lintas budaya dan lintas batas geografis dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memiliki kompetensi dalam berkolaborasi atau kerja sama dengan tim dari seluruh belahan dunia dari berbagai lokasi.

Dalam hal ini, tentunya Anda dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan orang luar negeri yang sudah barang tentu memiliki budaya yang berbeda. Jika Anda tidak menguasai kompetensi ini, bukan tidak mungkin akan muncul konflik yang akan merugikan bisnis Anda.

4. Kuasai kemampuan menggunakan etika tidak tertulis dan simbol

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa sebanyak 70 persen pesan dari komunikasi melalui bahasa tubuh telah hilang jika Anda menggunakan komunikasi digital dalam menyampaikan sebuah pesan, gagasan, ide ataupun lainnya. Terutama jika pesan tersebut dikirim melalui bahasa teks, maka penerima pesan tersebut tidak mampu melihat gerak tubuh, intonasi suara dan ekspresi wajah.

Hal tersebutlah yang bisa memicu mispersepsi dan miskomunikasi yang seharusnya Anda hindari. Oleh sebab itu, Anda perlu menguasai kemampuan komunikasi digital menggunakan emoticon yang tepat sebagai bentuk perwakilan bahasa tubuh Anda. Selain itu, jangan sepelekan penggunaan huruf kapital dan warna tulisan jika memang ada.

5. Menguasai kemampuan dalam menyampaikan pesan dengan baik, efektif dan efisien

Faktanya seorang pebisnis yang memiliki kemampuan komunikasi digital yang baik dalam menyampaikan pesan, ia akan mendapatkan respon yang baik dan tidak terjadi miskomunikasi pada klien atau konsumennya. Untuk itulah, Anda perlu menguasai kemampuan dalam menyampaikan pesan yang baik, efektif dan efisien.

Jika perusahaan sudah mulai berkembang pesat, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mengatur keuangan perusahaan. Dengan menggunakan software akuntansi.

Tentunya dengan adanya bantuan software ini, kita akan mendapatkan beberapa manfaat yang akan langsung dapat kita rasakan diantaranya :

  • Memudahkan pengerjaan laporan keuangan dalam waktu singkat
  • Terhindar dari kesalahan perhitungan
  • Jika terjadi kesalahan input data kita hanya perlu memperbaikinya tanpa harus memulai dari awal
  • Meningkatkan efisiensi pekerjaan
  • Seluruh proses akan berjalan secara otomatis, kita hanya perlu menginput data atau transaksi
  • Membantu dalam pengambilan keputusan bisnis dengan tepat karena data yang disajikan akurat
  • Mengetahui kondisi keuangan bisnis setiap saat secara real time

Baca Juga :

Pusing Hitung Biaya Operasional Usaha? Accurate Online Solusinya!

Sudah saatnya Anda beralih dari pekerjaan manual dengan menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang dapat memudahkan pekerjaan Anda sekaligus mengembangkan bisnis Anda. Yuks coba gratis 30 hari Accurate Online dengan klik disini

About the Author:

Rika

Leave A Comment