Ilmu akuntansi merupakan salah satu ilmu keuangan yang implementasinya sangat luas. Tak hanya digunakan di dunia kerja, prinsip akuntansi juga penting untuk mengatur keuangan bisnis kecil. Itulah sebabnya peluang pekerjaan bagi orang yang menguasai ilmu akuntansi ini selalu terbuka lebar. Namun, saat ini ada yang menganggap bahwa ilmu akuntansi akan hilang tergerus zaman oleh kehadiran software-software akuntansi. Padahal itu, hanyalah sebuah mitos sesat tentang software akuntansi.

Baca Juga :  Peran Akuntansi Dalam Kelangsungan Perkembangan Bisnis

ilmu akuntansi

Namun, kini ada anggapan bahwa keahlian ilmu akuntansi mulai tergantikan oleh kemunculan software akuntansi yang canggih. Anggapan tersebut hanyalah mitos keliru yang salah kaprah berikut ini:

Software Akuntansi Menggantikan Peran Akuntan

Anda tak perlu mengkhawatirkan keberadaan software akuntansi yang kini mulai banyak digunakan. Faktanya, penggunaan software akuntansi tak akan menggantikan peran akuntan. Karena akuntan masih sangat dibutuhkan untuk mengelola alur keuangan perusahaan secara akurat. Bahkan, keberadaan akuntan modern juga penting untuk mengoperasikan software akuntansi dengan cara yang benar. Sehingga penggunaan software akuntansi akan meminimalkan beban kerja akuntan secara signifikan.

Baca Juga : Cermati Fitur-Fitur Accounting Software ini Saat Pilih Software Akuntansi Terbaik

Transparansi dan Pengelolaan Alur Keuangan Menjadi Rumit

Prinsip dasar penggunaan software akuntansi adalah implementasi teknologi modern yang canggih dan praktis. Itulah sebabnya penggunaan software tersebut justru akan meningkatkan visibilitas dan transparansi pengelolaan laporan keuangan. Pemimpin perusahaan atau bisnis bisa memeriksa alur keuangan bisnisnya secara mudah dan real time. Akses untuk masing-masing pengguna software akuntansi juga bisa dibatasi sesuai wewenangnya. Hal ini akan membuat software akuntansi lebih aman dari risiko manipulasi data.

Hanya Bermanfaat Bagi Perusahaan Besar

Bukan hanya perusahaan besar yang membutuhkan software akuntansi. Bidang bisnis lain seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga butuh dukungan software canggih tersebut. Penggunaan software akuntansi adalah bentuk investasi jangka panjang yang berperan sebagai aset bisnis. Karena pengelolaan keuangan yang tertata rapi merupakan modal awal untuk mengembangkan bisnis di masa mendatang.

Baca Juga : Berikut Tips Memilih Accounting Software Untuk Bisnis UMKM

Di tahun 2017, pemanfaatan sistem cloud untuk data akuntansi mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesadaran untuk memanfaatkan teknologi di bidang akuntansi sudah semakin tinggi. Pengelolaan keuangan pemerintahan yang memanfaatkan software akuntansi juga efektif menjamin transparansi dan meminimalkan tindak korupsi.

Data-Data Keuangan Rentan Hilang

Anda tak perlu khawatir dengan tingkat proteksi data pada software akuntansi. Jika Anda mengandalkan software akuntansi berkualitas, risiko kehilangan data penting bisa diminimalkan. Sistem server yang bertingkat akan melindungi keberadaan data-data yang sudah disimpan. Anda pun tak akan mengalami kehilangan data ketika server sedang down atau mengalami gangguan teknis lainnya.

Menyimpan data di software akuntansi justru lebih praktis dibandingkan menyiapkannya dalam bentuk hardcopy. Ketika Anda membutuhkan data-data pada rentan waktu tertentu, Anda tinggal mencari dan mencetaknya sesuai kebutuhan. Kepraktisan inilah yang membuat software akuntansi juga menjadi andalan berbagai startup.

ilmu akuntansi

Baca Juga :  Berikut Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Yang Ideal Yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui kebenaran di balik mitos-mitos software akuntansi tersebut, Anda pasti tak ragu lagi memanfaatkannya untuk mendukung urusan keuangan bisnis Anda. Kini, Anda bisa mengandalkan Accurate Online, software pembukuan yang cocok untuk segala jenis usaha dari usaha kecil, menengah hingga besar dengan menggunakan sistem berbasis cloud. Sehingga data Anda akan aman tersimpan. Bahkan Accurate Online dapat menggunakan private cloud. Jadi data Anda bisa tersimpan pada server usaha Anda.

Accurate Online memiliki beragam fitur unggulan yang dapat mempermudah urusan keuangan. Seperti fitur smartlink e-commerce dan rekonsiliasi bank. Karena software akuntansi terpercaya yang satu ini juga bisa diintegrasikan dengan internet banking atau aplikasi lainnya. Urusan keuangan jadi semakin lancar bila Anda mengandalkan Accurate Online sebagai solusinya.

Jadi, tak ada alasan lagi untuk memperbaiki sistem keuangan bisnis melalui penggunaan software akuntansi. Siapkan Accurate Online dan aktifkan fitur-fitur pentingnya sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Tunggu apalagi bagi Anda yang sedang masa trial Accurate Online, buruan tancap gas. Karena sepanjang bulan September ini Accurate Online sedang ada promo cermat, dimana diskon hingga 2 Juta loh! 

Baca Juga :  Accurate Online Promo Cermat Diskon Langsung Hingga 2 Juta 

coba trial 30 hari accurate online