Retur penjualan dalam isitilah akuntansi adalah penerimaan barang oleh pihak penjual yang dikembalikan dari pihak pembeli. Pengembalian ini biasanya terjadi jika barang yang dikirim pihak penjual tidak sesuai dengan apa yang diinginkan pembeli atau mengalami kerusakan. 

Untuk mengurangi angka pengembalian barang, maka perusahaan (pihak penjual) harus lebih memperhatikan jenis dan spesifikasi barang yang akan dikirimkan.

Dalam transaksi jual beli, retur penjualan dan retur pembelian merupakan hal yang biasa terjadi. Berdasarkan UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, jika ternyata sejak awal ada kesengajaan pengiriman dari penjual untuk mengirimkan barang yang rusak atau barang yang salah maka penjual dapat terkena sanksi hukum.

Baca Juga :  Pengertian Kegunaan Komponen dan Manfaat Faktur Pembelian

retur penjualan

Retur penjualan dan retur pembelian merupakan dua hal yang sering ditemukan dalam transaksi keuangan. Tentu saja, kemungkinan pengembalian bisa terjadi karena kegiatan penjualan maupun pembelian tidak selamanya berjalan dengan lancar. Dalam kondisi tertentu biasanya ada saja barang yang rusak atau tidak sesuai dengan pemesanan (sumber online-pajak.com).

Lalu bagaimana pencatatan retur penjualan di Accurate Online? Accurate Online sudah menyediakan fitur untuk mencatat transaksi retur penjualan. Retur penjualan merupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat pengembalian barang yang telah dijual kepada pelanggan. Pengembalian tsb bisa terjadi karena barang tidak sesuai spesifikasi ataupun karena terjadi kerusakan.

Baca Juga : Cara Import Transaksi Penjualan dari Smartlink E-Commerce ke Accurate Online

Untuk mencatat transaksi retur penjualan di Accurate Online adalah sbb :

1. Klik menu Penjualan | Retur Penjualan.

mencatat retur penjualan

2. Lengkapi informasi Pelanggan, Tanggal, Retur Dari dan pada bagian Cari/Pilih Faktur, isi dengan nomor faktur yang akan diretur.

mencatat retur penjualan

3. Setelah memilih nomor faktur, klik Ambil lalu tentukan barang yang akan diretur lalu klik Lanjut.

mencatat retur penjualan

4. Jika telah selesai klik Simpan.

Available for Accurate Online

Salah satu software akuntansi yang terbukti dan sudah banyak digunakan oleh pemilik bisnis di Indonesia adalah Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu lebih pengguna dari berbagai jenis bisnis, untuk keamanan datanya sudah setara dengan bank jadi tidak perlu khawatir lagi.

Baca Juga : Membuat Faktur Penjualan di Accurate Online Dapat Dengan Mudah dan Cepat

Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan berbagai laporan keuangan Anda secara akurat dan mudah. Selain itu, Anda juga bisa memantau laporan data keuangan Anda dimana saja dan kapan saja secara realtime

Jangan takut berlangganan Accurate Online itu tidak memerlukan biaya yang mahal. Harganya cukup friendly, terutama untuk pemilik usaha kecil menengah. Nah kebetulan Accurate Online sedang ada Promo Cermat, diskon hingga 2 juta rupiah. Penasaran apa saja promonya, langsung aja klik link tautan artikel dibawah ini :  

Baca Juga : Promo Cermat Accurate Online Diskon Hingga 2 Juta Rupiah, Yuks Checkout Sekarang Juga!!

Atau masih bingung, nih Accurate Online kasih gratis coba 30 hari, caranya tinggal klik link tautan gambar dbawah ini yah :

coba gratis 30 hari accurate online