Promosi bisnis sangat dibutuhkan oleh semua jenis bidang usaha, dengan adanya promosi bisnis produk atau jasa yang Kamu tawarkan tentunya akan lebih cepat dikenal oleh pelanggan. Pasti Kamu sering mendengar istilah hard selling

Dimana hard selling ini dianggap kurang efektif, yang ada malah membuat calon pelanggan kabur dan lari ke toko sebelah. Menyebut nama produk atau jasa terus-menerus atau mencetak brosur dan spanduk adalah teknik hard selling yang paling sering dilakukan. Hard selling tak selalu efektif menarik minat masyarakat. Justru banyak masyarakat yang bosan dan malas menyimak iklan-iklan berlebihan tentang suatu produk atau jasa.

Baca Juga :  Ini Tips dan Manfaat Pemasaran Online Bagi Kesuksean Bisnis Anda

Kini, sudah waktunya Kamu menerapkan konsep soft selling untuk urusan marketing bisnis. Karena teknik promosi kekinian ini tak sekadar efektif untuk memasakan produk atau jasa. Tetapi juga dapat membantu bisnis Anda membangun personal branding yang kuat.

promosi bisnis

Bagaimana tekniknya, yuks langsung aja kita simak tips membuat iklan soft selling yang bikin orderan melimpah, yang telah dirangkum oleh solusi ukm.

  • Menentukan Gaya Promosi sesuai dengan Target Pasar

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai soft selling adalah mengklasikasikan target pasar. Teknik promosi untuk generasi milenial dan generasi Z, ibu rumah tangga, serta masyarakat berusia paruh baya tentu berbeda. Klasikasi target pasar akan membantu Anda menemukan ide promosi yang tepat. Sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam promosi tersebut bisa diterima dengan baik oleh target pasar Anda. Serta Anda bisa menentukan gaya bahasa yang sesuai dengan target pasar Anda.

  • Menyisipkan Promosi dalam Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah salah satu kunci kesuksesan teknik soft selling. Jika masyarakat kesulitan menemukan unsur promosi dalam konten Anda, berarti konten tersebut bisa disebut sukses. Anda tak perlu terus-terusan menyebutkan nama produk atau jasa dalam setiap konten promosi. Karena hal tersebut hanya akan membuat masyarakat merasa bosan.

Contohlah iklan-iklan yang berasal dari luar negeri, yang hanya menampilkan logo atau menyorot satu jenis produk mereka tanpa menyebut merek. Sisipkan promosi seminimal mungkin di dalam sebuah konten berkualitas. Misalnya, suatu brand pembalut yang mengedukasi kaum wanita dewasa tentang fakta-fakta kesehatan organ reproduksi wanita. Tanpa menyebut merek secara gamblang, kaum wanita yang menjadi target pasar pun pasti memahami maksud yang ingin disampaikan dalam konten tersebut.

Baca Juga : Ini Tips Ampuh Untuk Promosi Bisnis di Era Digital

  • Membuat Campaign yang Saling Berhubungan Satu Sama Lain

Campaign yang saling berhubungan satu sama lain biasanya akan membuat masyarakat penasaran menyimak kelanjutannya. Brand tersebut dapat membuat konten-konten menarik yang saling berkaitan di hari ayah, hari ibu, hari anak dan hari keluarga nasional. Sehingga kesan soft sellingnya akan semakin kuat dan mampu memberikan nilai-nilai istimewa bagi pemirsanya.

  • Menyiapkan Mini Web Series

Banyak pebisnis beranggapan bahwa masyarakat tidak betah menyimak iklan yang berdurasi panjang. Faktanya, iklan-iklan Thailand yang berdurasi lebih dari 3 menit justru sangat disukai. Karena banyak nilai kehidupan dan sisi humor yang ditampilkan dalam iklan-iklan tersebut. Salah satu teknik soft selling yang sedang menjadi tren adalah mini web series.

Tampilan iklan berbentuk mini drama berdurasi kurang dari 10 menit ternyata mampu menarik perhatian pengguna internet. Melakukan soft selling memang bukanlah hal mudah. Karena semua harus dipikirkan secara matang untuk benar-benar menemukan target yang tepat.

Baca Juga :  Berikut 5 Tips Content Marketing Bagi Solopreneur

Banyak produk yang masih kesulitan dalam menentukan soft selling, dikarenakan kurangnya kreatitas. Nah saatnya Anda menyiapkan ide-ide segar yang bisa digunakan untuk meraih konsumen yang tepat untuk bisnis Anda. Jangan sampai Anda salah ide dan konten, bukan membuat produk Anda semakin terkenal malah produk Anda semakin di jauhi oleh konsumen-konsumen potensial.

Saat ini, ketika sedang berkembangnya teknologi informasi, memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi adalah suatu hal yang sangat tepat. Melakukan promosi melalui sosial media juga bisa membuat jangkauan pasar menjadi lebih luas, telebih jika Anda memiliki toko online atau menjual produk secara daring.

Baca Juga : Cermati Fitur-Fitur Accounting Software Ini Saat Pilih Software Akuntansi Terbaik

Namun terkadang hal yang menyulitkan dalam melakukan penjualan online adalah melakukan proses pembukuan dan juga pemantauan stok secara berkala, apalagi jika Anda menjual produk Anda di banyak toko online, tentunya hal ini memakan banyak waktu dan tenaga.

Solusinya, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur pembukuan, manajemen stok dan integrasi dengan banyak e-commerce di Indonesia salah satunya adalah Accurate Online.

Baca Juga :  Pebisnis Online Makin Dimanjakan Dengan Fitur Smartlink E-Commerce di Accurate Online

Accurate Online adalah  cloud accounting software buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Tertarik membuat kemudahan dalam pengelolaan pembukuan bisnis online Anda? Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Baca Juga : Accurate Online Makin Memudahkan Wajib Pajak Dengan Fitur Pelaporan Pajak E-Filling

coba gratis 30 hari accurate online

Dan Accurate Online sedang ada DISKON LANGSUNG 600 RIBU, jika Kamu berlangganan sekarang juga !. Cara berlangganannya cukup mudah, hanya tinggal klik tautan pada gambar dibawah ini.

accurate online diskon langsung 600 ribu