Persediaan barang di gudang tidak update dengan dicatatan pembukuan? Pasti hal ini pernah dirasakan oleh hampir semua pemilik usaha. Dimana permintaan akan suatu barang sedang tinggi-tingginya disaat mau dikirimkan ke pelanggan malah stoknya kurang. Hal ini memiliki dampak negatif terhadap bisnis Anda sendiri dan pastinya akan membuat pelanggan Anda merasa kecewa, dan pastinya tidak akan percaya atau mau membeli ditempat Anda lagi.

Tidak mau kan hal ini terjadi, nah solusinya Anda harus memiliki manajemen persediaan barang yang baik. Agar hal-hal yang dapat merugikan bisnis tidak terjadi, dan bisa menjaga kepercayaan pelanggan.

Baca Juga :  Apa sih Bedanya Menghitung Persediaan Metode Periodik dan Perpetual?

Kepuasan pelanggan adalah salah satu kunci utama dari kesuksesan suatu bisnis. Jika pelanggan sudah merasa puas, baik dengan produk dan pelayanan yang diberikan, otomatis akan menyarankan ke yang lainnya untuk membeli dari tempat Anda.

Hal itu bisa Anda dapatkan dengan mengelola persediaan barang di gudang.

Berikut tips efektif untuk mengelola persediaan barang di gudang.

Menyusun SOP

Standard Operational Procedure tak hanya dibuat untuk melakukan aktivitas nyata di kantor ataupun pabrik, tapi juga sangat penting untuk kegiatan pergudangan. Dalam mengelola barang di gudang, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan jadi segala sesuatunya juga harus dilakukan secara mendetail.

Tak hanya tentang tata cara pengelompokan barang-barang, tapi juga mengenai masalah-masalah yang sering muncul dan cara menanganinya. Selain itu, jika terjadi perubahan atau pemindahan barang atau ada barang yang baru, di mana sebaiknya meletakkannya, itu semua harus tertulis secara jelas di SOP. Jika setiap karyawan berpedoman pada SOP manajemen stok barang, maka semuanya akan berjalan secara sistematis dan jelas.

Baca Juga :  Bagaimana Mencatat Stok Barang Yang Hilang Rusak di Accurate Online

Mengecek Persediaan Secara Berkala

persediaan barang dagang

Apalagi jika perusahaan Anda adalah perusahaan yang besar dengan persediaan yang sangat banyak, maka pengecekan barang harus dilakukan secara berkala. Hal ini untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Dengan mengecek barang, Anda jadi tahu barang mana yang mengalami penurunan kualitas sehingga bisa segera memisahkannya dengan barang lain yang masih bagus. Jika tidak dipisahkan, maka ada kemungkinan barang yang rusak ini akan mempengaruhi barang lainnya yang masih bagus.

Lakukan Stock Opname

persediaan barang

Stock opname adalah upaya untuk mencocokkan catatan persediaan barang di gudang dengan jumlah aktual yang ada di gudang. Pencatatan ini berguna ketika akan melakukan pencatatan pembukuan atau penghitungan kekayaan bisnis. Dengan melakukan stock opname ini, Anda bisa tahu kondisi aktual gudang Anda. Anda pun jadi lebih mudah mengontrolnya. Jika ternyata ditemukan ketidakcocokan antara catatan yang ada di buku dengan jumlah barang yang ada di gudang, Anda bisa berusaha mencari sebabnya. Bisa jadi ada transaksi yang belum masuk ke buku catatan.

Selain itu, hal ini untuk menghindari terjadinya kecurangan atau pencurian barang di gudang. Bisa juga jumlah barang yang tercatat lebih sedikit dari jumlah barang yang ada di gudang. Hal ini bisa jadi disebabkan karena ada barang yang belum dikirimkan ke konsumen sehingga jumlahnya berlebihan sedangkan transaksinya sudah tercatat. Stock opname sangat bermanfaat untuk mengontrol persediaan barang di gudang Anda.

Baca Juga :  Pentingnya Stock Opname Bagi Industri dan Ritel

Memberikan Kode untuk Setiap Produk

Meskipun setiap barang sudah ada namanya, tapi akan lebih baik jika Anda memberikan produk khusus untuk lebih memudahkan karyawan Anda ketika menatanya. Kode tersebut bisa berupa inisial brand produk, warna, rasa (jika ada), dan masih banyak lagi. Pemberian kode ini selain memudahkan penyusunan barang, juga akan membuat proses transaksi lebih praktis. Semisal jika ada pembeli membeli produk tersebut, Anda lebih mudah mengambilnya di gudang jika ada kode barangnya.

Baca Juga :  Mudahnya Pindah Barang Antar Gudang dengan Accurate Online

Kode ini juga bisa menjadi pedoman dalam pengurutan abjad ketika mengelompokkan barang sehingga penyusunan barang menjadi lebih sistematis dan lebih mudah diambil saat dibutuhkan. Mengelola persediaan barang di gudang selain untuk menjaga kepercayaan konsumen dalam jangka panjang, juga untuk menjaga kualitas barang itu sendiri sehingga Anda bisa memberikan yang terbaik untuk konsumen.

Pelayanan distribusi serta penataan barang pun bisa lebih terjaga. Segala sesuatu yang terorganisir tentunya akan lebih baik, bukan? Jadi tunggu apa lagi, segera kelola persediaan gudang Anda sekarang juga. Tentunya hal ini merupakan kegiatan yang sangat menyita waktu, karena sang pemilik toko atau karyawan harus benar-benar mengecek keadaan dan kondisi persediaan barang dagang perusahaan. Terlebih lagi apa bila barang dagang yang tersedia dalam perusahaan tersebut beragam atau bermacam-macam.

Baca Juga :  Aplikasi Pembukuan Untuk Mengelola Stok Barang Online Shop Kamu

Untuk itu Accurate Online hadir untuk membantu para pelaku usaha dalam hal pencatatan pembukuannya, terutama untuk urusan stock opname. Accurate Online memiliki fitur untuk melakukan stock opname. Perintah Stok Opname merupakan fitur yang ada di menu Inventory yang berfungsi untuk melakukan stok opname atas barang-barang yang ada di gudang. Pada Perintah Stok Opname akan diinformasikan Tanggal Mulai Stok Opname, Penanggung Jawab, Gudang, dan Kategori Barang yang akan dilakukan stok opname.

Tertarik membuat kemudahan dalam pengelolaan pembukuan bisnis online Anda? Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

coba gratis 30 hari accurate online

Dan Accurate Online sedang ada DISKON LANGSUNG 600 RIBU, jika Kamu berlangganan sekarang juga !. Cara berlangganannya cukup mudah, hanya tinggal klik tautan pada gambar dibawah ini.

accurate online diskon 600 ribu