Tips mengatur rumah selama wfh tidaklah mudah, karena dibutuhkan persiapan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Menyelesaikan pekerjaan dari kenyamanan rumah Anda sendiri adalah impian yang didambakan banyak orang. Untuk pemilik usaha kecil, skenario ini jauh lebih mungkin untuk meningkatkan produktivitas selama WFH atau work from home, karena banyak dari Anda sudah menjalankan bisnis dengan kebebasan dalam mengeloa bisnis dari rumah.

Pada kenyataannya, bekerja dari kantor membutuhkan kedisiplinan, perencanaan, dan keterbukaan untuk berubah dan memaksimalkan produktivitas. Hal ini pun bisa Anda lakukan  jika Anda bekerja di rumah selama masa WFH dengan beberapa tips yang bisa meningkatkan produktivitas Anda.

Baca Juga : Mulai WFH? Berikut Tipsnya Agar Tidak Bosan dan Produktif Selama Bekerja

tips mengatur rumah selama wfh

Siap mencari cara untuk mengatur rumah Anda selayaknya kantor untuk meningkatkan produktivitas bekerja selama WFH?

Berikut tips mengatur rumah selama wfh, yang telah dirangkum oleh solusiaccurate :

Buat Sistem Pengarsipan

Baik itu lemari arsip dengan tab untuk mengkategorikan file bisnis Anda atau struktur folder digital pada desktop Anda, membuat sistem untuk melacak dan mengatur file sangat penting untuk meningkatkan produktivitas selama WFH.

Jika Anda tidak dapat menemukan file yang Anda butuhkan secara tepat waktu, berapa banyak waktu yang Anda buang?

Saat bekerja dari rumah, luangkan waktu untuk membuat sistem untuk mengatur dokumen Anda berdasarkan subjek, fungsi, atau kepentingan.

Baca Juga : Monitor Bisnismu Saat #dirumahaja dengan Accurate Online

Kiat Produktivitas: Selama waktu yang tidak sibuk, buka file terbaru Anda untuk melihat apakah dokumen dan file berada di tempat seharusnya.

Buat folder Struktur File kosong sebagai Struktur File Master yang ingin Anda gunakan. Struktur folder Anda minimal harus mencakup:

  • Kategori Folder

  • Folder Sub-Kategori

Lihat di sini contoh struktur folder oleh Coschedule.

Setelah Anda merasa semua sudah benar, cukup salin dan tempelkan struktur folder ke lokasi tempat Anda bekerja. Dari sana, Anda dapat mulai menyimpan file dengan tempat yang tepat. Dengan cara ini, semua folder dan berkas yang yang Anda gunakan akan diselesaikan dalam struktur persis seperti yang Anda rencanakan, membuat item lebih mudah dinavigasi dan ditemukan.

Hilangkan Kertas & Go Digital

Menjalankan semua jenis bisnis pada umumnya harus menyertakan dan mengelola dokumen. Pentingnya manajemen dokumen tidak dapat diabaikan. Kemampuan untuk mendigitalkan dan menyimpan dokumen penting — seperti faktur, kwitansi, dan dokumen pajak di cloud memberi para pemilik usaha kecil pilihan untuk menghilangkan kekacauan dan kerumitan pada berkas fisik.

Kiat Produktivitas: Memilih software akuntansi online sebagai alat Anda untuk memindahkan dokumen penting bisnis ini ke penyimpanan cloud. Ada banyak aplikasi pemindaian gratis yang tersedia, seperti CamScanner, Adobe Scan, dan Scanbot yang dapat dengan cepat membaca dan mentransfer dokumen hardcopy Anda ke file digital.

Baca Juga : Accurate Online Makin Manjakan Wajib Pajak dengan fitur Pelaporan Pajak E-Filing Pajak

Dari sana, pemilik usaha kecil dapat dengan mudah menyimpan dokumen mereka di penyimpanan cloud dokumen pilihan mereka. Untuk dokumen keuangan, Accurate Online juga dapat dengan mudah membuat faktur lengkap, baik faktur penjualan, pembelian, pencatatan dan pelaporan perpajakan tanpa harus mencatatnya di kertas. Hal ini tentu akan membuat bisnis Anda paperless dan akan meningkatkan produktivitas selama WFH.

Pertimbangkan Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami adalah pertimbangan utama saat Anda berencana meningkatkan produktivitas selama masa WFH. Anda bisamemindahkan meja Anda di sebelah jendela untuk memaksimalkan paparan cahaya alami atau agar Anda mendapatkan pemandangan yang lebih menarik.

Menurut studi Make Great Light, ada banyak manfaat kesehatan untuk bekerja di dekat pencahayaan alami, termasuk peningkatan produktivitas, kemampuan membaca mata Anda, serta memicu sinyal penting dalam sistem endokrin Anda untuk membantu mengatur tidur, suasana hati Anda, dan Anda sistem imun.

Kiat Produktivitas: Jika bekerja di sebelah jendela bukanlah suatu pilihan, pastikan untuk menjadwalkan istirahat 30 menit di luar sepanjang hari Anda atau cukup makan siang di luar. Anda akan kembali ke rumah dengan perasaan segar  baik secara mental maupun fisik.

Baca Juga : Laporan keuangan apa saja yang harus disiapkan menjelang akhir tahun?

Atur Mood yang Tepat

Menyiapkan diri Anda untuk suasana hati yang produktif adalah kunci untuk mendefinisikan ruang kerja Anda. Pernah bertanya-tanya mengapa detak jantung Anda berdetak atau melambat pada saat mendengarkan musik kemacetan?

Menggunakan nada khusus untuk berbagai jenis pekerjaan dapat memiliki manfaat besar bagi produktivitas saat bekerja di rumah Anda. Mendengarkan musik sambil bekerja dan belajar juga dapat membantu meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan bahkan ingatan.

Kiat Produktifitas: Dapatkan beberapa speaker berkualitas tinggi yang terpasang di rumah Anda dan siapkan playlist khusus yang didedikasikan untuk waktu hari atau tugas kerja.

Jika Anda tahu pagi-pagi benar-benar didedikasikan untuk menulis, maka pertimbangkan untuk memainkan lagu yang lambat dan tanpa lirik agar Anda tetap berkonsentrasi penuh. Sebaliknya, Anda mungkin ingin membuat daftar putar up-beat untuk membaca seluruh email masuk.

tips mengatur rumah selama wfh

Baca Juga :

Siap mengatur laporan finansial dalam hitungan menit? Rata-rata pemilik usaha kecil di Accurate Online hanya perlu hingga 40 menit untuk memilah-milah transaksi sepanjang tahun! Cukup atur akun bank Anda, tinjau transaksi Anda melalui fitur rekonsiliasi otomatis, dan tidak ada lagi entri manual dan waktu yang terbuang. 

Sedangkan untuk urusan pembukuannya serahkan saja kepada ,Accurate Online aplikasi pembukuan zaman now yang cukup friendly meskipun kamu tidak mengerti akuntansi. Kamu bisa input transaksi, cek laporan penjualan, laporan stok langsung kapanpun dan dimana pun, dan semua laporannya REAL TIMEAccurate Online adalah aplikasi pembukuan yang ringan bagi UMKM. Begitu pun harganya, sangat terjangkau untuk bisnis UMKM tidak sampai 2 juta loh!! Apalagi sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini

Baca Juga : Accurate V5 Promo 11.11. Diskon Hingga 7 Juta Rupiah loh!

Cobalah Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

coba gratis 30 hari accurate online