Cash flow atau laporan arus kas, yaitu salah satu jenis laporan keuangan yang menyajikan informasi relevan tentang arus kas masuk serta arus kas keluar perusahaan. Dalam laporan arus kas ini akan melaporkan aliran kas yang berasal dari beberapa sumber.

Mulai dari kegiatan operasional, aktivitas investasi, serta kegiatan pendanaan perusahaan. Tujuan penyusunan laporan ini adalah untuk mengetahui secara real berapa pengeluaran dan penerimaan kas perusahaan. Dengan begitu akan lebih mudah mengetahui potensi realisasi kas di masa akan datang. Dii artikel berikut ini akan dijelaskan cara mudah membuat cash flow bisnis, bagi pelaku bisnis terutama yang baru memulai usaha atau bisnisnya.

Baca Juga : Pusing Hitung Biaya Operasional Usaha? Accurate Online Solusinya

cash flow bisnis

Cara Mudah Membuat Cash flow Dalam Bisnis

Mengumpulkan semua data uang  perusahaan yang masuk dan keluar pada kurun waktu yang ditetapkan (contoh: satu bulan). Uang keluar tersebut meliputi kewajiban – kewajiban yang perlu dibayarkan oleh bisnis kalian. Dengan bikin cash flow bisnis yang baik, maka kalian akan memahami bisnis kalian sesungguhnya mendatangkan laba, rugi (minus) atau justru stagnan.

Baca Juga : Pengertian Contoh Sederhana dan Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya

Bagian dari cash flow

Untuk bikin cashflow bisnis yang oke, sesunggunya ada beberapa komponen yang perlu kalian perhatikan dengan seksama. Tentunya komponen – komponen tersebut perlu kalian sebagai pelaku bisnis urai satu per satu. Dengan mengurai komponen pada sebuah cash flow, kalian akan satu langkah lebih maju untuk bikin cash flow bisnis yang rapi. Komponen – komponen tersebut terdiri dari :

1. Arus kas yang berasal dari kegiatan – kegiatan untuk bisnis (operating activities)

Yang dimasud adalah arus keuangan yang sumbernya dari kegiatan – kegiatan yang terjadi selama sebuah bisnis berlangsung. Sebagai sebuah contoh, konsumen yang membayar produk dari bisnis kalian, atau kewajiban kalian sebagai pelaku bisnis yang perlu membayar gaji bulanan karyawan – karyawan kalian, dan lain sebagainya).

Baca Juga : Pengertian Kas Kecil Beserta Fungsi dan Metodenya

2. Arus kas yang berasal dari kegiatan investasi (investing activity)

Yang dimasud poin di atas, adalah keuangan yang bersumber dari investasi dari bisnis kalian, baik uang masuk maupun uang keluar yang disebabkan karena sebuah investasi. Sebagai sebuah contoh, pembelian gerobak untuk bisnis kuliner yang kalian geluti, atau pembelian mobil untuk operasional sebuah perusahaan. Hal ini semua tentu termasuk dalam kategori arus kas investasi bisnis.

3. Arus Kas yang berasal dari pendanaan pada bisnis (financing activities)

Yang termasuk dalam arus kas yang bersumber utamanya dari dana masuk yang didapat dari bisnis kalian. Sebagai contoh yang sederhana untuk arus kas pendanaan bisnis, adalah emisi sebuah saham, obligasi yang terjual, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Berikut Trik Mengelola Keuangan Bisnis Tanpa Harus Paham Akuntansi

Bikin cash flow bisnis yang oke itu, caranya.

Tentunya ada banyak cara atau langkah yang bisa kalian lakukan untuk bikin cash flow bisnis menjadi rapi dan meningkat tinggi. Langkah – langkah yang dapat kalian pilih untuk bikin cash flow bisnis oke adalah :

  • Cocokkan Stok

Untuk bikin cashflow bisnis, kalian tentu perlu mencocokkan stok yang kalian miliki dengan kebutuhan atau permintaan pasar. Terlebih lagi, sebagai contoh kasus, jika permintaan pasar masih dalam kuantitas cenderung kecil, maka lakukan pembelian stok barang sesuai dengan permintaan pasar tersebut.

Jika stok yang kalian miliki sangat jauh dibandingkan permintaan pasar, terlebih jika stok barang tersebut memiliki masa berlaku dan tanggal kadaluarsa, bisnis kalian tentu akan mengalami kerugian. Salah satu hal untuk bikin cash flow bisnis yang sehat adalah dengan tidak berlebih melakukan penyetokan barang.

Baca Juga : Tips Efektif Untuk Mengelola Persediaan Barang di Gudang

  • Usahakan untuk Selalu Down payment

Nah, langkah ini juga termasuk penting untuk bikin cash ow bisnis jadi lebih lancar. Untuk transaksi – transaksi bisnis kalian, usahakan banget untuk ada down payment atau uang muka yaa! Yang mana, itu berarti kalian sebagai pelaku bisnis akan mengurangi transaksi – transaksi yang menggunaka sistem kredit. Membuat cashflow tentunya akan lebih mudah jika aliras kas masuk lebih banyak, ketimbang aliran dana keluar.

  • Pengecekan Pendapatan

Saat bisnis kalian sudah ada pemasukan, tentunya kalian sebagai pemilik bisnis perlu melakukan pengecekan dan pengaturan, kira – kira dana yang masuk tersebut harus dialokasikan pada pos – pos mana saja. Banyak pos pada perusahaan yang perlu dibagi, seperti contoh pos – pos marketing untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis kalian, pos investasi, pos biaya darurat, dan pos – pos lainnya. Usahakan bagi biaya pos secara bijak yaaa Sobat UKM!

Itulah pengertian pengertian cash flow lengkap dengan contoh, metode dan cara membuatnya. Membuat laporan arus kas adalah keharusan bagi Anda pemilik bisnis, terutama jika dalam bisnis Anda memiliki pihak investor atau stakeholder eksternal.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Lengkap dan Mudah Dipahami

Dengan adanya laporan cash flow, para stakeholder bisa dengan mudah memantau perkembangan bisnis yang telah diberikan pendanaan, bagi pihak internal cash flow bisa menjadi sumber informasi untuk evaluasi bisnis Anda.

Cash Flow

Untuk memudahkan membuat dan dan mengelola cash flow dengan optimal, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur laporan keuangan terlengkap dan sesuai kebutuhan bisnis seperti Accurate Online.

Baca Juga : Cermati Fitur-Fitur Accounting Software Ini Saat Pilih Software Akuntansi Terbaik

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa membuat lebih dari 100 jenis laporan keungan secara otomatis, cepat, dan minim kesalahan. Tertarik menggunakan Accurate Online? Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

coba gratis 30 hari accurate online

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Baca Juga Apa sih bedanya Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online?

accurate online diskon 600 ribu

Baca Juga : Berikut Tips Memaksimalkan Masa Uji Coba Gratis Accurate Online Selama 30 Hari

atau Kontak Team Marketing Accurate dibawah ini, jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman :