Akuntansi bisnis jasa merupakan pencatatan pada suatu perusahaan yang menjual atau menawarkan jasa untuk mencukupi kebutuhan konsumen. Dengan bahasa lain, perusahaan jasa menjual “barang” yang tidak mempunyai wujud.

Baca Juga : Berikut 3 Tahapan Siklus Akuntansi Yang Wajib Diketahui Oleh Pelaku Bisnis

Berbicara mengenai akuntansi bisnis jasa, sebenarnya tidak banyak memiliki perbedaan dengan akuntansi perusahaan dagang yang produknya memiliki wujud. Perbedaan keduanya hanya terletak pada proses kegiatan usahanya saja. Meski begitu, pencatatan akuntansi pada bisnis jasa rupanya lebih sederhana dibandingkan pada perusahaan dagang pada umumnya.

Perusahaan jasa hanya memiliki akun pendapatan transaksi penjualan, sedangkan perusahaan dagang memiliki akun penjualan, harga pokok persediaan, harga pokok penjualan pada akun pendapatanya.

Baca Juga : 11 Tipe Akun Yang Sering Ditemukan di Neraca Perusahaan

akuntansa bisnis jasa

  • Tahapan Akuntansi Bisnis Jasa

Setelah memahami perbedaan dari akuntansi bisnis perusahaan dagang dengan akuntansi bisnis jasa, berikut ini akan dijelaskan mengenai tahapan akuntansi bisnis perusahaan jasa yang perlu diketahui, khususnya bagi Anda yang akan menjalankan usaha di bidang jasa:

Baca Juga : Siapa Saja Pemakai Informasi Akuntansi Dalam Bisnis?

  • Analisa Transaksi (Penggolongan dan Pencatatan)

Seperti biasa, tahap pertama adalah pengumpulan data dari setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Kumpulkan data dari setiap transaksi (nota, kuitansi dll). Catat seluruh transaksinya dalam jurnal umum. Setelah itu pindahkan ke buku besar, dengan mengurutkan data sesuai dengan tanggal, nomor urut dan nama akun.

  • Neraca Saldo

Selanjutnya, membuat neraca saldo atau neraca percobaan, untuk menilai proses dari jurnal umum ke buku besar sudah benar atau perlu ada koreksi. Dalam hal ini, Antara debit dan kredit harus seimbang.

Baca Juga : Berikut Cara Mudah Memahami Neraca Bagi Pebisnis UKM

  • Jurnal Penyesuaian

Selanjutnya melakukan penyusunan jurnal penyesuaian terhadap transaksi yang berpengaruh pada akun-akun bisnis, seperti peralatan, uang sewa hingga penyusutan. Pada tahapan ini, akun-akun baru biasanya akan muncul.

  • Neraca Lajur

Pada penyusunan neraca lajur, akan mengacu pada neraca saldo dan jurnal penyesuaian. Neraca lajur ini akan memberikan informasi berupa laporan laba dan rugi  serta neraca. Hal ini akan menjadi dasar pada pembuatan laporan keuangan akuntansi bisnis jasa Anda.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Lengkap dan Mudah Dipahami

  • Laporan Keuangan

Saatnya membuat laporan keuangan akuntansi bisnis jasa Anda. Isi dari laporan keuangan ini adalah laporan laba rugi, neraca, laporan serta perubahan modal. Laporan laba rugi akan memunculkan pendapatan dan biaya yang telah dikeluarkan perusahaan, agar diketahui berapa rugi dan untungnya. Dalam laporan neraca, semua posisi keuangan perusahaan dari modal, asset dan utang akan ditampilkan.

  • Jurnal Penutup

Jurnal penutup akan dibuat agar setiap akun perkiraan saldonya menjadi 0. Setelah itu, yang tersisa hanya akun perkiraan yang mempengaruhi neraca saja yang masih memiliki saldo.

Baca Juga : Pentingnya Jurnal Akuntansi Untuk Usaha Kecil dan Menengah

  • Jurnal Pembalik

Sebaliknya, jurnal pembalik dalam tahapan akuntansi bisnis ini adalah pembalikan beberapa akun yang telah ditutup untuk mengembalikan saldonya. Beberapa akun seperti pembayaran yang dibayar di muka dan belum jatuh tempo akan ditulis dalam jurnal ini.

  • Neraca Akhir atau Awal

Neraca akhir atau awal ini dibuat sebagai neraca akhir dalam akhir periode, dan menjadi neraca awal karena digunakan sebagai awal akuntansi bisnis jasa untuk periode berikutnya.

Gunakan Accurate Online untuk Kemudahan Pembukuan segala Bisnis Anda

Baca Juga : Dengan Fitur Transaksi Berulang Accurate Online Memudahkan User Dalam Input Transaksi Yang Sama

Untuk menjadikan segala tahapan akuntansi menjadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk efisiensi setiap tahapannya. Salah satu software akuntansi terbaik yang cocok untuk semua jenis bisnis adalah Accurate Online.

Telah membuat pembukuan lebih baik dari sejak tahun 2000 dan digunakan oleh 300 ribu pengguna, menjadikan Accurate menjadi software akuntansi buatan anak bangsa yang telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016.

Baca Juga : Cermati Fitur-Fitur Ini Saat Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi  Bisnis UMKM

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

accurate online

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Baca Juga : Apa sih bedanya Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online?

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis