Biaya operasional adalah biaya yang terkait dengan menjalankan dan mengelola bisnis. Biaya ini kadang-kadang disebut juga sebagai biaya dalam mengoperasikan perangkat, mesin atau peralatan. Tentunya biaya-biaya ini muncul pada laporan laba rugi.

Manfaat Biaya Operasional

Biaya operasional sangat penting karena membantu mengukur biaya perusahaan dan efisiensi manajemen stok. Ini menyoroti biaya dan kebutuhan yang perlu dilakukan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan, yang merupakan tujuan utama perusahaan.

Baca Juga : Pengertian, Contoh Sederhana dan Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya

Jika sebuah perusahaan mengeluarkan biaya operasi yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan para pesaingnya, itu mungkin menunjukkan bahwa perusahaan tersebut menghadapi manajemen stok yang buruk dan mungkin mengalami masalah kelebihan stok dalam waktu dekat.

Kerugian dari melihat biaya operasi perusahaan adalah angka absolut, bukan rasio. Artinya biaya tidak dapat mencerminkan ukuran suatu perusahaan, sehingga tidak masuk akal untuk digunakan sebagai indikasi antar perusahaan meskipun berada dalam industri yang sama.

Baca Juga : Apa itu biaya dibayar dimuka dan bagaimana Penjurnalannya

Namun, mereka bisa sangat berperan dalam analisis horizontal karena dapat mencerminkan kinerja perusahaan saat ini di masa lalu.

biaya operasional

Kategori Biaya Operasional

Anda harus mengeluarkan uang untuk menjalankan bisnis Anda. Anda memiliki biaya pemasaran dan biaya administrasi, dan secara bersama-sama ini membentuk biaya operasional Anda. Ketika Anda mempelajari untuk memeriksa biaya-biaya ini secara terperinci, Anda dapat menemukan cara untuk memotong biaya dan mengevaluasi efektivitas dana yang Anda habiskan untuk menjaga bisnis Anda terus berjalan.

Baca Juga : 5 Strategi Untuk Memaksimalkan Penyusunan Laporan Arus Kas Bisnis

Bagilah biaya operasional dalam bisnis Anda ke dalam berbagai kategori sehingga Anda dapat memahami bagaimana Anda menanggungnya setiap bulan.

Berikut adalah kategori dari biaya operasional.

      • Biaya Variabel

Anda memiliki beberapa pengeluaran yang dapat berubah dari minggu ke minggu atau bulan ke bulan. Biaya-biaya ini naik ketika Anda memproduksi atau menjual lebih banyak. Contohnya termasuk upah produksi, bahan baku dan biaya pengiriman.

Anda dapat melacak ini selama periode satu tahun dan membaginya dengan 12 untuk menemukan biaya variabel rata-rata. Setiap kali Anda memutuskan untuk meningkatkan produksi, ketahuilah bahwa Anda akan meningkatkan biaya variabel Anda.

Baca Juga : Berikut Trik Mengelola Keuangan Bisnis Tanpa Harus Paham Akuntansi

      • Biaya Tetap

Beberapa biaya yang Anda keluarkan adalah tetap setiap bulan. Ini termasuk pembayaran sewa atau hipotek, gaji untuk karyawanl non-produksi, asuransi, pembayaran sewa, hosting internet, layanan telepon, dan pemeliharaan gedung.

Pikirkan biaya tetap Anda sebagai biaya layaknya Anda membuka pintu setiap hari. Anda dikenakan biaya tetap, tidak peduli berapa banyak atau seberapa sedikit Anda memproduksi atau menjual.

Cari cara untuk meningkatkan penjualan sambil memotong biaya tetap, dengan begitu Anda dapat membangun keuntungan perusahaan Anda lebih besar.

Baca Juga : Membuat Faktur Penjualan di Accurate Online Dapat Dengan Mudah dan Cepat

      • Biaya Bunga

Meskipun ada yang menganggap pengeluaran dari bunga hutang adalah sebagai ” biaya tetap” karena jumlahnya selalu sama setiap bulan, Anda harus melihatnya sebagai biaya tersendiri yang Anda keluarkan karena Anda meminjam uang untuk mengembangkan bisnis Anda.

Pantau pos pengeluaran Anda pada pinjaman, proteksi cerukan, kartu kredit perusahaan, dan saldo yang belum Anda bayar kepada vendor. Kategorikan ini sebagai biaya bunga ketika menghitung total biaya operasional Anda.

Setiap kali Anda memutuskan untuk mendanai ekspansi bisnis dengan uang pinjaman, Anda akan tahu Anda berencana untuk meningkatkan porsi bunga dari biaya operasional Anda.

Baca Juga : Monitor Bisnis Anda Jadi Mudah Saat dirumah aja dengan Accurate Online

      • Penyusutan

Bagian dari biaya operasional Anda mencakup nilai yang Anda hilangkan setiap bulan untuk bangunan, peralatan, kendaraan, dan pealatan kantor. Penyusutan ini dihitung sebagai biaya operasional yang sedang berlangsung dan harus dimasukkan ketika Anda melakukan proses pembukuan setiap bulan.

Seperti halnya metrik keuangan apa pun, biaya operasi harus dibandingkan selama beberapa periode pelaporan untuk memahami tren apa pun yang terjadi. Perusahaan terkadang dapat memangkas biaya untuk kuartal tertentu sehingga menggembungkan pendapatan mereka untuk sementara waktu.

Jika Anda seorang investor atau pemilik usaha, tentunya Anda harus memantau biaya untuk melihat apakah Biaya operasional ini meningkat atau menurun dari waktu ke waktu sambil juga membandingkan hasil tersebut dengan kinerja pendapatan dan laba.

Baca Juga : Metode Penyusutan Aktiva Tetap Pengertian dan Contoh Pencatatan Jurnalnya

Rasio Biaya Operasi

Memahami biaya operasi Anda penting karena memungkinkan Anda memperoleh banyak angka dan rasio bisnis relevan lainnya. Di bawah ini adalah dua poin data terpenting yang dapat Anda peroleh melalui biaya pengoperasian.

Pendapatan operasional

Biaya operasional dapat membantu Anda menentukan pendapatan operasional Anda. Pendapatan operasional adalah total keuntungan yang terkait dengan operasi perusahaan Anda. Rumus untuk menghitung pendapatan operasional adalah:

Pendapatan operasional = Pendapatan total – biaya operasional

Jadi bayangkan sebuah perusahaan memperoleh pendapatan $ 552.000 tahun lalu dan memiliki $ 100.000 di biaya operasional. Maka pendapatan operasional untuk tahun tersebut adalah $ 452.000.

Baca Juga : Berikut Tips dan Trik Tingkatkan Pendapatan Perusahaan

Rasio biaya operasi atau Operating expense ratio

Rasio lain yang dapat Anda peroleh dari biaya operasi adalah rasio biaya operasi atau Operating expense ratio (OER). Dimana perhitungan rasio ini perbandingan langsung antara pengeluaran Anda dengan pendapatan Anda, memungkinkan Anda melacak efisiensi Anda.

Misalnya, pada bagian di atas, kami menentukan bahwa pendapatan operasional perusahaan dalam contoh adalah $ 452.000. Jika Anda menjalankan perusahaan bluechip, Anda mungkin kecewa dengan angka ini.

Namun, jika Anda seorang pengusaha yang baru membuka perusahaan tahun lalu, Anda pasti akan melompat kegirangan. Pendapatan operasional yang baik itu relatif dan tidak selalu memberikan indikasi yang kuat tentang kesehatan finansial.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Sederhana Bagi Pemula

Rasio biaya operasi, di sisi lain, memang menunjukkan kesehatan finansial. Dengan mengukur efisiensi sebagai persentase, lebih mudah untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain di industri Anda.

Persamaan untuk OER adalah:

Rasio Biaya Operasi = Biaya Operasi ÷ Pendapatan

Berdasarkan contoh kami di atas, kami akan menghasilkan

OER = $ 100.000 ÷ $ 552.000 = 0,1812 × 100 = 18,12%

Rasio biaya operasi dapat bervariasi menurut industri. Misalnya, bank memiliki rasio biaya operasional yang rendah, terkadang hanya 0,00%. Lainnya, seperti industri bahan bangunan, memiliki OER sebesar 73%. Anda harus lebih memperhatikan bagaimana peringkat Anda dalam industri Anda. Jika Anda menemukan cara untuk memenuhi atau mengungguli rata-rata industri, bisnis Anda akan sukses.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang biaya operasional beserta jenis, manfaat dan rasio penrhitungannya. Untuk bisnis, biaya operasi biasanya termasuk persediaan, biaya iklan, biaya administrasi, gaji karyawan, sewa, dan biaya utilitas.

Baca Juga : Cermati Fitur-Fitur Accounting Software Ini Saat Pilih Software Akuntansi Terbaik

biaya operasional

Baca Juga : Pusing Hitung Biaya Operasional Usaha? Accurate Online Solusinya

Untuk mengelola keseluruhan biaya ini dengan mudah, Anda dapat menggunakan software akuntansi terbaik, Accurate Online. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah memenangkan Top Brand Award sebagai software akuntansi terbaik selama 5 kali berturut – turut sejak 2016.

ika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Baca Juga : Apa sih bedanya Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online?

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

accurate online