Pembelian Aset Tetap dengan Cicilan di Accurate Online, juga bisa dilakukan. Jadi tidak hanya  untuk pencatatan aset tetap secara tunai saja. Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga : Bagaimana Input  Aset Tetap Melalui Faktur Pembelian di Accurate Online

Berikut langkah – langkah menginput transaksi Pembelian Aset Tetap dengan cara cicilan :

  1. Buat data pemasok atas pembelian aset tetap secara cicilan tersebut, yaitu dari menu Pembelian | Pemasok.Pembelian Aset Tetap

  2. Jika pembelian aset tetap dengan cicilan terdapat uang muka pencatatan uang muka dilakukan melalui menu Pembelian | Uang Muka Pembelian, pilih nama vendor yang dimaksud, kemudian masukan nominal uang muka yang akan dibayarkan, klik proses dan pilih pembayaran. Contoh Kasus : Perusahaan membeli aset tetap berupa kendaraan senilai Rp 120.000.000. Dan atas pembelian tersebut diberikan uang muka sebesar 20%-nya yaitu Rp 24.000.000. Sisa-nya dilakukan cicilan selama 4 tahun. 

Baca Juga : Bagaimana Mengakui Persediaan sebagai Aset Tetap?

Mencatat Uang Muka atas Pembelian Aset Tetap

Mencatat Uang Muka atas Pembelian Aset Tetap

Jurnal Uang Muka Pembelian sebelum Pembayaran

Jurnal Uang Muka Pembelian sebelum Pembayaran

Mencatat Pembayaran Uang Muka Pembelian atas Aset Tetap

Mencatat Pembayaran Uang Muka Pembelian atas Aset Tetap

 Pembelian Aset Tetap

Jurnal Pembayaran Uang Muka Pembelian atas Aset Tetap

  1. Buat faktur pembelian untuk melakukan pencatatan atas pembelian aset tersebut, yaitu dari menu Pembelian | Faktur Pembelian, pilih nama pemasok-nya, kemudian klik “Pembelian Aset” dan jika belum pernah melakukan pembelian akan tampil “Pembelian aset tetap memerlukan barang dan akun pembelian. Accurate akan membuatkan barang dan akun perkiraan “Pembelian Aset”.  Lanjutkan ?”. Isikan nama kendaraan, kuantitas dan nilai kendaraan yang di beli. 
    Jika ada uang muka, klik icon DP dan pilih nomor transaksi atas uang muka tersebut, kemudian simpan.

Baca Juga : Cara Menjurnal Transaksi antar Kas Bank di Fitur Transfer Bank di Accurate Online

Pembelian Aset Tetap

pembelian aset memerlukan barang dan akun perantara pembelian. Accurate akan membuatkan barang dan akun perkiraan “Pembelian Aset”. Lanjutkan?

Pembelian Aset Tetap

Menggunakan Uang Muka atas Pembelian Aset Tetap

Menggunakan Uang Muka atas Pembelian Aset Tetap

Jurnal Transaksi Pembelian Aset Tetap dengan Uang Muka

Jurnal Transaksi Pembelian Aset Tetap dengan Uang Muka

  1. Selanjutkan ke menu Aset Tetap | Aset Tetap | buka transaksi aset tetap (draft) yang dibuat otomatis oleh Accurate dari transaksi faktur pembelian.Pembelian Aset Tetap

  2.  Edit Tanggal Pakai jika Tanggal Pakai tidak sama dengan Tanggal Beli,  jika aset berwujud checklist Ya (Aset Tidak Berwujud) dan jika  bukan Aset tidak berwujud, pilih Metode Penyusutan,  Akun AkumulasiAkun Beban Penyusutan dan Umur Aset.Pembelian Aset Tetap

  3.  Klik Tab info lainnya, isi Kategori Aset dan klik Simpan.

Jurnal Pencatatan Aset Tetap dengan Cicilan

Jurnal Pencatatan Aset Tetap dengan Cicilan

  1. Untuk pembayaran cicilan dari aset tersebut bisa dilakukan dari menu Pembelian | Pembayaran Pembelian, pilih Pemasok yang dimaksud dan pilih faktur atas pembelian aset tersebut. Kemudian isikan nominal cicilan yang akan dibayarkan. Hal ini dilakukan setiap periode waktu pembayaran.

Pembayaran Cicilan pada Periode Berikutnya

Pembayaran Cicilan pada Periode Berikutnya

Available for Accurate Online

Kesimpulan

Penghitungan besaran penyusutan dalam  aktiva di bisnis adalah hal yang wajib Anda lakukan. Setiap metode penyusutan aktiva tetap yang telah kami bahas memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangan suatu metode, bisa ditutupi dengan metode yang lain. Akan Lebih baik jika Anda menggunakan semua metode penghitungan dalam bisnis Anda.

Baca Juga : Accurate Online Akan Menyederhanakan Pembukuan Bisnis Hotel Anda

Jika Anda merasa kesulitan dalam menghitung penyusutan aset bisnis, atau Anda memiliki aset yang terlalu banyak sehingga sangat sulit untuk menghitungnya, Anda bisa mennggunakan bantuan software akuntansi yang memiliki fitur penghitungan dan laporan penyusutan aset secara terperinci seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang memiliki fitur paling lengkap dengan harga yang palong terjangkau. Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda akan bisa mendapatkan fitur multi mata uang, gudang, dan cabang. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 100 laporan keuangan bisnis Anda secara cepat, tepat, dan mudah.

Baca Juga : Cermati Fitur-Fitur Accounting Software Ini Saat Pilih Software Akuntansi Terbaik

Untuk menghasilkan laporan keuangan dan pencatatan transaksi yang optimal, gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan memiliki keamanan penyimpanan data yang terjamin seperti Accurate Online.

Oleh karena itu Accurate Online adalah aplikasi pembukuan yang ringan bagi UMKM. Jadi harganya, sangat terjangkau untuk bisnis UMKM tidak sampai 2 juta loh!! Apalagi sekarang Accurate Online sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Baca Juga : Apa sih bedanya Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online?

Yuks berlangganan Accurate Online sekarang juga !! atau coba Gratis 30 hari Accurate Online, tanpa komitmen apapun loh. Caranya dengan klik disini

accurate online

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate yang Aman, Mudah dan Praktis

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & akuntansi? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :