Bisnis manufaktur adalah bisnis apa pun yang menggunakan komponen, suku cadang, atau bahan mentah untuk membuat barang jadi.

Barang jadi ini dapat dijual langsung ke konsumen atau ke bisnis manufaktur lain yang menggunakannya untuk membuat produk berbeda. Bisnis manufaktur di dunia saat ini biasanya terdiri dari mesin, robot, komputer, dan manusia yang semuanya bekerja dengan cara tertentu untuk menciptakan suatu produk.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Perusahaan Manufaktur, Serta Sistem Pembukuan Yang Digunakannya

Contoh Bisnis Manufaktur

Sektor Manufaktur terdiri dari perusahaan yang bergerak dalam transformasi mekanis, fisik, atau kimiawi dari material, zat, atau komponen menjadi produk baru.

Perusahaan di sektor Manufaktur sering digambarkan sebagai pabrik dan secara khas menggunakan mesin yang digerakkan oleh tenaga dan peralatan penanganan material.

Namun, perusahaan yang mengubah bahan atau zat menjadi produk baru dengan tangan atau di rumah pekerja dan yang terlibat dalam penjualan produk ke masyarakat umum yang dibuat di tempat yang sama dari mana mereka dijual, seperti toko roti, toko permen, dan penjahit khusus, mungkin juga termasuk dalam sektor ini.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Manfaat dan Rumus Perhitungan Biaya Operasional dalam Bisnis

Perusahaan manufaktur dapat memproses bahan atau mungkin membuat kontrak dengan perusahaan lain untuk memproses bahan mereka untuk mereka. Kedua jenis perusahaan tersebut termasuk dalam manufaktur.

bisnis manufaktur

Berikut daftar semua sub-sektor tersebut:

1. Manufaktur makanan

2. Industri Minuman dan Produk Tembakau

3. Pabrik Tekstil

4. Pabrik Produk Tekstil

5. Manufaktur Pakaian

6. Manufaktur Kulit dan Produk Terkait

7. Pembuatan Produk Kayu

8. Pembuatan Kertas

9. Percetakan dan Kegiatan Penunjang Terkait

10. Manufaktur Produk Minyak dan Batubara

11. Manufaktur Kimia

12. Manufaktur Produk Plastik dan Karet

13. Pembuatan Produk Mineral Bukan Logam

14. Manufaktur Logam Primer

15. Pabrikan Produk Logam Fabrikasi

16. Peralatan Elektronik

17. Manufaktur Peralatan dan Komponen

18. Manufaktur Peralatan Transportasi

19. Manufaktur Furnitur dan Produk Terkait

20. Manufaktur Lain-lain

Dimana bisnis manufaktur tidak seperti jenis bisnis lainnya. Sementara bisnis ritel atau pengecer menjual stok dan perusahaan jasa menjual layanan  mereka, produsen yang biasanya termasuk usaha pabrikasi dan manufaktur membuat produk baru dari awal hingga menjadi barang jadi bernilai ekonomis.

Baca Juga : Berikut Tips Efektif Untuk Mengelola Persediaan Barang di Gudang

Tidak seperti pada jenis bisnis lainnya, akuntansi dan pembukuan pada bisnis manufaktur harus memperhitungkan bahan baku dan biaya pemrosesan, dan tentu mereka juga harus menghitung nilai barang jadi yang mereka buat.

Dalam panduan ini kita akan melihat dan mempelajari tantangan yang ada pada bisnis pabrikasi dan solusi yang Anda dapatkan dengan fitur manufaktur pada Accurate Online.

Hal yang Perlu Diperhatikan pada Proses Akuntansi Pabrikasi

Penting bagi Anda untuk menentukan metode pembukuan yang tepat untuk bisnis pabrikasi yang sesuai standar dan visibilitas seluruh data keuangan yang efisien. Pastikan juga Anda menggunakan metode akuntansi yang paling cocok untuk bisnis Anda. Hal ini penting, karena nantinya ini akan berhubungan laporan keuangan yang dihasilkan setiap bulannya.

Berikut adalahh di gambaran umum tentang hal apa saja yang harus ada pada proses pembukuan pabrikasi:

Biaya pekerjaan pesanan (job costing)

Umumnya digunakan untuk pembuatan batch. Proses ini berguna untuk mencatat jam kerja dan unit bahan baku yang dibutuhkan untuk setiap batch atau antrian produksi.

Baca Juga : Berikut Pengertian dan Manfaat Job Costing, Serta Penerapannya Dalam Bisnis 

Menentukan standar biaya produksi

Standar biaya produksi  biasanya dikaitkan dengan biaya bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead produksi pada perusahaan manufaktur.

Daripada menetapkan biaya aktual bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead produksi ke suatu produk, banyak produsen menetapkan biaya yang diharapkan atau standar biaya produksi.

Ini berarti bahwa persediaan produsen dan harga pokok penjualan akan dimulai dengan jumlah yang mencerminkan standar biaya produksi, bukan biaya sebenarnya dalam dari suatu produk.

Formula produksi

Baca Juga : Bill Of Material : Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Membuatnya

Membuat formula produksi adalah untuk melakukan penghitungan total biaya produksi melibatkan penghitungan rinci untuk biaya bahan, tenaga kerja, dan overhead.

Dibutuhkan analisis realistis dari berbagai departemen perusahaan untuk menunjukkan kontribusinya pada proses manufaktur dan biaya kontribusinya.

Proses pembuatannya formula ini biasanya melalui tiga tahap: bahan mentah, pekerjaan dalam proses dan produk jadi. Penghitungan biaya produksi total, juga dikenal sebagai harga pokok penjualan, melibatkan penghitungan biaya untuk setiap tahap produksi.

Rencana produksi

Pada tahap perencanaan produksi, bisnis mengkalkulasikan semua bahan baku secara terperinci, sumber daya manusia dan biaya lainnya  terkait dengan proses produksi dalam satu batch.

Penetapan biaya berdasarkan aktivitas

Proses ini digunakan saat fine-tuning dan meningkatkan proses produksi. Ini juga dapat dikaitkan dengan kegiatan seperti layanan pelanggan.

Baca Juga : Pengertian dan 3 Tahapan Siklus Akuntansi Yang Wajib Diketahui Oleh Pengusaha

Ada juga penetapan biaya berbasis aktivitas berdasarkan waktu yang merupakan variasi proses ini dan berguna untuk memperhitungkan biaya selama periode tertentu.

Add On Manufaktur Accurate Online untuk Mudahkan Usaha Pabrikasi

fitur manufaktur accurate online

Kini, dengan Accurate Online Anda bisa melakukan penghitungan dan pemantauan proses dan laporan keuangan pabrikasi Anda secara lebih mudah.

Fitur manufaktur di Accurate Online dirancang bagi Anda pemiliki usaha pabrikasi untuk memastikan analisa keuangan yang mendalam dan proses yang menyeluruh untuk peningkatan produktivitas bisnis Anda.

Baca Juga : Berikut Tantangan Akuntansi dalam Perusahaan Kontruksi

Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa dengan mudah merumuskan standar biaya produksi, merancang formula produksi, pembuatan rencana produksi, perintah kerja, memantau pengambilan bahan baku, monitoring penyelesaian produksi, alokasi biaya produksi dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda juga bisa mendapatkan laporan dari proses pabrikasi dengan rincian yang faktual dan dapat Anda akses melalui fitur Daftar laporan lalu pada bagian pabrikasi.

Nantinya Anda dapat melihat informasi dan laporan terkait proses pabrikasi seperti rincian penyelesaian barang jadi perbulan, rincian pengambilan bahan baku, daftar penyelesaian barang jadi dan masih banyak lagi.

Accurate Online Promo Ramadhan

Baca Juga : Accurate Online Promo Berkah Ramadhan, Cashback 100% Langsung gak pakai ribet loh!

Cocok untuk Perusahaan Pabrikasi Besar yang Memiliki Aktivitas Produksi yang Rumit

Fitur manufaktur di Accurate Online ditujukan untuk memudahkan proses analisa data keuangan perusahaan pabrikasi besar, perusahaan yang memiliki proses produksi yang rumit dan membutuhkan penghitungan terperinci dari biaya yang dikeluarkan dalam aktivitas produksi.

Fitur ini berbayar dan Anda dapat menggunakannya setelah memasang fitur ini melalui fitur Marketplace di akun Accurate Online Anda.

Namun, jika bisnis Anda masih dalam skala manufaktur sederhana, Anda bisa menggunakan fitur Job Costing atau Pekerjaan Pesanan secara gratis yang bisa Anda akses melalui tab Persediaan di Accurate Online.

Kesimpulan

Seperti yang kita bahas di atas, akuntansi untuk manufaktur adalah lebih dari sekedar mencatat angka. Dengan fitur manufaktur yang ada di Accurate Online Anda akan mendapatkan data terbaik dan Anda dapat melakukan analisa atas bisnis Anda dimanapun dan kapanpun.

Baca Juga : Cermati Fitur-Fitur Ini Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Jika keahlian Anda di bidang manufaktur, maka Anda harus menggunakan software akuntansi untuk proses pembukuan Anda. Dengan software akuntansi yang tepat untuk bisnis pabrikasi, Anda dapat mengoptimalkan proses bisnis secara menyeluruh dan mendapatkan data keuangan yang komprehensif.

Ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi lini produk yang paling menguntungkan dan meningkatkan anggaran Anda untuk produk tersebut sehingga membantu bisnis Anda untuk tumbuh.

Dengan sistem akuntansi yang tepat untuk bisnis manufaktur Anda, Anda akan dapat mengoptimalkan proses bsinsi Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi lini produk dan pelanggan Anda yang paling menguntungkan dan meningkatkan anggaran Anda yang akan membantu bisnis Anda tumbuh.

Baca Juga : Berikut Bedanya Accurate V5 Desktop (Offline) dengan Accurate Online

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis

Tertarik menggunakan fitur manufaktur di Accurate Online? Anda dapat mencoba Accurate Online secara gratis 30 hari  melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate online coba gratis 30 hari