Bisnis rintisan (Inggris: startup atau start-up) adalah istilah yang merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Contoh bisnis rintisan atau biasa dibilang juga sebagai startup.

bisnis rintisan

Baca Juga : Ide Jualan Online Yang Laris Manis Ditahun 2021 Yang Bisa Kalian Coba 

Di Indonesia terbilang sangat cepat dan juga sangat menarik. Tiap tahunnya bahkan terdapat banyak sekali founder atau pemilik dari startup baru yang makin bermunculan.

Sampai dengan saat ini saja sudah terdapat 1500 startup lokal yang terdapat di Indonesia. Makin banyaknya potensi yang ada di Indonesia tentunya menjadi lahan bagi usaha rintisan berkembang lainnya untuk terus berpotensi besar.

Sampai dengan tahu 2013 saja pengguna internet sudah mencapai kurang lebih 70 juta orang, tentunya hal tersebut dapat terbayangkan jika berapa besar user yang terus meningkat dengan seiring nya naik pendapatan perkapitanya dari masyarakat itu sendiri. Tentunya hal tersebut mengacu pada perkembangan dari usaha rintisan atau startup ini.

Baca Juga : Pebisnis Online Makin Dimanjakan Dengan Fitur Smartlink E-Commerce di Accurate Online

Di samping itu untuk sebuah aplikasi atau sebuah website yang memang tengah bergerak pada bidang e-commerce dan juga informasi. Banyak yang menilai memang jika tantangan e-commerce yang terdapat di Indonesia sangat besar dikarenakan masih terdapat penggunanya kartu kredit yang minim.

Kemudian berdatangan usaha-usaha rintisan yang berkembang lain seperti yang telah dikenal saat ini, ada facebook, uber, spacex, ant financial, dan airbrib.

Sumber : https://www.techfor.id/contoh-usaha-rintisan-yang-berkembang/

Baca Juga : Berikut Tips Jualan Laris Manis di E-Commerce Shopee

Ketika Anda membangun sebuah perusahaan, Anda harus melakukan proses akuntansi pada kelangsungan bisnis. Mungkin, Anda berusaha menghindari untuk menangani angka-angka pada bisnis atau Anda tidak tahu cara menggunakan dan mengoperasikan lembar Excel.

Anda tidak perlu takut dengan Angka. Anda bisa pandai mengolah angka, membuat, dan memahami laporan keuangan. Dalam membuat laporan keuangan, gunakanlah program akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Dalam memulai bisnis, Anda harus mempertimbangkan penjualan, modal, dan pengeluaran dalam operasi harian. Saat terjadi arus penjualan ke perusahaan Anda perlu mencatat transaksi, seperti piutang dan hutang dalam buku besar.

Baca Juga : Berikut Tips Jitu Memulai Bisnis Pakaian Online Bagi Pemula Agar Cepat Sukses

Sebagai bisnis rintisan, Anda akan sibuk merekrut, menemukan kantor yang bagus, mengurus perizinan, mendirikan bisnis, dan mencatat penjualan. Hal terakhir yang ada di pikiran Anda adalah meneliti tumpukan tanda terima, faktur, tagihan, dan pengeluaran di meja kerja.

Anda tidak perlu khawatir lagi jika Anda menggunakan program akuntansi yang dapat menangani semua proses akuntansi ini. Dalam sehari, mungkin ada ratusan transaksi yang terjadi, Anda memiliki beberapa opsi seperti mengolahnya melalui Excel, tetapi cara tercepat dan paling efisien untuk menangani akuntansi adalah dengan menggunakan program akuntansi.

accurate online

Baca Juga : Pentingnya Sistem Pembukuan Akuntansi Bagi Kesehatan Bisnis

Manfaat Program Akuntansi

Untuk pebisnis pemula yang memiliki sumber daya manusia dan keuangan terbatas, Anda mungkin harus merangkap menjadi akuntan dadakan atau melakukan pembukuan. Untuk memudahkan hal tersebut, dianjurkan untuk menggunakan program akuntansi untuk mencatat transaksi.

Dengan proses pembukuan, Anda dapat memahami arus kas secara real-time. Untuk membuat pembukuan yang efektif dan efisien, Anda harus terbiasa dengan berbagai software akuntansi yang telah dipilih untuk digunakan dalam bisnis. Dengan demikian, dalam artikel ini, kami akan menguraikan program akuntansi terbaik untuk bisnis rintisan.

Baca Juga : Pengertian dan 3 Tahapan Siklus Akuntansi Yang Wajib Diketahui Pengusaha

4 Manfaat Perangkat Lunak Akuntansi :

Manfaat memiliki Perangkat Lunak Akuntansi

  • Secara otomatis menghitung entri jurnal untuk Neraca dan Laporan Laba Rugi.

  • Anda dapat dengan mudah mentransfer data ke Akuntan dan Auditor Anda.

  • Program akuntanst terdapat fitur dan fungsi yang berguna untuk menganalisis bisnis dan melakukan analisis keuangan. Ini juga dapat memberikan saran mengenai kinerja keuangan bisnis Anda.

  • Entri jurnal Anda, draft, faktur, dan laporan keuangan dapat secara otomatis dicetak dalam format yang baik dan profesional. Hal ini bisa digunakan akuntan Anda atau untuk dibaca oleh auditor.

Bagaimana Memilih Perangkat Lunak Akuntansi Terbaik?

Ada berbagai software akuntansi yang dapat digunakan untuk kebutuhan akuntansi Anda. 3 jenis utama program akuntansi adalah seperti dibawah ini.

Baca Juga : Berikut 15 Tips Terbaik Dalam Memilih Program Akuntansi Untuk Bisnis UMKM

1. Program Akuntansi Database Terintegrasi

Jenis sistem ini digunakan oleh perusahaan multi- million dollar atau perusahaan dan korporasi besar. Data lebih terjamin karena perusahaan perlu memiliki database besar untuk menginstal perangkat lunak jenis ini.

Perangkat ERP Oracle termasuk dalam kategori ini. Seseorang perlu merekrut ahli sistem dan konsultan sistem untuk menginstal dan mendapatkan perangkat lunak jenis ini beroperasi di perusahaan Anda.

Pada dasarnya, perangkat lunak jenis ini dapat menangani manajemen keuangan, tugas yang lebih kompleks, jaringan besar dan fungsi akuntansi yang rumit.

  • Target: Perusahaan besar, Bank, Perusahaan Multinasional

  • Keuntungan: Fleksibilitas, Keamanan, Kemampuan untuk menangani tugas akuntansi yang kompleks

  • Kekurangan: Mahal, Biaya Tinggi untuk Pemeliharaan

2. Program Akuntansi Desktop

Baca Juga : Berikut Perbedaan Software Akuntansi Online dan Offline Untuk Bisnis

Di area di mana koneksi internet lambat dan terbatas, bisnis dapat memanfaatkan perangkat lunak akuntansi dalam bentuk CD atau DVD yang perlu Anda instal di desktop atau laptop Anda.

  • Target: Bisnis rintisan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

  • Keuntungan: Mudah dipasang, sebagian besar akuntan dapat menggunakannya

  • Kekurangan: Sulit untuk menyesuaikan, sulit digunakan di banyak lokasi, keterbatasan jumlah PC yang dapat menggunakan perangkat lunak karena pembatasan oleh pabrikan, data hanya tersedia di komputer atau laptop Anda dan tidak tersedia online dan tidak dapat dibagikan secara online untuk yang lainnya. 

Baca Juga : Berikut Beberapa Tips Untuk Menghindari Fraud dalam Bisnis

3. Program Cloud Accounting

Perangkat lunak akuntansi ini tersedia online dan data dapat diakses melalui Internet atau Cloud. Contoh perangkat lunak akuntansi tipe cloud adalah Accurate Online.

  • Target: UKM, Bisnis rintisan, dan Bisnis menengah

  • Keuntungan: Lebih murah, data Anda tersedia secara online dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja, Anda dapat menghubungkannya dengan rekening bank Anda

  • Kekurangan: Membutuhkan sosialisasi dalam hal fungsionalitas, membutuhkan sambungan internet.

Saat ini, layanan akuntansi berbasis cloud mendapatkan popularitas lebih untuk startup dan usaha kecil.

Baca Juga : Berikut Trik Mengelola Keuangan Bisnis Tanpa Harus Paham Akuntansi

Kesimpulan

Pilihlah program akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Meneliti, mempelajari dan mencoba software akuntansi dengan fitur terbaik bagi bisnis Anda sekarang, dan saat bisnis Anda berkembang lebih besar.

Software akuntansi penting untuk keberlangsungan dan efektivitas bisnis Anda dan membuat angka-angka lebih mudah dikelola dan lebih mudah dipahami. Dengan memanfaatkan perangkat lunak akuntansi, Anda dapat membuat laporan keuangan yang lebih profesional dan komprehensif yang sangat diperlukan dalam bisnis apa pun.

Baca Juga : Cermati Fitur-Fitur Software Akuntansi Ini Saat Pilih Software Akuntansi Terbaik

Untuk bisnis rintisan, Accurate Online adalah pilihan yang terbaik. Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari untuk mempelajari fiturnya secara keseluruhan.

accurate online coba gratis 30 hari

Accurate Online adalah program akuntansi berbasis cloud  yang memungkinkan Anda dengan mudah membuat dan mengelola laporan keuangan dimanapun dan kapanpun. Tentunya Accurate Online juga bisa Anda gunakan di perangkat apapun, tidak hanya melalui komputer di kantor Anda.

Baca Juga : Berikut Bedanya Accurate V5 Desktop (Offline) dengan Accurate Online

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis