Tips membuat nama perusahaan yang bagus dan mampu meninggalkan kesan yang baik untuk para konsumen? Diluar sana kita bisa menemukan banyak sekali perusahaan dengan tipe nama yang sudah sangat mainstream. Contohnya Jaya, Sentosa, Sejahtera, Abadi, dan masih banyak lagi. 

Tentunya dibutuhkan pertimbangan yang tinggi dan matang dalam membuat nama perusahaan yang bagus. Untuk jalur yang aman dan juga cepat, umumnya nama perusahaan akan dipenuhi dengan harapan dan juga doa.

Misalnya seperti dengan menggunakan nama abadi, makmur, sejahtera, jaya, sentosa, dan masih banyak lagi. Sebenarnya tidak salah bila Anda ingin membuat nama perusahaan yang biasa saja. Tapi percaya atau tidak, nama perusahaan seperti ini akan cepat tenggelam, karena ada banyak sekali nama yang sama.

Nah, daripada menggunakan kata yang sudah sangat banyak digunakan, akan lebih baik bila nama perusahaan Anda dibuat lebih spesifik dan menunjukkan bidang bisnis Anda, serta anti-mainstream dan juga berbeda dari yang lainnya. Nah dalam artikel berikut ini akan dibahas, tips membuat nama perusahaan.

Tips membuat nama perusahaan

 Berikut 3 Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Bagus :

1. Nama Perusahaan Adalah Identitas Bisnis

Nama perusahaan adalah identitas pertama dari suatu bisnis atau badan usaha. Baik itu untuk usaha dengan skala kecil, menengah ataupun besar. Nama perusahaan menjadi gerbang pertama bagi para konsumen agar mengenali bisnis Anda lebih dekat.

Untuk itu, nama perusahaan Anda harus memiliki suatu kekuatan. Karena, nama perusahaan akan selalu melekat dan menjadi karakter, sehingga siapapun yang akan mendengarnya akan mempunyai persepsi dan juga ekspektasi yang sesuai dengan nama perusahaan tersebut.

2. Berpengaruh pada Brand Awareness

Branding adalah salah satu alasan paling penting kenapa Anda harus membuat nama perusahaan yang bagus. Nama perusahaan yang bagus akan membantu strategi branding dan proses membangun brand awareness. Fungsinya adalah agar nama bisnis Anda mampu menempati posisi yang kuat dalam suatu industri.

Lantas, apa hubungannya? Strategi branding yang baik akan membuat produk Anda dikenal oleh banyak orang dan meningkatkan penjualan.

Tujuan utamanya adalah agar para konsumen lebih familiar dengan brand Anda. Dilansir dari laman nielsen, sebanyak 6 dari 10 responden global lebih memilih produk yang berasal dari merek terkenal.

Jadi, harus selalu Anda ingat bahwa brand diperlukan agar mampu mengukuhkan posisi bisnis Anda dalam sebuah industri. Sehingga, respon positif akan selalu berlaku untuk semua produk yang akan Anda keluarkan. Karena secara tidak langsung, nama perusahaan akan menjadi satu paket dalam brand yang sudah Anda ciptakan.

3. Menarik Perhatian Lewat Go Online

Sebagian besar diantara kita tentu sudah tahu bahwa tantangan bisnis akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Nah, go online sudah menjadi suatu kewajiban untuk para pebisnis agar bisa bersaing dengan para pebisnis lainnya. Nama perusahaan yang bagus tentu akan lebih mudah dalam menarik perhatian konsumen.

Lantas, apa korelasinya antara proses go online dengan nama perusahaan yang bagus?

Nama perusahaan adalah salah satu bagian dari branding yang sangat penting untuk go online. Karena, data menunjukkan bahwa brand memiliki posisi kedua dalam menentukan tingkat kepercayaan para konsumen saat mereka berbelanja online.

Dengan melakukan branding yang  baik, maka Anda bisa bersaing dengan lebih dari 26,71 juta perusahaan di Indonesia agar bisa meraih 138,1 juta konsumen potensial. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat menjadi 208,5 juta di tahun 2024 nanti.

Hal tersebut sangat mungkin dan juga mudah untuk dilakukan. Anda tinggal memilih nama perusahaan yang baik agar bisa tampil go online. Karena nantinya nama perusahaan Anda akan mulai sering digunakan, mulai dari proses pembuatan banner iklan, konten media sosial, website, hingga digital marketing,

6 Cara Mudah Dalam Membuat Nama Perusahaan yang Bagus

Jika kita sudah mengetahui peran penting nama perusahaan untuk proses bisnis, maka selanjutnya kita masuk pada pembahasan utama. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat nama perusahaan yang bagus.

1. Singkat, Mudah Dieja, dan Gampang Diingat

Agar mampu meninggalkan kesan yang mendalam kepada para konsumen, maka nama perusahaan Anda harus memiliki ciri khas. Jangan sampai saat para calon konsumen mendengar nama perusahaan Anda, mereka malah bertanya-tanya.

Nah, salah satu cara untuk menonjolkan ciri khas nama perusahaan adalah dengan menggunakan kata yang singkat, mudah dieja, dan juga gampang diingat. Ketiga hal tersebut harus menjadi satu kesatuan yang utuh.

Jadi bila Anda ingin membuat nama perusahaan yang bagus, cobalah untuk membaca nama tersebut secara keras. Apakah terdengar terlalu panjang, mudah untuk diucapkan, dan bisa diingat oleh banyak orang?

Walaupun mungkin Anda menyukai suatu nama tertentu, namun Anda harus tetap tenang dan mempertimbangkannya dengan matang. Apakah nama yang sudah Anda sukai tersebut mampu mendukung seluruh aspek branding yang Anda miliki?

2. Punya Makna Lebih Baik, Nampu Tak Ada Pun Tidak Mengapa

Membuat nama perusahaan memang lebih baik bila didalamnya terkandung makna. Tapi bila nama perusahaan Anda tidak memiliki makna pun sebenarnya tidak apa-apa.

Jangan pernah ragu untuk membuat nama perusahaan yang bagus, unik, dan menarik, walaupun tidak memunculkan makna. Ada banyak sekali perusahaan yang tidak memiliki makna namun tetap bisa berhasil dan sukses.

3. Nama Perusahaan ≠ Bidang Perusahaan

Poin ini lebih bersifat opsional, Anda bisa menambahkan bidang industri di dalam nama bisnis Anda dan bisa juga tidak. Seperti dengan menambahkan kata food, teknologi, logistik, dan lain-lain.

Tapi harus Anda garis bawahi bahwa nama perusahaan Anda bukanlah nama bidang. Perusahaan Anda bisa tetap bersaing dengan kompetitor lain walaupun dengan tanpa menggunakan nama yang sesuai dengan bidang Anda.

4. Sisipkan Idealisme

Tentunya diperlukan idealisme dalam membangun suatu bisnis, pun sama halnya saat Anda ingin membuat nama perusahaan yang baik. Pebisnis manapun tentunya berharap mampu memberikan nama perusahaan yang bagus agar mampu membuat suatu produk atau layanan yang sama bagusnya.

Namun, Anda harus berhati-hati saat menyisipkan idealisme di dalam nama perusahaan Anda. kenapa? karena penggunaan kata idealisme, filosofis, atau makna yang secara jelas mampu memberikan dua kesan kepada calon konsumen, antara biasa saja atau terlalu lebay.

Contohnya seperti PT Tekstil Paling Maju, PT Abadi Bahagia Selalu, dan nama lainnya. Alih-alih menggunakan kata yang terlalu muluk, Anda bisa membuat suatu nama yang mempunyai gagasan penting di dalamnya. Artinya, Anda cukup menggunakan satu sampai tiga kata saja yang paling menggambarkan bisnis Anda.

5. Biarkan Nama Perusahaan Anda Bercerita

Bila perusahaan Anda memang mempunyai suatu cerita di balik pembuatannya, maka hal tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai daya tarik. Rata-rata perusahaan sukses pasti akan mendapatkan pertanyaan terkait, kenapa Anda memilih nama perusahaan tersebut?

Sudah pasti Anda ingin menonjolkan cerita yang menarik, kan? Cerita yang menarik atau bahkan konyol, mampu memberikan warna tersendiri untuk bisnis Anda. Citra bisnis yang Anda bangun pun akan meningkat di hadapan calon konsumen.

6. Gunakan Coined Name

Cara terakhir dalam membuat nama perusahaan yang bagus adalah dengan menggunakan salah satu tipe nama perusahaan, yakni coined name. coined name adalah suatu nama yang memiliki arti selain dari makna nama itu sendiri.

Dengan menggunakan coined name, maka Anda bisa menggabungkan dua suku kata secara bersamaan, menggunakan potongan kata, menggunakan singkatan, menulis suatu ekspresi, ataupun mengubah ejaan. Pada intinya, Anda bisa bebas menggunakan tingkat kreativitas Anda.

Contoh sederhananya adalah Facebook. Sebagian besar dari kita pasti sudah memiliki akun di sana. Bila kita lihat dari namanya, Facebook bukanlah buku yang didalamnya berisi banyak wajah.

Tapi, karena Facebook memiliki makna yang mana seluruh penggunanya bisa terus terkoneksi hanya dengan menggunakan jaringan internet. Mampu melihat profil dan wajah dari sekian banyak orang sama halnya seperti membaca buku. Itu artinya, coined name bisa digunakan untuk menonjolkan suatu makna yang bukan makna sebenarnya.

Penutup

Demikianlah yang bisa kami bagikan tentang tips membuat nama perusahaan yang bagus. jadi, ada 3 hal utama yang harus anda perhatikan sebelum membuat nama perusahaan, yaitu nama perusahaan adalah identitas bisnis, nama perusahaan berpengaruh pada brand awareness, dan nama perusahaan mampu menarik perhatian lewat go online.

Namun, hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan dalam membangun bisnis adalah selalu mencatat laporan keuangan Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengetahui posisi dan kondisi keuangan Anda saat ini, serta Anda jadikan sebagai suatu referensi dalam menentukan keputusan bisnis di masa depan.

Nah, agar lebih mempermudah Anda dalam mencatat laporan keuangan, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Dengan menggunakan aplikasi ini, seluruh kegiatan akuntansi bukan lagi menjadi momok yang menakutkan dan sulit dilakukan.

Baca Juga : Berikut Cara Mudah Aktivasi Database Accurate Online

Kenapa? karena Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, mudah, dan akurat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan tersebut di mana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan tampilan dashboard yang mudah digunakan dan berbagai fitur bisnis yang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, kas dan bank, manufaktur, dan beragam fitur lainnya.

Accurate Online bisa digunakan oleh berbagai jenis skala bisnis, mulai bisnis kecil hingga bisnis besar. Tampilan dashboard di dalamnya juga sangat sederhana, sehingga akan sangat mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Baca Juga : Apa sih bedanya Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online?

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada promo diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

whatsapp

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis

Penasaran? Ayo coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

coba gratis 30 hari accurate online