Pengertian pendapatan dan penjualan seringkali dijumpai dalam dunia usaha atau bisnis. Memang keduanya terlihat memiliki arti yang sama, tetapi sebetulnya memiliki pengertian yang berbeda.

Namun, meskipun istilah “penjualan” dan “pendapatan” dapat digunakan secara bergantian, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya.

Satu perbedaan utama adalah bahwa penjualan perusahaan mungkin tidak memperhitungkan pendapatan totalnya meskipun pendapatan penjualan adalah bagian darinya.

Baca Juga : Berikut Tips dan Trik Tingkatkan Pendapatan Perusahaan

Pengertian pendapatan dan penjualan

Apa itu Pendapatan?

Pendapatan mengacu pada total pendapatan perusahaan karena penjualan, aset masuk atau bahkan menguangkan investasi. Pendapatan dapat menjelaskan penjualan bisnis, namun, pendapatan bisnis dapat mencakup pendapatan dari sumber lain selain penjualannya. Selain itu, pendapatan dapat dilacak sebagai pendapatan kotor dan pendapatan bersih perusahaan, mirip dengan melacak penjualan.

Berikut adalah beberapa jenis pendapatan yang paling umum:

Pendapatan kotor

Pengertian pendapatan kotor bisnis adalah total pendapatan yang diperoleh dari penjualan serta pendapatan non-operasional sebelum pemotongan dan pengurangan biaya dilakukan.

Pendapatan bersih

Pendapatan bersih adalah total pendapatan perusahaan setelah dikurangi semua pengeluarannya, termasuk harga pokok penjualan dan overhead (sewa, utilitas atau gaji). Ini memperhitungkan semua pengeluaran perusahaan yang berhubungan langsung dengan operasi penjualan serta kewajibannya untuk pembayaran kredit, sewa atau kredit perumahan, utilitas dan biaya overhead lainnya untuk mempertahankan bisnis secara keseluruhan.

Pendapatan non-operasional

Pendapatan total perusahaan juga dapat mencakup pendapatan non-operasional, seperti akuisisi tunai atas bunga dan investasi, aset yang dilikuidasi dan bahkan royalti dan sumbangan.

Dimana pendapatan non-operasional perusahaan juga dapat mencakup keuntungan peristiwa satu kali seperti pengumpulan jumlah dan biaya litigasi. Perusahaan juga dapat mengumpulkan keuntungan dari kebijakan pemerintah sebagai pendapatan non-operasional jika mereka menerima pengembalian pajak triwulanan atau tahunan.

Apa Itu Penjualan?

Akun penjualan perusahaan untuk pendapatan yang dihasilkan dari penjualan produk atau layanannya kepada pelanggan.

Tidak seperti pendapatan, nilai penjualan perusahaan hanya memperhitungkan arus kas masuk yang terkait langsung dengan pemrosesan penjualan barang atau jasanya dan dianggap sebagai bagian dari total pendapatan yang dihasilkan bisnis.

Berikut adalah berbagai kategori penjualan:

Penjualan kotor

Akun penjualan kotor untuk total pendapatan bisnis dari penjualannya dikurangi harga pokok penjualan yang terkait langsung dengan produksi atau penyediaan produk dan layanannya. Dimana penjualan kotor juga dapat digunakan untuk menghitung total pendapatan, itulah sebabnya penjualan perusahaan dianggap sebagai bagian dari pendapatannya.

Penjualan bersih

Penjualan bersih adalah nilai dari total keuntungan penjualan bisnis setelah semua harga pokok penjualan dan biaya operasional dikurangi. Nilai ini dapat menjadi alat keuangan yang penting untuk mengukur profitabilitas penjualan bisnis karena dapat memberi tahu perusahaan seberapa menguntungkan dan diminati produk dan layanan mereka.

Perbedaan Antara Pendapatan dan Penjualan

Perbedaan terbesar antara pendapatan dan penjualan adalah bahwa pendapatan dapat menjelaskan total pendapatan perusahaan sedangkan penjualan hanya menyumbang satu aspek dari pendapatan itu.

Sumber pendapatan dan penjualan

Sumber pendapatan perusahaan berbeda antara pendapatan dan penjualan. Misalnya, total pendapatan perusahaan dapat memperhitungkan pendapatan dari aset yang dilikuidasi, pengumpulan bunga atau investasi, sumbangan atau royalti selain penjualannya.

Sumber pendapatan untuk penjualan perusahaan, bagaimanapun, biasanya hanya mencakup arus kas dari transaksi penjualan.

Baca Juga : Pengertian Pendapatan Bersih dan Cara Menghitungnya

Nilai pendapatan dan penjualan

Penjualan mencakup pendapatan yang dihasilkan dari pelanggan yang membayar, sedangkan pendapatan menggambarkan total uang yang dihasilkan perusahaan selama periode waktu tertentu.

Akibatnya, pendapatan biasanya jumlah yang lebih besar. Namun, ketika pendapatan penjualan menghasilkan nilai yang lebih besar daripada total pendapatan yang dihasilkan bisnis, itu bisa berarti bisnis telah mengeluarkan lebih banyak biaya atau pengeluaran.

Perbedaan nilai antara pendapatan dan penjualan dapat berkontribusi pada fluktuasi laba bersih.

Penerapan pendapatan dan penjualan

Penggunaan perhitungan pendapatan dan penjualan juga dapat sedikit berbeda. Ketika sebuah perusahaan menerapkan perhitungan pendapatan, biasanya menghitung semua penjualan, pendapatan non-operasional, biaya operasional dan non-operasional untuk memberikan informasi penting tentang posisi keuangan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Baca Juga : Berikut Cara Mudah Membuat Database Baru di Accurate Online

Itulah pengertian dan perbedaan pendapatan dan penjualan yang penting untuk diketahui jika Anda adalah seorang pemilik binis. Jika Anda kesulitan dalam melakukan pencatatan pendapatan atau penjualan secara manual. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mempermudah proses pencatatan dan pemantauan seluruh transaksi yang terjadi pada bisnis, salah satunya dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Jadikan Accurate Online sebagai teman setia pembukuan Anda. Anda bisa dengan mudah mengurus pembukuan dan mengurus barang-barang dengan mudah tanpa harus melakukan pencatatan ulang.

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Baca Juga : Berikut Perbedaan Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

accurate online

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Amana, Mudah dan Praktis

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang sedang membutuhkan solusi akuntansi dan proses pembukuan yang lebih optimal, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online 30 hari secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini.

accurate online