Laporan stok barang adalah laporan yang dibuat untuk mengetahui jumlah stok atau persediaan produk. Kegiatan stok barang di gudang merupakan kegiatan yang menghitung jumlah barang yang tersedia di gudang secara fisik.

Kegiatan ini bertujuan untuk bisa mengetahui pencatatan untuk pembukuan barang secara akurat.Secara umum, kegiatan stok barang memang terkesan melelahkan dan membutuhkan waktu lama untuk menghitung barang yang tersedia serta memeriksa kondisi barang di gudang, apakah ada kerusakan atau cacat.

Baca Juga :  Aplikasi Pembukuan Untuk Mengelola Stok Barang Online Shop Kamu

Untuk mempermudah dalam proses stok barang, perusahaan juga bisa menggunakan barcode di barang. Barcode tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi kesalahan dalam menghitung jumlah barang, pencatatan barang, dan membantu perusahaan.

laporan stok barang

Tujuan Melakukan Membuat Laporan Stok Barang

Tujuan dari membuat laporan stok barang di gudang untuk perusahaan tidak hanya bertujuan untuk mengetahui jumlah barang yang tersedia.

Namun, hal tersebut juga bertujuan untuk  menilai selisih kelebihan atau kekurangan dari persediaan barang di gudang.

Untuk sebuah perusahaan manufaktur, melakukan kontrol stok barang sangat bermanfaat untuk mengetahui berapa jumlah dari stok barang untuk bahan baku, bahan penolong,  barang setengah jadi, dan jenis bahan lainnya.

Hal ini dilakukan agar pencatatan stok barang menjadi lebih akurat, sehingga apabila ada selisih ketika melakukan stok barang, maka tidak berakibat pada jurnal penyesuaian.

Hal ini juga bermanfaat agar tidak usah melakukan pemeriksaan ulang terhadap buku besar dan jurnal di laporan keuangan.

Manfaat Laporan Stok Barang

Selain beberapa tujuan yang disebutkan di atas, laporan ini juga  memiliki beberapa manfaat seperti penjelasan berikut ini.

1. Mencocokkan Jumlah Barang 

Laporan stok barang bermanfaat untuk mencocokkan jumlah barang di gudang dengan kuantitas barang yang ada di catatan pembukuan.

2. Meminimalisir penyimpangan

Tidak bisa dipungkiri kalau manusia bisa saja lalai ketika menyimpan barang di gudang. Maka dari itu, laporan ini bermanfaat untuk meminimalisir hal tersebut.

3. Mempercepat pengambilan keputusan

Jika ada barang yang rusak atau hilang, maka Anda bisa  mempercepat proses pengambilan keputusan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keluar Masuk Barang

4. Menganalisis perkembangan usaha

Laporan untuk stok barang juga bermanfaat untuk menganalisis perkembangan perusahaan, karena Anda bisa membandingkan jumlah stok barang yang dimiliki sebelumnya dan tahun ini.

5. Mengetahui arus kas masuk dan keluar

Manfaat dari laporan stok barang yang terakhir yaitu bisa mengetahui arus dari kas masuk dan keluar untuk barang yang tersedia.

Tips Mudah Menyusun Laporan Stok Barang 

Kelompokkan barang sesuai jenis

Apabila Anda memiliki usaha dengan barang yang bermacam jenisnya, maka sortir dan kelompokkanlah barang-barang tersebut berdasarkan jenisnya.

Sebagai contoh, jika Anda berjualan bahan untuk pembuatan kue, maka gunakanlah rak A untuk menyimpan barang khusus tepung, seperti tepung sagu, terigu, tapioka, dan lainnya.

Selanjutnya, gunakanlah rak B untuk menyimpan jenis coklat, seperti coklat batangan, coklat bubuk, coklat meses, dan lain sebagainya.

Lakukan hal ini seterusnya untuk sisa jenis barang yang Anda miliki.

2. Kumpulkan nota penjualan dan pembelian

Memasukkan data adalah proses yang paling penting dalam mencatat stok barang. Maka dari itu, orang yang melakukannya harus benar-benar teliti.

Tapi, manusia adalah tempatnya salah, sehingga tak jarang terjadi kesalahan pencatatan data stok barang.

Nah, untuk menghindari hal ini, maka Anda bisa mengecek stok barang melalui nota penjualan dan pembelian dalam satu hari.

Dengan demikian, pembuatan laporan stok barang pun menjadi lebih mudah, bukan?

Langkah-langkah Membuat Laporan Stok Barang

1. Siapkan data

Langkah pertama yaitu Anda harus menyiapkan data. Anda harus menunjuk satu orang yang khusus untuk mencatat data barang seakurat mungkin.

Dari data tersebut, Anda bisa mengetahui data transaksi penjualan dari periode fiskal sebelumnya.

Selain itu, dengan data tersebut Anda juga bisa menentukan target pasar dan perkiraan penjualan untuk periode selanjutnya.

2. Buat forecast

Langkah kedua yaitu buatlah forecast. Hal ini bertujuan untuk mencatat semua persediaan yang Anda butuhkan untuk periode ini.

3. Cek barang sebelum disimpan

Langkah ini bertujuan untuk memberikan kode pada setiap barang yang akan disimpan ke dalam rak.

Dengan kode tersebut, Anda bisa mengetahui apakah barang yang tercatat tersedia atau tidak.

Dalam proses ini, Anda bisa harus tahu barang mana yang memiliki kekurangan, seperti salah produksi, cacat, dan kekurangan lainnya.

4. Beri kode setiap barang

Memberi kode pada setiap barang berfungsi untuk mempermudah Anda untuk mengerti maksud pelanggan jika ada yang tanya stok barang dengan kode tertentu.

Selain itu, memberi kode pada barang juga bermanfaat dalam penataan barang. Hal ini juga akan mempermudah dalam membuat laporan stok barang.

5. Pisahkan stok lama & baru

Memisahkan stok barang yang sudah lama dan barang baru ini berfungsi untuk memudahkan Anda ketika menghitung jumlah stok barang lama yang sudah terjual dan stok barang lama yang belum terjual.

Tidak hanya itu, hal ini juga bermanfaat untuk mengklasifikasikan barang lama dan baru.

Buat Laporan Stok Barang Jadi Lebih Mudah dengan Jurnal!

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan stok barang masuk dan keluar khususnya pada aplikasi manajemen stok barang di Jurnal by Mekari, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  1. Mendapatkan Pemberitahuan dan Kalkulasi Persediaan Barang Secara Langsung. Dengan fitur notifikasi pada aplikasi jurnal stok barang, Anda akan langsung mendapatkan update informasi mengenai kalkulasi persediaan barang yang ada.

  2. Melacak Penjualan Produk Terbanyak. Keuntungan kedua yang bisa didapatkan bila menggunakan aplikasi jurnal stok barang adalah Anda dapat melacak penjualan terbanyak dari setiap produk secara otomatis.

  3. Mempermudah Stock Opname.

  4. Mengimpor Data Persediaan Dalam Jumlah Besar.

Baca Juga : Berikut Cara Mudah Membuat Database Baru di Accurate Online

Penggunaan software akuntansi terbaik seperti software Accurate akan mempermudah Anda dalam mengelola dan membuat laporan stok barang bagi bisnis Anda. Silahkan coba gratis 30 hari Accurate Online disini.

Pelayanan distribusi serta penataan barang pun bisa lebih terjaga. Segala sesuatu yang terorganisir tentunya akan lebih baik, bukan? Jadi tunggu apa lagi, segera kelola persediaan gudang Anda sekarang juga. 

Tentunya hal ini merupakan kegiatan yang sangat menyita waktu, karena sang pemilik toko atau karyawan harus benar-benar mengecek keadaan dan kondisi persediaan barang dagang perusahaan. Terlebih lagi apa bila barang dagang yang tersedia dalam perusahaan tersebut beragam atau bermacam-macam.

Baca Juga : Berikut Daftar Harga Accurate Terbaru dan Terupdate Official Price list 2021

Untuk itu Accurate Online hadir untuk membantu para pelaku usaha dalam hal pencatatan pembukuannya, terutama untuk urusan stock opname. Accurate Online memiliki fitur untuk melakukan stock opname. Perintah Stok Opname merupakan fitur yang ada di menu Inventory yang berfungsi untuk melakukan stok opname atas barang-barang yang ada di gudang.

Pada Perintah Stok Opname akan diinformasikan Tanggal Mulai Stok Opname, Penanggung Jawab, Gudang, dan Kategori Barang yang akan dilakukan stok opname.

Baca Juga : Berikut perbedaan antara Accura Online dengan Accurate V5 Desktop (offline)

Jika kamu ingin Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

accurate online

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis

Tertarik membuat kemudahan dalam pengelolaan pembukuan bisnis online Anda? Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate online